Pesona Alami Berselimut Misteri

Juli 6, 2009 at 3:35 am 3 komentar


Pesona Alami berselimut misteriKAWASAN ini terkesan misterius. Tersembunyi oleh rerimbunnya pepohonan di kawasan Gunungkidul bagian utara. Bukit Nglanggeran yang oleh sebagian masyarakat menyebutnya sebagai Gunung Nglanggeran, menyimpan potensi wisata eksostis bagi yang mendatanginya.
Cerita legenda yang berkembang menjadi cerita rakyat, ikut menjadi bumbu dari keberadaan tempat yang berada di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Wagiran, salah satu pemandu di tempat itu menuturkan, Gunung Nglanggeran tersusun atas gugusan Gunung Blencong, Gunung Kelir, Gunung Gedhe, Gunung Buchu, Gunung Bongos.
Dinamakan dengan nama-nama yang ada di pewayangan, karena dari legenda yang berkembang kawasan tersebut dijaga oleh tokoh pewayangan, Punakawan dan Kyai Ongkowijoyo.
Lokasinya bisa ditempuh dari Yogyakarta sekitar 20 Km. Jalur yang ditempuh biasanya dari bukit Pathuk atau tempat dimana banyak ditemui pemancar atau tower dari televisi-televisi. Perjalanannya memakan waktu sekitar 15 menit menggunakan bus atau kendaraan roda empat.
Terjal Gunung Nglanggeran, aslinya merupakan susunan material vulkanik tua. Hal itu menunjukan bahwa Nglanggeran dari sudut pandang geologi merupakan gunung berapi purba, hanya sekarang sudah tidak aktif. Seperti gunung pada umumnya, untuk mencapai puncak dari Nglanggeran cukup sulit.
Meski berupa bukit, untuk mencapai puncak Gunung Nglanggeran sangat sulit. Butuh waktu sekitar 3-5 jam sampai ujung gunung dan 1 jam saja untuk bisa sampai puncak ( pertengahan gunung ) dengan stamina prima. Terbukti untuk menempuh pos satu saja peserta dari travel agent kesulitan untuk mendaki. Bahkan beberapa peserta memilih untuk tidak naik ke pos satu yang sebenarnya tidak lebih dari bongkahan batu sebesar rumah, yang terjal.
Selain terjal, jika kondisi hujan kawasan ini cukup licin karena masih sangant alami.

Di Gunung Blencong, hingga saat ini hampir belum ada yang berhasil mendaki hingga puncak.
”Kawasan ini sering mejadi jujugan anak-anak muda untuk berkemah,” kata Wagiran menjelaskan kepada rombongan travel agent dari Yogyakarta yang diundang Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul belum lama ini.
Elok,,,,
Selain menjadi tujuan anak muda, kawasan Gunung Nglanggeran memiliki potensi sebagai objek wisata alam dan spiritual. Kawasan ini sering digunakan oleh masyarakat tertentu untuk ‘ngalap berkah’ atau memanjatkan doa kepada Maha Pencipta.
Dari pos satu, pengunjung bisa melihat pemandangan elok dari sawah-sawah dan rumah-rumah penduduk di sekitar kawasan itu. Beberapa tempat di kawasan Gunung Nglanggeran yang menarik antara lain Sumber Air Comberan, yang berada di puncak gunung yang tidak pernah kering.
Juga ada Tlogo Mardhido dan yang unik ada telaga yang hanya bisa dilihat dengan laku prihatin yaitu Tlogo Wungu. Selain itu, Gunung Nglanggeran kaya akan tanaman obat-obatan yang disebut tremas. Di kawasan ini sering dijumpai juga monyet.
”Gunung Nglanggeran sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus. Disini pengunjung bisa memadukan tracking, wisata pendidikan maupun wisata spiritual,” kata Jajang Sukendar, ownwe PT Jawa Mandiri Travel Agent. Menurutnya pemandangan dan suasana desa yang masih asri sangat layak di jual sebagai objek wisata. (Agung P)-d

Sumber : http://www.kr.co.id

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , .

Panjat Tebing Wisatawan Korea Kagum Gunung Nglanggeran ( Gunung Berapi Purba )

3 Komentar Add your own

  • 1. ima  |  Januari 20, 2011 pukul 7:51 pm

    tempatnya eksotik bgt…….jd pngen ksana………

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Januari 20, 2011 pukul 9:24 pm

      oke… boleh dicoba, nanti pemandu siap mengantar… ^-^

      Balas
  • 3. sutris  |  Oktober 10, 2011 pukul 9:58 pm

    q pertama x ke nglanggeran, sangat mengagumkan suasananya. batu”y bsar2. kpn ea q bsa ksana lgi! dh 3 thn berlalu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: