Goa Pindul

April 21, 2011 at 12:53 pm 46 komentar


Goa pindul, apasih goa pindul? Dimana lokasi Goa Pindul? Memang nama yang asing dan baru kita dengar untuk Goa Pindul. Sebuah tempat wisata baru di Gunungkidul. Wisata apa apakah seperti malioboro, borobudur dan prambanan? Tentu tidak, dari namanya sendiri kita sudah bisa membayangkan wisata seperti apa Goa Pindul itu. . . kayak apa ya???

Petualangan di Goa Pindul
Petualangan di Goa Pindul

Yuppp…. Goa Pindul merupakan wisata baru di Gunungkidul selain Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasinya juga sama-sama di Gunungkidul hanya saja kalo Gunung Api Purba di Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, sedangkan Goa Pindul ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Arah menuju lokasi Goa Pindul jika dari Yogyakarta Rute Normal : melewati jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

Alternatif II Rute Wisata : melewati jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba – Desa Wisata Bobung (kerajina topeng) – Sambipitu – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

Suasana Dalam Goa
Suasana Dalam Goa

Objek wisata Goa Pindul merupakan objek wisata minat khusus, yaitu berupa penelusuran Goa sepanjang 300 meter dengan menggunakan alat pelampung berupa ban. Untuk menyusuri perjalanan tersebut dibutuhkan waktu kira-kira 45 menit. Dengan peralatan yang lengkap dan tingkat safety yang sudah teruji wisatawan akan didampingi oleh para pemandu yang ramah dan siap membantu jalannya penelusuran goa menggunakan pelampung terasa spektakuler. Dengan baju pelampung berwarna mencolok, sepatu karet berwarna putih, dan senter di kepala aktivitas susur goa dengan aliran air didalamnya dimulai. Masuk kedalam mulut Goa kita memasuki Zona pertama yaitu Zona Terang. Kita masih bisa menyaksikan keindahan dalam goa dengan jelas yaitu stalagmit, kelelawar dan ornamen batu juga. Perjalanan ke mulut goa dengan lebar sungai sekitar 5 meter  kedalaman hampir 8 meter makin seru dan menantang. Kini memasuki Zona II yaitu Zona Remang, kondisi chaya yang makin berkurang membawa kita menuju pertengahan Goa Pindul. Di Zona Remang sudah terdapat fenomena yang beda dengan Zona sebelumnya yaitu jenis kelelawarnya dan stalagmit yang berbeda. Pemandangan kelelawar yag bergelantungan juga menambah petualangan di dalam Goa semakin asyik.

Masuk ke Zona III yaitu Zona Gelap, dimana memang sudah tidak ada terlihat cahaya lagi hanya mata dari kelelawar dan suara khas didalam goa dan gemercik air yang mengiringi. Didalam Zona ini sering digunakan untuk renungan dan juga sebentar merasakan kehidupan tanpa indra penglihatan.

Stalagmit Jantan sumber Foto : loenpia.net *pas masuk ga sempet njepret
Stalagmit Jantan sumber Foto : loenpia.net *pas masuk ga sempet njepret

Dapat kita jumpai didalam Goa sebuah Stalagmit Jantan, konon barang siapa mengelus-elus akan jadi perkasa, ini buat cowok. Dan ada juga Stalakmit puting masih aktif, katanya kalau minum tetesannya akan menjadi subur bagi wanita dan airnya juga menambah cantik, he he he…. seru pokoknya.

Stalakmit puting masih aktif, Sumber : loenpia.net
Stalakmit puting masih aktif, Sumber : loenpia.net

Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar ditengah-tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa.

Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.

Sebelum keluar terdapat lorong cahaya masuk ke dalam Goa, dan terlihat jelas jenis kelelawar besar (kalong) bergelantungan. Hingga akhirnya kita keluar dari sisi lain mulut Goa dan pemandangan luarpun terlihat.

Dengan pakaian basah kuyup kembali ke Sekretariat Dewa Bejo (Desa Wisata Bejiharjo) sudah disiapkan segelas teh Rosalia dan semangkuk Bakso yang siap disantap. Yummyyy….

Semoga Wisata di Kabupaten Gunungkidul makin dikenal dan kita bisa tetap menjaga kelestarian dan keasliannya. Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!! (Sugeng Handoko)

About these ads

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , .

Nglanggeran Berbudaya Lomba Fotografi 2011

46 Komentar Add your own

  • 1. mario kampes  |  April 21, 2011 pukul 9:41 pm

    harga tiket berapa, bung?

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  April 22, 2011 pukul 4:12 pm

      Harga tiket 30.000 sudah dapat pemandu, makan bakso sama minum teh rosela. . . paketnya buat 5 orang @30.000

      Balas
  • 3. aqiem  |  April 22, 2011 pukul 3:27 pm

    keeeeeerrrreeeeeeeeeennnnnnnnn abiiizzzzzzzzzz………
    kpn ya bs ksna….
    smbil jenguk kmpoeng babe ….

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  April 22, 2011 pukul 4:13 pm

      disempatin…. he he ….

      Balas
  • 5. budiraharjo  |  Juni 7, 2011 pukul 10:33 am

    siippp tenan; jadi pingin main ke sana.

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Juni 7, 2011 pukul 11:27 am

      oke monggo dicoba…. sekalian mampir kawasan ekowisata Gunung Api Purba…

      Balas
  • 7. Febri  |  Juli 5, 2011 pukul 3:21 pm

    mas, mumpung di desa kami ada acara merti dusun
    mungkin bisa dibuat selebaran, trus disebarin ke masyarakat, biar pada kenal potensi wisata ini
    Salam

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Juli 6, 2011 pukul 12:12 pm

      didaerah mana pak? oke kami bisa minta bantuannya, untuk kesana…

      Balas
  • 9. Muhammad Nur Fattah  |  Juli 12, 2011 pukul 9:56 am

    waktu perjalanan dari jogja ke goa pindul berapa jam ya?

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Juli 12, 2011 pukul 10:56 am

      sekitar 1,5-2 jam untuk perjalanan dari jogja….

      Balas
  • 11. Joko Tri  |  Juli 19, 2011 pukul 12:21 pm

    Numpang tanya. Klo dari Semarang lewat Klaten enaknya lewat jalur mana. Ini mo ada rencana touring.

    Balas
  • 13. ErwinKundya  |  Agustus 29, 2011 pukul 11:07 am

    ok2.. saya td baru saja kesana tapi hanya lewat nggk punya uang, hhe.. kalo mau kesana kabarin saya akan saya antar deh… hhe

    Balas
    • 14. Sugeng Handoko  |  September 1, 2011 pukul 12:50 pm

      oke disempatkan mas…

      Balas
  • 15. Bebet wijiyanto  |  September 7, 2011 pukul 8:55 pm

    joz tenan cuy…

    Balas
  • 16. samber nyowo ( lor seling )  |  Oktober 18, 2011 pukul 10:33 am

    tak dukung

    Balas
  • 17. dudul  |  Oktober 19, 2011 pukul 8:35 am

    aku kemaren kesana….keren beud detz

    Balas
  • 18. inggit winarno  |  Oktober 19, 2011 pukul 9:22 pm

    sipppp…besok kalau pulang tak main kesitu , deket kok dari rumahku

    Balas
  • 19. rahma  |  November 16, 2011 pukul 3:54 pm

    omahe wong tuwoku karangmojo tapi aku rung tau ndene…hehehe…apik ki ketoke guwone…perlu dicoba :)

    Balas
    • 20. Sugeng Handoko  |  November 23, 2011 pukul 2:55 pm

      monggo dicobi, sangat mengasyikkan….

      Balas
  • 21. Dewi Shintawaty  |  November 25, 2011 pukul 10:22 am

    Lokasinya yg tepat dimana,..? Bila dr kota jogya, ambil arah kemana?

    Balas
    • 22. Sugeng Handoko  |  November 25, 2011 pukul 1:23 pm

      dari arah jogja ambil arah jalan wonosari, sampai bukit bintang patuk lurus, sampai rest area bunder terus, kemudian pasar sapi Siyono (yang lama) belok kiri arah desa Bejiharjo. nanti tanya2 insyaallah sdh pada tau. Thanks…

      Balas
  • 23. rida  |  Desember 6, 2011 pukul 9:43 pm

    kerenn,,pengen ksana>>>>>>>>>>>

    Balas
  • 24. Draen Budiman  |  Desember 19, 2011 pukul 10:03 am

    mantap>>

    Balas
    • 25. dhery  |  Februari 13, 2012 pukul 1:46 pm

      jossss kotos” pkoke lah

      Balas
  • 26. irphanirphans  |  Januari 3, 2012 pukul 7:09 am

    masukkan dlm list “t4 wajib dkunjungi 2012″ bersama dg Nglanggeran n gunung gambar :)

    Balas
  • 27. kalisongosugianto  |  Januari 21, 2012 pukul 11:56 pm

    ada gua lawa di ……….

    Balas
  • 28. Dindi  |  Februari 7, 2012 pukul 11:38 pm

    Yg nemuin tempat wisata ini siapa? Dr mana? (denger2, yg nemu orang asing?)
    trus bulan apa ditemukannya?
    As soon as posible ya, butuh nih

    Balas
  • 29. dindi  |  Februari 8, 2012 pukul 6:13 pm

    penemunya siapa? dari mana? katanya orang luar negeri?
    trus ditemuinnya bulan apa ya?

    Balas
  • 30. Iwandhana  |  Maret 23, 2012 pukul 3:45 am

    selalu terlintas kejanggalan saat di sini…. hehehe surve malah kelangan Hp SAM_ACE

    Balas
  • 31. endah  |  April 1, 2012 pukul 3:47 pm

    mas saya kmaren sama tmn KKN maen ke gua pindul….seru jg…hehe…di pandu jg ma mas ad di fto itu,,,saya lupa namanya….itu beda pengelola to po satu pengelola ma nglanggeran?

    Balas
  • 32. anton ajjah  |  Mei 6, 2012 pukul 9:14 am

    jadi ingin pulang kampung klu mendengar “pindul”…..

    Balas
  • 33. Henry  |  Mei 9, 2012 pukul 11:53 pm

    saya penasaran, dh sering muter ke pantai” mlah jln sampai pantai sedahan msh perawan cuy :D
    berapa ni biaya perorangnya masuk sini dan bisa bawa kamera dslr kgk masuknya? klw ada yg bsa di hub minta nomornya donk or sms ke nomor saya 085225213146 mkasih…

    Balas
    • 34. Sugeng Handoko  |  Mei 11, 2012 pukul 8:05 pm

      biaya masuk perorang 30.000 dan bisa mbawa masuk kamera mas…. bisa sms 081802606050

      Balas
  • 35. andika  |  Juli 5, 2012 pukul 1:15 pm

    kalo dari semin ruteny mana mas bls segera

    Balas
    • 36. Sugeng Handoko  |  Juli 5, 2012 pukul 10:03 pm

      Rutenya : arah menuju karangmojo, jadi Balai Desa Wiladek ambil kanan, pertigaan ambil kiri, Ketemu SMP Bejiharjo Kanan. nanti dah nyampai nanya aja Goa Pindul udh pada tau…

      Balas
  • 37. Intan Mustikasari (@IntanMauliska)  |  Agustus 27, 2012 pukul 2:09 pm

    mau tanya,,kalo mau kesana rombongan pake bis, aksesnya bisa/lancar tidak ya???

    Balas
    • 38. Sugeng Handoko  |  Agustus 29, 2012 pukul 9:26 pm

      bisa lancar mbak….

      Balas
  • 39. sisi  |  Oktober 9, 2012 pukul 3:10 pm

    Kami Dari KMPK IKM UGM Insya Allah Tgl 20 mao ke Goa Pindul

    Yaaaeeee

    Balas
    • 40. Sugeng Handoko  |  Oktober 15, 2012 pukul 10:33 am

      oke-oke monggo….

      Balas
  • 41. Sariya Yoyok  |  Oktober 25, 2012 pukul 1:06 pm

    Mei 2012 aq bw rombongan
    pramuka SMP 4 Playen ke Goa Pindul. Ternyata mereka semua berkata ” Masya Allah…!

    Balas
  • 42. annas  |  November 21, 2012 pukul 11:45 pm

    Minta no yg bisa dihub gan?
    Mas handoko ini pengelola dewa bejo itu bukan?

    Balas
    • 43. Sugeng Handoko  |  Desember 23, 2012 pukul 4:23 pm

      nomor saya 081802606050 tapi bukan pengelola Dewa Bejo, saya Pengelola Desa Wisata Nglanggera/Gunung Api Purba. kalo Dewa Bejo bisa contak pak Subagyo 081227923007

      Balas
  • 44. astri  |  Desember 31, 2012 pukul 6:15 pm

    Patuk kampung halaman ortu. Td pagi baru sempat mampir ke goa pindul. Keren..!! Tp hidangannya cuma jahe panas sih….bkn teh rosela dan bakso??

    Balas
    • 45. bob  |  September 14, 2013 pukul 5:32 am

      habis kali mbak e baksonya, jahe panas juga nikmat tho

      Balas
      • 46. Sugeng Handoko  |  September 15, 2013 pukul 10:49 am

        hehe iya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Komentar Pengunjung

Sugeng Handoko on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Goa Pindul
bob on Goa Pindul
grahitaputri on Program Live In di Gunung Api…
Sugeng Handoko on Sentra Pemuda Taruna Purba Man…

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 297,969 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: