Peta

Gunung Nglanggeran yang merupakan Gunung Api Purba kini makin rame dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun manca negara. Banyak dari pengunjung yang datang biasa berkelompok bersama anggota organisasi maupun keluarganya, namun banyak juga yang datang hanya bersama pasangan pacarnya. Yah maklum saja remaja dan kaum pemuda akan merasa santai dan menyenangkan jika melakukan petualangan maupun berjalan-jalan dengan pendamping hidupnya ( sang pacar maksudnya ). Namun ada juga yang merasa kepingin datang kelokasi wisata baru ini tapi tidak tau jalan menuju lokasi tersebut. Nah gambar disamping adalah peta untuk menuju lokasi. Untuk mempemudah memahaminya akan saya bagi menjadi 2 jalur :

Gambar Denah Lokasi Ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

  1. Dari Jogjakarta (jarak 25 KM dari Jogja)

Bagi wisatawan yang dari Jogjakarta dapat sampai dilokasi ini dengan hanya menggunakan waktu tempuh 40-50 menit saja jika menggunakan motor dengan kecepatan sedang, yah 60-70km/jam lah…. Jika ngebut 30 menitpun sampai ( sudah dibuktikan saya dari Mandala Krida sampai Nglanggeran 35 menit ). Untuk lebih jelasnya rutenya seperti ini. Kita berjalan melewati jalan Jogja-Wonosari kea rah wonosari akan melewati Bukit Bintang/Bukit Patuk yang biasanya digunakan oleh para remaja menatap Sunset. Nah lokasi Gunung Api Purba desa Nglanggeran tidak jauh dari lokasi itu hanya kira2 perjalanan 15 menit atau 7 Km untuk sampai lokasi Gunung ini. Arahnya dai bukit bintang masih naik sampai menemui Polsek Patuk atau bisa juga GCD FM habis tanjakan belok kiri arah ke Stasiun Relay INDOSIAR Desa Ngoro-oro. Ikuti saja jalan mulus itu sampai Puskesmas Patuk II atau biasa disebut Puskesmas Tawang nanti belok kanan dah sampai Desa Nglanggeran dimana Gunung Api Purba berada. Gunung ini pun sudah kelihatan jika kita sudah sampai di Stasiun Relay INDOSIAR dan juga banyak Stasiun Relay lain di Desa Ngoro-oro.

2. Dari Wonosari

    Untuk dari arah wonosari cukup mudah untuk sampai ke Lokasi Gunung Api Purba, tinggal belok kanan dari Bunderan Sambi Pitu tapi jangan yang ke Timur ( Arah Nglegi ) ambil saja yang ke Arah Desa Bobung ( desa kerajinan topeng ) kira-kira jarak lokasi Gunung 5 Km dari Sambi Pitu dan 3 Km dari Dusun Bobung. Jalan akses menuju kesana juga sudah mulus hanya saja sebelum masuk ke Desa Nglanggeran kita harus melewati tanjakan yang lumayan tinggi tapi ga’ masalah jalannya dah bagus kok.

    Nah cukup mudah kan untuk kita bisa menikmati keindahan Gunung Api Purba Desa Nglanggeran??? Jalan yang sudah mulus dan dekat dari Jogjakarta maupun Wonosari menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang mudah untuk diakses.

    40 Komentar Add your own

    • 1. Tikno Setijadi  |  September 16, 2010 pukul 11:38 pm

      Wah ….saya sekali gunung, saya pernah 2 x naik ke puncak merapi, sekitar 20 th yang lalu, kenangan luar biasa.

      Balas
      • 2. Sugeng Handoko  |  September 17, 2010 pukul 6:43 am

        silakan dicoba mas… he he…

        Balas
    • 3. Tikno Setijadi  |  September 16, 2010 pukul 11:39 pm

      Wah saya suka gunung, saya pernah naik ke puncak Merapi 2 X. Saya akan melihat Nglanggeran suatu saat. Trims atas infonya.

      Balas
    • 4. aris  |  September 18, 2010 pukul 8:51 am

      kalisong itu dibawah tempat kos KKN kami dulu. dan gunung nglanggeran kelihatan jelas dari rumah pak. Toyo. tahun 90-91 . Sayang seiring kesibukan jadi nggak / belum sempat datang lagi ke ngglanggeran..

      Balas
    • 5. aguez  |  Oktober 4, 2010 pukul 7:07 pm

      mas low tgl 9-10 oktber kosong gag ea,buat acara makrab ank2 aceh,,,tlong di kabarin lg ya….

      Balas
    • 6. aguez  |  Oktober 4, 2010 pukul 7:09 pm

      mas tgl 9-10 oktbr ada kosong gag ya??
      buat makrab dari perkumpulan ank aceh..
      low ada di kabarin ea..
      contact
      aguez ( 08522869938 )

      Balas
    • 7. aguez  |  Oktober 4, 2010 pukul 7:10 pm

      mas tgl 9-10 oktbr ada kosong gag ya??
      buat makrab dari perkumpulan ank aceh..
      low ada di kabarin ea..
      contact
      aguez ( 085228699338 )

      Balas
      • 8. Sugeng Handoko  |  Oktober 5, 2010 pukul 11:15 am

        Untuk kegiatan pada tanggal tersebut udah dibooking mas, berikut jadwalnya untuk bulan Oktober :

        1. 8-9 oktober 2010 —> Univ Janti
        2. 9-10 —-> UMY
        3. 16-17 —-> Asrama Kaltim (mahasiswa di Yogyakarta)
        4. 30-31 —-> Akprind
        Untuk masalah penginapan kita ada dan menyediakan, seandainya tgl 9-10 itu mau menggunakan kita bisa ada penginapan yang satunya kita ada 4 pilihan penginapan tapi untuk pendopo sudah di Booking, dari UMY ada 70 pax yang melakukan kegiatan. seandainya bersamaan tidak masalah nanti kita bicarakan lagi baiknya spt apa.

        Balas
    • 9. Ari L's Oct  |  Desember 30, 2010 pukul 7:18 pm

      keren

      Balas
    • 10. Waik  |  Desember 30, 2010 pukul 9:36 pm

      Suatu saa t aku akan datang…

      Balas
    • 11. bayu saputra  |  Januari 22, 2011 pukul 12:52 pm

      wah keren banget gunungnya,,,, pokoknya yang dari luar jogja pasti dijamin puas….. aq dari kota gede perjalanan cuma 30 menit. plus ditambah lampu bang jo.

      Balas
      • 12. Sugeng Handoko  |  Januari 23, 2011 pukul 12:08 am

        oke terimakasih pak bayu…. sampai puncak juga kan??? he he he…

        Balas
    • 13. eri  |  Januari 24, 2011 pukul 1:52 pm

      penginapannya bisa buat rapat berjumlah 30 han orang gax ?????
      dimana tempat penginapan di nglanggeran?

      Balas
      • 14. Sugeng Handoko  |  Januari 24, 2011 pukul 8:27 pm

        bisa, kita juga sering digunakan makrab maupun kegiatan organisasi, sampai 150 pesertapun kita pernah dan mampu menampung walau harus menggunakan beberapa rumah/home stay… tempat penginapan sekitar lokasi kawasan ekowisata gunung api purba. bisa survey langsung ke lokasi….

        Balas
    • 15. arifah nur khasanah  |  Februari 1, 2011 pukul 11:59 am

      pengen banget liat situs gunung api purba..
      Sukses yaa.

      Balas
    • 16. Widaryono, SIP.  |  Februari 20, 2011 pukul 12:28 pm

      Pemandangannya sungguh luar biasa indah nya. Jika di kelola dengan baik mungkin akan menjadi obyek wisata alam yang menjadi andalan kabupaten Gunungkidul. untuk ke depan nya perlu banyak promosi agar masyarakat luas mengetahui adanya obyek wisata alam yaitu gunung api purba.

      Balas
      • 17. Sugeng Handoko  |  Februari 21, 2011 pukul 10:53 pm

        oke matur suwun pak…. terimakasih atas dukungannya…

        Balas
    • 18. Tanto  |  Maret 17, 2011 pukul 1:53 pm

      waktu muda dulu sekitar tahun 96-an bersama teman2 pernah naik n nginap di atas nglanggeran, tekstur batuannya memang sangat indah…alhamdulillah sekarang bisa dirintis dan dikembangkan…tapi sekarang seperti apa diatas aku blom pernah ke sana lagi.. apakah masih tetap atau berubah mohon info…

      Balas
    • 20. Warno Hadi  |  Maret 24, 2011 pukul 9:48 pm

      Kalau diukur luasan memang nyaris tak tampak dalam peta bumi, tetapi kalau karena alasan kecil lalu tidak mendapat perhatian itu salah besar. Sebab yang besar itu ada karena kumpulan dari yang kecil-kecil. HIDUP NGLANGGERAN

      Balas
      • 21. Sugeng Handoko  |  Maret 24, 2011 pukul 10:13 pm

        Terimakasih pak Warno hadi atas dukungannya… Insyaallah Nglanggeran siap kalo mau dijadikan Geopark (taman Bumi) walau perjalanannya masih sangat panjang… Salam (Sugeng Handoko)

        Balas
    • 22. arip  |  Juli 1, 2011 pukul 12:22 pm

      mas tanggal 21-22 buat acara makrab bisa ga ? makasi :)

      Balas
      • 23. Sugeng Handoko  |  Juli 1, 2011 pukul 6:00 pm

        untuk bulan apaya?

        Balas
    • 24. joe4cva  |  Agustus 2, 2011 pukul 10:16 pm

      Mas sugeng, saya ijin copas content blognya ya ke blog saya di joe4cva.wordpress.com
      saya mau nulis artikel tentang nglanggeran juga soalnya.. :D
      Terima kasih sebelumnya.. :D

      Balas
      • 25. Sugeng Handoko  |  Agustus 4, 2011 pukul 4:01 pm

        oke silakan mas, yg penting sumber dicantumkan. hehe….

        Balas
    • 28. inggit winarno  |  Oktober 19, 2011 pukul 9:29 pm

      kalau buat sepedaan dari jogja jalanya nanjak banget nggak ya….tolong bls trims

      Balas
      • 29. Sugeng Handoko  |  Oktober 21, 2011 pukul 11:43 pm

        lumayan nanjak mas… tapi bayak juga kok yg sepedaan, hampir setiap minggu ada yg gowes…

        Balas
    • 30. very  |  Desember 18, 2011 pukul 10:23 pm

      klo naik angkot dr prambanan berapa x????

      Balas
      • 31. Sugeng Handoko  |  Desember 21, 2011 pukul 10:40 pm

        kalo dari prambanan bisa 3 kali, dan kita siap juga kalo njemput kok ^_^

        Balas
    • 32. Pram  |  Desember 30, 2011 pukul 9:37 am

      sip…

      Balas
    • 33. Pram  |  Desember 30, 2011 pukul 9:38 am

      sip…..

      Balas
    • 35. arik  |  Januari 2, 2012 pukul 3:50 pm

      ms klo minta les panjat tebing tuk pemula, bisa pa gak ? cmn 1 orang. klo bisa dikasih bocoran berapa admin nya… ok ditunggu.

      Balas
    • 36. Bahqri Dixie  |  Mei 7, 2012 pukul 2:41 pm

      qapan ea……

      Balas
    • 37. Bahqri Dixie  |  Mei 7, 2012 pukul 2:44 pm

      hemmmmm….

      Balas
    • 38. Bahqri Dixie  |  Mei 29, 2012 pukul 11:54 pm

      malem cmua eaaaaaaaaaaaa

      Balas
    • 39. Vincentius Wisda  |  November 7, 2012 pukul 8:18 am

      mas kalo antara tgl 27des12 – 6 januari13 kosong ngak? Untuk makrab anak kmk ftp ugm..
      Klo ada tolong kabari ya mas..Trimakasih.

      Balas
      • 40. Sugeng Handoko  |  November 11, 2012 pukul 12:20 am

        oke sementara masih kosong mas, silakan survei dan booking untuk memastikan kalo nggak bisa sms 081802606050 atau pin bb 27FA22BA

        Balas

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Subscribe to the comments via RSS Feed


    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: