Wisata Alam Gunung Nglanggeran/Gunung Berapi Purba

Juni 30, 2009 at 12:57 pm 50 komentar


Wisata Alam Gunung Nglanggeran ( Gunung Berapi Purba )Gunung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Berada dikawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dengan suhu udara rata-rata 23˚ C – 27˚ C, jarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta. Ada 2 jalur jalan untuk menuju Objek Wisata ini melalui jalan aspal yang mulus, jika dari arah Wonosari kita melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung/kerajinan Topeng, kemudian menuju Desa Nglanggeran ( Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ). Jika dari arah Jogjakarta : Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM ( arah desa Ngoro-oro lokasi stasiun-stasiun Transmisi ), menuju desa Nglanggeran (Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ).

Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah Gunung Berapi Purba. Kita sudah sering mendengar dan melihat gambar tentang manusia Purba, nah seperti apakah Gunung Berapi Purba??? Lihat keindahan dan Panorama Alamnya di lokasi wisata ini. Bongkahan batu yang menjulang tinggi seperti gedung bertingkat dan mall yang dulunya merupakan gunung berapi aktif ( 60 juta thn yang lalu ) sekarang dapat kita duduki sambil menghirup udara segar sambil berfoto-foto.

Ada bangunan Joglo ( Pendopo Joglo Kalisong ) di pintu masuk dan bila kita melangkah kejalan setapak untuk mendaki gunung, maka ada 3 bangunan gardu pandang sederhana dari ketinggian yang rendah, sedang sampai puncak gunung. Permadani hijau yang terhampar kala memandang ke bawah, melihat ladang, kebun, dan bangunan tower dan berbagai stasiun televisi yang jumlahnya cukup banyak, manambah keindahan alam. Lokasi ini sangat cocok untuk panjat tebing, tracking, jelajah wisata out bond, makrab, dan bekemah.

Banyak wisatawan lokal, dan ada juga sesekali wisatawan asing mengunjungi Gunung Nglanggeran untuk menikmati keindahan pemandangan, mencoba menaklukkan batu-batu besar untuk didaki, dan banyak juga yang hanya sekedar melepas kepenatan dari aktifitas kerja keseharian dan kebisingan kota.

Oleh : Sugeng Handoko ( handoko88_jogja@yahoo.co.id )

About these ads

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , .

Wisata Alam Gunung Nglanggeran dilirik Investor Wisatawan Beijing datang ke Gunung Nglanggeran

50 Komentar Add your own

  • 1. ismediyono  |  November 2, 2009 pukul 9:52 am

    wah wah wah bagus skali om ternyata gunung nglanggeran itu. 5 tahun aku bertempat tinggal di daerah ngoro-oro tapi baru kemarin sabtu saya naik ke gunung nglanggeran bersama gugus SD Sokasari….. bak baik baik sekali dan salam untuk Bapak Sumadiyono (Ismediyono)

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  November 2, 2009 pukul 10:10 am

      Iya makasih pak, kemarin sabtu 31/12/2009 kalo ga salah ada 6 SD yang naik ya pak??? katanya hampir 300an siswa? Alhamdulillah msyarakat dan karang taruna bisa menjaga sehingga dapat terjaga dengan baik. Ok insyaallah salam kami sampaikan kpd pak Sumadiyono. Kebetulan masih saudara saya. he he he…

      Balas
  • 3. eva  |  Desember 28, 2009 pukul 12:33 pm

    em…menurut gwe gunung nglangran tuw indah baget tp….akan tampak lebih indah kalok jalanya dibetulin biar kalow naik pada waktu musim hujan jalan ke atas nya gak becek…….

    Balas
  • 4. nuke mahayana  |  Desember 28, 2009 pukul 11:01 pm

    thengkyu info nya. bisa di rencanakan ki thn dpn..aq sdh pernah ke gd kidul sampai wonosari..sempat ke wonosadi? hutan lindung nya ugm?..aq biasanya cari info wisata di web yogyes.com..lengkap and informatif.

    Balas
  • 5. Donan  |  Desember 28, 2009 pukul 11:15 pm

    wahhh ini yang saia cari mas… kl gag salah puncak daerah ini bisa keliatan dari salah satu SPBU di jalan Jog-Wns.
    saia pernah baca di Kompas, pengen kesana tapi gag pernah nemu peta jalurnya. nanti bisa saia kontak kan kl butuh pemandu untuk naek. thx

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Desember 28, 2009 pukul 11:29 pm

      bener mas…. kemarin juga dimuat di Kompas, memang puncaknya keliatan dari jalan jogja-wonosari yg keliatan juga tower2nya… jalurnya cukup mudah bisa dilihat juga di Blog ini. kita juga sdh masang baliho dan penunjuk arahnya juga…. Untuk pemandu kami kapan aja siap nanti bisa contac saya kalo pingin naik….

      Balas
  • 7. Galih Kurniawan  |  Desember 29, 2009 pukul 8:48 am

    Waktu kuiah dulu saya sering sekali ke gunung kidul, dan tidak ketinggalan gunung nglanggran ini. sebab di sana terringkap objek geologi yang sagat jarang ada yaitu berupa intrusi batuan beku vulkanik.

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Desember 29, 2009 pukul 10:10 pm

      Iya memang desa Nglanggeran sering digunakan sebagai lokasi penelitian, baik batuannya, pertaniannya, dan juga kehutanannya…. jadi tidak heran jika njenengan dulu juga pernah melakukan penelitian di desa ini, he he he salam kenal dari saya….

      Balas
  • 9. begenk  |  Desember 29, 2009 pukul 9:01 am

    waaaah bagus yaaa tempatnya, padahal dulu saya KKN didaerah Dlingo, klo pp Jogja-Dlingo memang melewati jlan kelak kelok sekitar itu tapi tidak memperhatikan, Isyaallah kalo pas pulang ke Jogja pengen kesitu sekaligus nostalgia ke desa KKN UGM saya dulu, sebelum Kantor Camat Dlingo ada desa(saya lupa nama Desanya) wha..ha..ha.. maklum dah bbrapa puluh tahun. Klo Lurahnya sama Sekdesnya ingat yaitu Lurah Pak Bambang, Sekdesnya Pak Amar. OK sukses yaa… dik !! Promosikan terus potensi2 wisata daerah !! Salaam dari Dps Bali.

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Desember 29, 2009 pukul 9:58 pm

      he he he… iya pak… memang jalannya keren… sekarang juga makin nyaman dilewati. Dlingo arah kanan kalo mau kelokasi kami yg ambil kiri…. Terimakasih atas Suportnya…

      Balas
  • 11. Budi  |  Januari 28, 2010 pukul 12:23 am

    mas, sugeng…..
    saya jadi kangen mau maen k puncaknya lg
    kmren kan dah makrab sama anak – anak UAD juga
    tp kayaknya asik klo ga bnyak2 orng ya

    tar kapan2 kita maen lagi kenglanggeran mas

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  Februari 9, 2010 pukul 7:46 pm

      Owh… iya kami tunggu kedatangannya lagi, kalo boleh tau barengan rombongan dari fakultas apa?

      Balas
  • 13. Asri Aditya  |  Februari 15, 2010 pukul 6:26 pm

    13 Fwbruari 2010, jam 11.00 saya bersama beebrapa rekan dari Jakarta tiba di Pos 2. Wuih, itu saja sdh luar biasa menyenangkannya. Kapan2 saya pengen sampai ke Kawah Comberan… Penasaran.

    Balas
  • 14. markus basuki  |  Februari 17, 2010 pukul 1:07 pm

    Bagus sekali lur!
    Saya asli Gunungkidul, sekarang tinggal di Malang.
    Semasa remaja saya sering jalan kaki melewati Nglanggeran, bahkan menjadi kegiatan rutin kami.
    Saya bangga jika Nglanggeran menjadi ikon wisata baru di Gunungkidul.
    Maju terus Gunungkidul!

    Balas
  • 15. Yulius Bandung  |  Februari 18, 2010 pukul 2:15 pm

    kelihatannya indah sekali….bulan april ini saya pulang kampung ke wonosari akan saya sempatkan mampir ke gunung Nglangeran…thanks infonya

    Balas
    • 16. Sugeng Handoko  |  Februari 24, 2010 pukul 4:53 pm

      Oke pak kami tunggu kedatangannya bisa menghubungi saya atau langsung ke sekretariat karang taruna BPM…

      Balas
  • 17. putrago  |  Februari 20, 2010 pukul 1:42 am

    tempat yang sangat fantastik selain keindahan tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk belajar ilmu geologi

    Balas
    • 18. Sugeng Handoko  |  Februari 24, 2010 pukul 4:38 pm

      Iya mas kemarin juga banyak yang penelitian dan skripsi di Desa kami…

      Balas
  • 19. Novianto  |  Mei 4, 2010 pukul 12:38 pm

    saya lihat acara TV swasta ttg Gunung api purba dan saya sangat tertarik dgn keindahannya, pertanyaan saya apakah kita dapat / diperbolehkan mendaki pd malam hari.?, fasilitas apa aja yang disediakan di sana ?,trimakasih.

    Balas
    • 20. Sugeng Handoko  |  Mei 4, 2010 pukul 1:52 pm

      Terimakasih pak, mendaki malam hariu bisa kok pak, malahan kita dpt melihat keindahan kota jogja dari puncak pada malam hari… Fasilitas kita ada pemandu dan perlengkapan makan diantar keatas juga bisa…

      Balas
  • 21. Kedy  |  Mei 5, 2010 pukul 8:00 am

    Mas Sugeng Handoko, saya pernah mendengar pohon Termas,yang getahnya bisa menyembuhan berbagai penyakit apakah memang benar? kok mas Handoko belum pernah menulisnya

    Balas
    • 22. Sugeng Handoko  |  Mei 5, 2010 pukul 11:15 pm

      Iya pak benar saya sudah menuliskannya, besok akan coba saya tambahi lagi… infonya,

      Balas
  • 23. topik  |  Mei 25, 2010 pukul 6:36 am

    salam nggo mbah sutoyo “bethet” yo mas. ati2 nek arep penek-an nang jalur 1, wakakakaka

    Balas
    • 24. Sugeng Handoko  |  Mei 26, 2010 pukul 6:17 pm

      Oke akan saya sampaikan,…. makasih atas kunjungannya kemarin…

      Balas
  • 25. topik  |  Mei 25, 2010 pukul 6:37 am

    woh lali ngeke-e link poto2.
    silakan mrene kang:
    http://www.kaskus.us/showpost.php?p=216983976&postcount=6023

    Balas
    • 26. Sugeng Handoko  |  Mei 26, 2010 pukul 6:18 pm

      oke makasih infonya mas…. kalo boleh minta tlng nanti bisa diuploadkan di FB”Gunung Api Purba Nglanggeran” suwun…

      Balas
  • 27. fendy  |  Juni 21, 2010 pukul 7:01 pm

    aku belum pernah kesini,,tapi kayane apik

    Balas
    • 28. Sugeng Handoko  |  Juni 21, 2010 pukul 9:21 pm

      silakan dicoba mas., mantab…

      Balas
  • 29. erni tarigan  |  Juni 28, 2010 pukul 10:28 pm

    wah,wah..pgn ke sana lagi. lebih menantang kalau jalan naik ke puncak dibuat sesulit mungkin. biar pendaki bisa merasakan pendakiaan yg sebenarnya. thanks

    Balas
    • 30. Sugeng Handoko  |  Juni 28, 2010 pukul 11:17 pm

      He he he.. makasih atas masukannya kal dibuat sedikit sulit kasihan wisatawan yg umum. he he he

      Balas
  • 31. tanya kenapa  |  Agustus 2, 2010 pukul 9:49 am

    Tempatnya bagus..indah bnget..da yang mau ksana….yg dari klaten bisa lewat Gantiwarno-sampang-terbah…jalan dah Hotmix..mkasih

    Balas
  • 32. sweetmow2  |  November 11, 2010 pukul 11:48 am

    kabarnya mo aktif lg ni…secara di status temen gw nulis gtu…gunung ini tiba2 ngeluarin asap….mkn krn pergerakan merapi kli yah…

    Balas
    • 33. Sugeng Handoko  |  November 11, 2010 pukul 4:18 pm

      kabar itu tidak benar semua aman…

      Balas
    • 34. Sugeng Handoko  |  November 11, 2010 pukul 4:18 pm

      kabar itu tidak benar semua aman…

      Balas
  • 35. Surya, Patuk  |  November 12, 2010 pukul 8:29 am

    desa nglanggeran bal-balane yo sip tenan, lapangane mbokya di apike…
    Wisata Alam sekalian wisata olahraga
    Good luck, Nglanggeran!

    Balas
    • 36. Sugeng Handoko  |  November 12, 2010 pukul 9:00 am

      oke terimakasih mas… semoga bisa menjadi lebih baik lagi….

      Balas
  • 37. surya, patuk  |  November 13, 2010 pukul 8:44 am

    besok insyaallah saya mo kesana sama teman saya, sebaiknya saya bagaimana, ketemu siapa?

    Balas
    • 38. Sugeng Handoko  |  November 15, 2010 pukul 10:06 am

      Bisa menghubungi pengelola di sekretariat Karang Taruna

      Balas
  • 39. ariex muaniezz  |  Desember 9, 2010 pukul 9:11 pm

    nglanggeran memang bagus dan pantas menjadi destinasi unggulan di kota yogyakarta..

    Balas
    • 40. Sugeng Handoko  |  Desember 10, 2010 pukul 8:44 am

      terimakasih ya….

      Balas
  • 41. KKN Ceria @Nglanggeran.. :D « joe4cva  |  Agustus 4, 2011 pukul 10:16 am

    [...] (Courtesy Of  : Sugeng Handoko (http://kalisongku.wordpress.com/2009/06/30/3/ )) [...]

    Balas
  • 42. joko  |  September 3, 2011 pukul 3:34 pm

    wah pengen sekali kesana

    Balas
    • 43. Sugeng Handoko  |  September 10, 2011 pukul 12:25 pm

      oke monggo ditunggu mas…

      Balas
  • 44. 18091968  |  November 16, 2011 pukul 10:56 am

    mas sugeng, kawah purba kemarin sempat pameran di gelora bung karno dan banyak menarik minat. apa ada paket wisatanya mas untuk kita kita yg tinggal di jakarta.

    Balas
    • 45. Sugeng Handoko  |  November 16, 2011 pukul 2:04 pm

      Iya ada mas….

      Balas
  • 46. Bagas Bocahpaser Jengah  |  Juni 18, 2012 pukul 4:25 pm

    mas klo mau ngadain makrab d langgeran bgmana ya pndaftarannya,,saya dulu pernah nginep d langgeran tpi cma sma beberapa tmen aja,,nah kali ini sya pngin ngadain makrab bareng mahasiswa baru otomotif fakultas tehnik UNY,,mngkin bsa d jlaskn syarat’a apa saja,,trims

    Balas
    • 47. Sugeng Handoko  |  Juni 25, 2012 pukul 9:45 pm

      oke mas, mungkin ralat dulu ya yg benar di Nglanggeran bukan “langgeran” utk prosedurnya saya email aja ya… intinya booking tempat, sampaika konsep acara dan kita bantu pelaksanaannya setelah ada kesepakatan.

      Balas
  • 48. Mebel Jepara  |  Mei 13, 2013 pukul 4:32 am

    wahh, bisa buat pilihan untuk berwisata gunung nihhh,…

    Balas
  • 49. Gazebo Kayu Kelapa  |  Mei 13, 2013 pukul 4:33 am

    keren,jadi pengen liburan,..

    Balas
  • 50. Tempat Tidur  |  Mei 13, 2013 pukul 4:33 am

    wisata di gunung itu memeang asiikk,….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Komentar Pengunjung

Sugeng Handoko on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Goa Pindul
bob on Goa Pindul
grahitaputri on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Sentra Pemuda Taruna Purba Man…

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 291,083 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: