UEP ( Usaha Ekonomi Produktif ) Karang taruna BPM

Juli 10, 2009 at 9:43 am 1 komentar


Ramai Pengunjung di Pintu masuk Wisata Karang Taruna tidak melupakan tanggung jawabnya bahwa kelak mereka harus produktif secara ekonomi untuk mendukung kehidupannya. Kegiatan ekonomi produktif yang dilaksanakan oleh Karang Taruna umumnya bertujuan untuk membuka peluang kerja bagi anggotanya sehingga kegiatan tersebut menjadi cikal bakal terbukanya kesempatan bekerja yang lebih luas.  Dengan adanya kesempatan bekerja akan sedikit mengurangi permasalahan sosial dimasyarakat yaitu adanya pengangguran yang sering menjadi titik kerawanan masalah sosial. Dengan cara membuka peluang usaha-usaha ekonomi produktif diharapakan Karang Taruna Bukit Putra Mandiri dapat mengumpulkan permodalan. Dengan modal kuat tentu saja secara intern maka seluruh program kerja yang dilakukan Karang Taruna Bukit Putra Mandiri bisa terlaksana dengan baik. Secara eksternal diharapkan akan mengurangi permaslahan sosial yang ada dimasyarakat.

Adapun yang menjadi usaha ekonomi produktif  unggulan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri yaitu:

Rintisan Desa Wisata Alam Gunung Api Purba Desa Nglanggeran

Latar Belakang

Gunung Nglanggeran yang sudah mempunyai potensi untuk dijadikan tujuan wisata alam alternatif seyogyanya segera di benahi dan terus dikembangkan. Dengan dukungan dari berbagai pihak tidak menutup kemungkinan Gunung Nglanggeran akan menjadi primadona wisata alam alternatif yang cukup menjanjikan. Jika menilik dari berbagai peristiwa bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini maka para wisatawan sudah mulai berpikir untuk mencari tempat yang aman dan nyaman selain pantai dan gunung berapi. Maka tak salah lagi jika Gunung Nglanggeran akan menjadi daerah tujuan wisata masa mendatang. Dari pihak dinas pariwisata pun sudah mendukung akan keberadaan Gunung Nglanggeran ini untuk segera diwujudkan sebagai daerah wisata andalan Gunungkidul.

Biasanya kondisi ekonomi masyarakat yang berada di lereng gunung sangat memprihatinkan. Tempat tinggalnya berkelompok dan jarang dijumpai rumah berdinding tembok. Tapi yang dijumpai di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul ini nampaknya berbeda. Akses Jalan masuk ke desa sudah beraspal dan jarang dijumpai rumah berdinding bambu disepanjang jalan tersebut. Disamping itu desa yang berada diwilayah perbukitan ini berhawa sejuk dan pemandangan yang eksotik.  Kondisi ini hampir sama dengan kawasan wisata lainya dijogjarta. Potensi inilah yang nampaknya ditangkap sebagai peluang oleh para pemudanya yang tergabung dalam Karang Taruna Bukit Putra Mandiri.  Bahkan Karang Taruna inipun berani mendeklarasikan desanya menjadi Desa Wisata Alam. Sebuah tempat wisata alam yang menawarkan beragam misteri dan ke-elokan pemandangan alamnya. Konsep Desa Wisata Alam tersebut diawali dari gerakan cinta lingkungan dengan gerakan penghijauan di lokasi Gunung Nglanggeran.

Nama Program

Dalam rangka menjembatani semangat Karang Taruna Bukit Putra Mandiri untuk menjadikan wisata Gunung Nglanggeran maka dibuat program pengembangan wisata alam dengan nama :

“OBYEK WISATA ALAM GUNUNG API PURBA DESA NGLANGGERAN”

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , , .

Sekilas Tentang Karang Taruna Paket Wisata Yang ditawarkan

1 Komentar Add your own

  • 1. alfiah nurul w  |  Juli 28, 2009 pukul 11:01 pm

    memang di gunung nglanggeran kemarin,pengalaman yang luar biasa!!!
    waktu di bus sebelum sampai sya sempat berfikir,mendengar cerita sedikit dari mas luthfi,wah,,, pemuda sana hebat ya?masih mau peduli ma desanya, rasa memiliki daerahnya n berbuat banyak buat daerahnya perlu di acungin jempol!!:-)
    boleh usul kn???he..
    menurutq misalnya usaha ekonominya bisa di tambah lagi,seandainya besok daerah ini sudah ramai di kunjngi wisatawan masyarakat sekitar bisa usaha kecil2an misalnya menjual jajanan khas daerah,maupun makanan khas, kemaren cukup bgs sebagai snack,kan bsa dikembangkan unk d jual kpd wisatawan,juga saya liat banyak pohon coklat di sekitar gunung. itu bsa di manfaatkan. dijual dalam bentuk minuman coklat mungkin, di olah oleh warga sendiri kan sekaligus dapat menambah mata pencaharian warga, ato langsung saja di jual msh dalam keadaan buah utuh. mungkin banyak juga wisatawan yang belum pernah mencoba makan buah coklat (seperti saya contohnya,he..kemaren pgn minta,tp lupa,cz penasaran,he…)
    cp tau kelak coklatnya bisa menyaingi nigeria🙂
    saya baca di sini maupun di blognya mas sugeng satunya,banyak sekali cerita ato mitos yang menaungi daerah ini. menurut saya ini bsa di kambangkan dengan membuat buku misalnya, yang di didalamnya berisi segala sesuatu tentang gunung nglanggerang,baik mitos,hasil bumi sekitar(misal musim buahnya kapan aj,seperti yang d usulkn pak sudarsono kemaren), maupun tentang masyarakat sekitar(apa yang mereka lakukan,tradisi/adat/ritual yang sering dilakukan sekagisus tanggal nya.juga dipromosikan tentang kesenian daerah) hal seperti itu bisa juga menarik para wisatawan.kemaren udah ada di buku,tetapi kan hanya sekilas,kalau dibuat lengkap pasti lebih keren,he..
    banyak hal yang sangat mengagumkan di gunung nglanggerang..:-)
    good luck terus mas!!:-)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: