Gunung Api Purba Aman, Tidak ada Asap dan Aktivitas tanda Aktif kembali

November 11, 2010 at 6:05 pm 3 komentar

Senin, 11 November 2010 menjadi hari yang lumayan melelahkan bagi penulis, karena agendanya untuk menuju kampus malah didatangi banyak wartawan dan peneliti di Kawasan Gunung Api Purba (GAP). Pagi itu untung saya tidak langsung berangkat ke kampus untuk bimbingan, ketika ingin berangkat mampir dulu di Sekretariat Karang Taruna untuk melihat dan memantau proses pembangunan MCK di Kawasan Gunung Api Purba. Pinginnya sih berangkat pagi-pagi karena Hp sudah berdering terus menanyakan kabar kebeneran Berita yang dimuat disalah satu Berita Online ternama, menyatatakan bahwa “Warga Bantul Lihat Kepulan Asap Keluar Dari Gunung Purba Nglanggeran” dan ingin menginformasikan di Blog ini bahwa “Gunung Api Purba Aman”. Niat saya pun terputus hingga sore ini bisa upload berita ini.Pagi-sore itu akhirnya harus menemani wartawan dan peneliti yang datang, dengan berpakaian mau ke kampus saya ke Puncak hingga jam 14.30 baru kembali kesekretariat lagi.

Begini ceritanya, dengan adanya pemberitaan dimedia OL tadi maka banyak wartawan dan dinas-dinas terkait serta masyarakat luar desa Nglanggeran pada datang untuk melihat apakah Gunung Api Purba Aktif lagi seperti pemberitaan. Padahal masyarakat sekitar GAP beraktifitas seperti biasa, malahan pembangunan MCK di Pangkal Gunung Api Purba tetap berlangsung. Dan masyarakatpun beraktifitas seperti biasa.

Namun pagi itu sekitar jam 09.00 banyak dinas-dinas terkait yang berdatangan, termasuk Kapolsek patuk, Bapak Camat Kecamatan patuk, dari Dinas Perindagkoptam, dan BPPTK yang ingin memastikan kabar yang sudah beredar di Luar Desa Nglanggeran.

Dengan Beredarya kabar getaran dan suara gemuruh di Gunung Api Purba serta adanya asap yang muncul menurut pengakuan salah satu warga di bantul,sehingga menimbulkan kehebohan kabar, menurut Pengamatan saya kabut atau asap yang diduga dari GAP adalah asap kabut yang biasa terjadi dipagi hari, getaran dan suara gemuruhpun berasal dari efek suara merapi yang terpantul di Gunung Api Purba. Namun pendapat dan prediksi sayapun tidak kuat makanya kami mengajak dinas terkait yang berkompeten yang saat itu datang untuk sekalian membuktikan kebenarannya.

Kami berombongan dengan 5 mobil dan beberapa motor menuju dusun tlogo, Desa Nglanggeran yang ada Misteri 7KK sipuncak Gunung Api Purba. Diantar dan dipandu oleh pemandu kawasan GAP (Karang Taruna Bukit Putra Mndiri)

Penelitian dari BPPTK 11 November 2010 (Foto : Sugeng Handoko)

Dari lokasi itu kita akan melihat dan mengetahui apakah keluar asap dari yang dulu diyakini sebagai kawah purbanya. Dilokasi ini dari BPPTK juga memeriksa kandungan udaranya tapi masih normal tidak ada tanda-tanda belerang.

Jadi dapat saya simpulkan bahwa kabar yang meresahkan masyarakat tersebut tidak benar. Gunung Api Purba aman-aman saja, tidak ada kegiatan tanda-tanda aktif kembali setelah dilakukan penelitian Kamis, 11 November 2010. Namun nanti kami dari pengelola juga mengusulkan untuk ada penelitian tindak lanjut dan kepastiannya. Kepulan asap yang dilihat oleh warga di Bantul dimungkinkan hanya kabut saja atau hanya awan yang lewat diatas GAP. Karena dikawasan GAP tidak ada asap yang dikabarkan. Untuk aktifitas warga yang seperti membakar arang atau lainnyapun tidak ada karena kami dari pengelola sudah membuat aturan kawasan tersebut dilarang untuk melakukan aktivitas semacam pembuatan arang dan kegiatan bakar2 tanpa seijin pengelola (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri).

Semoga Gunung Api Purba tidak akan pernah aktif kembali setelah 60 Juta tahun yang lalu aktif.

Berikut berita-berita menarik yang harus dibaca tentang Gunung Api Purba :

Ada kaitan Sejarah Cerita Rakyat Merapi dan Gunung Api Purba

Keindahan Di Puncak

Fauna Langkanya apa aja? (masih ada macan cecep)

Berikan Dukungan ke Pengelola untuk jadi Geo Park. Minta dikasih Comen ya.. dan masukannya….

Tanaman Obat Khas dan hanya di GAP.

Isi Blog ini bisa dipilih Disini

Maaf jika dalam penyampaian berita ini kalimat belum tersusun rapi karena dibuat dalam waktu singkat dan mendadak. Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!! (Sugeng Handoko)

About these ads

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , .

Gunung Api Purba Tidak Keluarkan Asap Galeri Perjalanan Pembuktian Gunung Api Purba Aktif?

3 Komentar Add your own

• 1. HerPurwanto  |  November 11, 2010 pukul 7:34 pm

Amin….

Balas
  • 2. Maria  |  November 11, 2010 pukul 8:45 pm

Mas tolong kegiatan pembangunan MCK di abadikan ya (di foto) karena mau saya gunakan untuk laporan. Saya belum sempat ke Nglanggeran. Masih ngungsi, tapi sudah mulai bersih-bersih rumah kalau siang.

• 3. Sugeng Handoko  |  November 12, 2010 pukul 8:59 am

oke bu, sudah saya foto juga, kan termasuk orang yang suka mengabadikan moment, he he he… Terimakasih Bu semoga Merapi cepat kembali Normal. Dan bisa beraktifitas kembali bersama kami. Saya sangat mendukung kapan kita bisa bareng2 membuat SOP bagi Pengunjung makrab di Kawasan kami. Suwun…

Balas

Berikan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed

Translate

RSS Berita Terbaru

• Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Komentar Pengunjung

Sugeng Handoko on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Goa Pindul
bob on Goa Pindul
grahitaputri on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Sentra Pemuda Taruna Purba Man…

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

• 318,145 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.