Denah Lokasi Gunung Api Purba Desa Nglanggeran

Juli 30, 2009 at 7:15 am 25 komentar


Denah Lokasi Gunung Api Purba

Gunung Nglanggeran yang merupakan Gunung Api Purba kini makin rame dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun manca negara. Banyak dari pengunjung yang datang biasa berkelompok bersama anggota organisasi maupun keluarganya, namun banyak juga yang datang hanya bersama pasangan pacarnya. Yah maklum saja remaja dan kaum pemuda akan merasa santai dan menyenangkan jika melakukan petualangan maupun berjalan-jalan dengan pendamping hidupnya ( sang pacar maksudnya ). Namun ada juga yang merasa kepingin datang kelokasi wisata baru ini tapi tidak tau jalan menuju lokasi tersebut. Nah gambar diatas  adalah peta untuk menuju lokasi. Untuk mempemudah memahaminya akan saya bagi menjadi 2 jalur :

1. Dari Jogjakarta

Bagi wisatawan yang dari Jogjakarta dapat sampai dilokasi ini dengan hanya menggunakan waktu tempuh 40-50 menit saja jika menggunakan motor dengan kecepatan sedang, yah 60-70km/jam lah…. Jika ngebut 30 menitpun sampai ( sudah dibuktikan saya dari Mandala Krida sampai Nglanggeran 35 menit ). Untuk lebih jelasnya rutenya seperti ini. Kita berjalan melewati jalan Jogja-Wonosari kea rah wonosari akan melewati Bukit Bintang/Bukit Patuk yang biasanya digunakan oleh para remaja menatap Sunset. Nah lokasi Gunung Api Purba desa Nglanggeran tidak jauh dari lokasi itu hanya kira2 perjalanan 15 menit atau 7 Km untuk sampai lokasi Gunung ini. Arahnya dai bukit bintang masih naik sampai menemui Polsek Patuk atau bisa juga GCD FM habis tanjakan belok kiri arah ke Stasiun Relay INDOSIAR Desa Ngoro-oro. Ikuti saja jalan mulus itu sampai Puskesmas Patuk II atau biasa disebut Puskesmas Tawang nanti belok kanan dah sampai Desa Nglanggeran dimana Gunung Api Purba berada. Gunung ini pun sudah kelihatan jika kita sudah sampai di Stasiun Relay INDOSIAR dan juga banyak Stasiun Relay lain di Desa Ngoro-oro.

2. Dari Wonosari

Untuk dari arah wonosari cukup mudah untuk sampai ke Lokasi Gunung Api Purba, tinggal belok kanan dari Bunderan Sambi Pitu tapi jangan yang ke Timur ( Arah Nglegi ) ambil saja yang ke Arah Desa Bobung ( desa kerajinan topeng ) kira-kira jarak lokasi Gunung 5 Km dari Sambi Pitu dan 3 Km dari Dusun Bobung. Jalan akses menuju kesana juga sudah mulus hanya saja sebelum masuk ke Desa Nglanggeran kita harus melewati tanjakan yang lumayan tinggi tapi ga’ masalah jalannya dah bagus kok.

Nah cukup mudah kan untuk kita bisa menikmati keindahan Gunung Api Purba Desa Nglanggeran??? Jalan yang sudah mulus dan dekat dari Jogjakarta maupun Wonosari menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang mudah untuk diakses.

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , .

Galeri Keindahan Gunung Api Purba FOURMAPA di Pendopo Joglo Kalisong

25 Komentar Add your own

  • 1. Rudy  |  Agustus 2, 2009 pukul 1:13 pm

    Salam jumpa, thanks buat info tentang gunung Nglanggera, sangat bermanfaat..

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Agustus 3, 2009 pukul 8:59 am

      Ok!!! sama-sama semoga keberadaan blog ini bisa membantu mempermudah akses para wisatawan dan pecinta alam untuk datang ke wilayah Gunung Api Purba Desa Nglangeran.

      Balas
  • 3. alvie archiel  |  Agustus 6, 2009 pukul 8:31 am

    makasih mas,, atas rutenya Insya Allah aq dah mudeng skrang,he..
    bener, blognya sangat membantu kok,
    tetep eksis y mas!!:-)
    eh,mas kalo aq ngambil beberapa info dri blog ini bwt bkn laporan boleh kah??

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Agustus 7, 2009 pukul 7:00 am

      Iya sama-sama… Boleh aja kalo mau buat laporan, silakan….

      Balas
  • 5. alvie archiel  |  Agustus 6, 2009 pukul 8:34 am

    thanks mas, atas rutenya.. Insya Allah aq dah mudeng,he…
    bener,,blognya sangat membantu kok..
    eh mas,,kalo ngambil beberapa info dari blog ini bwt bkn laporan FAM TOUR kemaren blhkah??

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Agustus 7, 2009 pukul 7:05 am

      Iya Boleh… Silakan….

      Balas
  • 7. mamanabee  |  Oktober 30, 2009 pukul 12:31 pm

    menarik mas. kapan2 saya pengen main ke sana.
    makasih

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Oktober 30, 2009 pukul 4:23 pm

      Ok kami Tunggu kedatangannya, kalo boleh tau saudara asli mana???

      Balas
  • 9. Hartono  |  November 8, 2009 pukul 10:32 pm

    Alkhamdulillah atas rahmat-Nya sy selaku warga widwet sb7 bangga gunung yg prnh sy jdkan tempat represing skrg udh dipromosikan lewat wab,makasih mas tetap sukses

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  November 9, 2009 pukul 8:05 am

      OK makasih pak atas dukungannya kami tunggu untuk kenjungan2 selanjutnya….

      Balas
  • 11. Yunan  |  November 26, 2009 pukul 2:50 pm

    Hemm……jadi kangen ma Gunung Kidul….kapan yach bisa main ke gunung purba itu……
    Sayang seribu sayang skrg sy dah jauh dari Jogja kalau dulu sih sering main ke Gng Kidul…..krn sy asli Jogjakarta (Jln,Taman Siswa)dan skrg tinggal di Kota Ukir Jepara…..
    Org Gunung Kidul emang ramah tamah…gk prcy….,,coba aja datang ke kotanya atau desa sekitarnya…Ya,,,gak Mas Sugeng…..,,,,salam kenal ya..dari saya…..

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  November 28, 2009 pukul 4:47 pm

      Salam kenal juga mas… kami tunggu kedatangannya….

      Balas
  • 13. Dwee  |  Januari 18, 2010 pukul 4:07 pm

    Mantap info nya mas, terima kasih. Lagi menuju lokasi nh

    Balas
  • 14. nandia  |  Januari 24, 2010 pukul 12:05 am

    aio majukan gunungkidul,,,,

    Balas
  • 15. roni setyawan  |  Juni 17, 2010 pukul 7:49 pm

    apa saja rincian acara Jelajah Wisata nya..
    brp lama(hari)..

    Balas
    • 16. Sugeng Handoko  |  Juni 18, 2010 pukul 10:14 am

      Rinciannya jalan jelajah menelusuri dekat gunung api purba sejauh 5-6 Km, dan start – finish dilapangan karang. bersama-sama jalan. kemudian setelah finish mendapatkan makan siang dan suguhan hiburan sambil menunggu pengundian doorprize. acaranya cm sata hari… (jelajah wisata 1 Agustus 2010 Gunung Api Purba)

      Balas
  • 17. agus  |  Agustus 9, 2010 pukul 10:59 am

    wah hebat2.ketua karang tarunany ok .sugeng handoko pasti.maju lah buat nglangeran.by cah gunung asem.

    Balas
    • 18. Sugeng Handoko  |  Agustus 9, 2010 pukul 12:07 pm

      oke matur suwun mas agus…. posisi sekarang dmn? jarang ketemu kita…

      Balas
  • 19. Santoe  |  Oktober 4, 2010 pukul 12:54 pm

    Bagi teman2 yang belum pernah kesana… Asyik lho tempatnya.. jalanannya cukup enak, & bagi yang suka yang ekstrem.. juga ada jalurnya….

    Balas
    • 20. Sugeng Handoko  |  Oktober 4, 2010 pukul 3:58 pm

      iya silakan dicoba… Kalo Bapak/Ibu Santoe udah nyoba kapan? sampai puncak gunung Gedhe???

      Balas
  • 21. guezz  |  Oktober 5, 2010 pukul 12:52 pm

    saya pengen ksana tapi kok dah penuh trus….

    tgl 9-10 low ada kosong saya mw ksana ma ikatan pemuda pelajar mahasiswa lut tawar yogyakarta ( ipemah lutyo) dari mahasiswa gayo..

    kodita ( kota dingin takengon) aceh tengah n bener meriah..

    tlong di carikan…

    Balas
    • 22. Sugeng Handoko  |  Oktober 5, 2010 pukul 1:07 pm

      Bisa tapi tidak menggunakan fasilitas pendopo karena sudah di Booking duluan oleh mahasiswa dari Univ di Jogja, gmn??? nanti bisa langsung survei di Sekretariat karang taruna untuk konsultasi…

      Balas
    • 23. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 1:07 pm

      oke bisa contac via hp atau email handoko88_jogja@yahoo.co.id Ditunggu ya…

      Balas
  • 24. Nafisa Aulia  |  Februari 8, 2011 pukul 8:00 am

    jadi tertarik untuk ke sana….🙂

    Balas
    • 25. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 1:06 pm

      oke silakan, ditunggu ya… ^-^

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: