Tradisi Rasulan (Bersih Desa) Nglanggeran 2009

Desember 9, 2009 at 6:49 am 9 komentar


Rasulan

Rasulan

Woro2 Bersih Desa Nglanggeran 13-14 Dsember 2009

Woro2 Bersih Desa Nglanggeran 13-14 Dsember 2009

Akan ada yang beda dikawasan ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran pada bulan Desember ini tepatnya pada hari Minggu 13 Desember sampai dengan Senin 14 Desember 2009. Pada hari tersebut akan diadakan sebuah acara besar di Desa Nglanggeran yaitu acara Bersih Desa atau sering disebut dengan Rasul. Kegiatan Rasul dikawasan Ekowisata Gunung Api Purba ini dilakukan secara rutinitas setiap satu tahun sekali, dan biasanya dilakukan pada bulan “Besar” (bulan jawa). Tradisi Bersih Desa ini diselenggarakan setelah Idul Adha jika menurut penanggalan Islam.

Minggu Legi dan Senin Legi adalah dua hari yang menjadi pilihan alternatife bagi Tokoh Pemangku adat dan juga sekaligus juru kunci dari lokasi Kalisong (pangkal Gunung Api Purba) untuk melakukan ritual dan perayaan bersih desa ini, dua hari tersebut akan dipilih salah satu pada bulan Besar untuk melakukan acara besar tersebut. Tradisi bersih Desa di Desa Nglanggeran dilakukan sejak nenek moyang terdahulu dan hingga kini masih tetap dilaksanakan. Tayub/Ledhek merupakan salah satu tradisi yang tidak pernah ketinggalan dalam rangkaian acara tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Mbah Budhi sesepuh pemangku adat dan juga juru kunci kalisong “ tradisi seko leluhur ki kudu diuri-uri ora oleh ditinggalke seko jamane nenek moyang nganti saiki kudu tetep dijogo, sedino sak durunge rasulan belik kalisong kudu dikuras lan diresiki ora oleh ora, nak ora dilakoni urung iso dijenengke rasul”. Maksudnya adalah tradisi dari nenek moyang harus tetap dijaga dan tidak boleh ditinggalkan dan sehari sebelum Acara Rasul (acara Tayuban) harus menguras/membersihkan salah satu sumber (sumber kalisong) yang berada dipangkal Gunung Api Purba. Dalam melakukannya juga dilakukan ritual oleh juru kunci dan pemangku adat, dan hal tersebut harus dilakukan dan belum dianggap rasul/bersih desa jika tidak dilaksanakan.

Namun ada yang beda setidaknya setahun yang lalu saat menyelenggarakan acara bersih desa di Desa Nglanggeran, sebuah organisasi pemuda yang bernama “Karangtaruna Bukit Putra Mandiri” di desa ini yang mereka beranggotakan pemuda-pemudi yang juga ingin melestarikan tradisi, kebudayaan dan juga mengangkat potensi kawasan ekowisata Gunung Api Purba membuat ide adanya “Kirab Budaya” yang diikuti oleh seluruh masyarakat. Dan acara pertama kali pada tahun kemarin berjalan seukses dan menarik minat masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah. Munculah kepercayaan dari pemerintah desa dan juga tokoh masyarakat kepada karangtaruna untuk mengemas acara bersih desa pada tahun sekarang (Desember 2009).

Pada tahun 2009 ini acara Rasul Desa Nglanggeran jatuh pada hari Senin Legi 14 Desember 2009, namun dari karangtaruna menyiapkan acara kirab budaya seperti pada tahun sebelumnya dan pada tahun ini dibuat dan direncanakan lebih matang lagi. Acara kirab budaya yang juga dijadikan salah satu rangkaian kegiatan rasulan diselenggarakan pada hari Minggu, 13 Desember 2009. Dalam kirab budaya ini diikuti oleh 3 Dusun yaitu Nglanggeran Kulon, Nglanggeran Wetan dan Dusun Gunung Butak. Masing-masing dusun membuat Tumpeng berupa hasil bumi dan juga menampilkan kesenian dari masing-masing dusun, hasil tumpeng berupa buah-buahan, sayuran dan juga tumpeng nasi ini akan diarak menuju Pendopo Joglo Kalisong dipangkal Gunung Api Purba. Setelah melakukan do’a bersama maka tumpeng tsb diperebutkan oleh masyarakat dan wisatawan yang hadir karena kawasan lokasi ini merupakan daeran wisata yang sedang berkembang. Salah satu tujuan dari karangtaruna mengemas acara bersih desa didesa ini selain untuk melestarikan kebudayaan juga untuk memperkenalkan dan mengangkat Desa Nglanggeran menjadi desa Wisata dengan Gunung Api Purba nya.

Bagi anda wisatawan, fotografer, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui adat-istiadat, berbagai kesenian unik, dan juga pemandangan yang indah dan masih asri di kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dapat menghadiri acara ini yang dilakukan setahun sekali. Anda dapat mendapatkan foto-foto unik, indah, dan tentunya pengalaman bersama masyarakat desa yang sedang melakukan pesta bersih desa sebagai tanda syukurnya kepada Allah Swt.

Menurut ketua penyelenggara pada acara bersih desa tahun 2009 ini terdapat beberapa rangkaian acara diantaranya adalah banyak kesenian-kesenian unik dari masyarakat setempat diantaranya : Reog Kethek Ogleng dari Nglanggeran Kulon, Kesenian Kudo Wiromo dari Nglanggeran Wetan dan juga Group kesenian Hargo Budoyo Manunggal dari Dusun Gunung Butak. Malamnya ada pesta kembang api dan juga pementasan teater dari karang taruna yang berjudul “Jaka Tarub” dalam ceritanya juga dikaitkan dengan sejarah Gunung Api Purba.
Selain itu juga akan diundang beberapa orang penting dan juga dinas-dinas terkait yang mendukung pelestarian kebudayaan dan juga peningkatan pariwisatanya. Berikut beberapa instansi yang diundang : GKR Pembayun (Ketua karangtaruna Provinsi DIY), Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Bapak Bupati Gunungkidul, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul, Kepala Badan KAPEDAL Gunungkidul, Kepala Dinas Sosial DIY, Ketua Karangtaruna Kabupaten Gunungkidul, Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Kepala Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, Kepala Pusat Studi Pariwisata UGM, Bapak Camat Patuk, Bapak Kapolsek Patuk, Bapak Danramil Patuk.

Mari kita hadiri dan saksikan acara Kirab Budaya Desa Nglanggeran 2009 dikawasan Ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran. Semoga acaranya dapat berjalan lancar dan mendapatkan manfaat bagi seluruh masyarakat. Amin….

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , , , , , , .

Desa Nglanggeran masuk Nominasi dalam Lomba Desa Wisata se-DIY Even Rasulan (Bersih Desa) yang semakin digemari wisatawan

9 Komentar Add your own

  • 1. penuai  |  Desember 9, 2009 pukul 7:02 am

    Budaya seperti ini harus dimasyarakatkan di Indonesia..
    Nice Info, Thanx Gan….

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATISS
    http://www.penuai.wordpress.com

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Desember 9, 2009 pukul 7:21 am

      Ok sama2, jika ada waktu luang silakan berlibur ke lokasi kami sekaligus menyaksikan kebudayaan masyarakat sekitar gunung api purba

      Balas
  • 3. ajik  |  Desember 9, 2009 pukul 7:57 am

    Blog INi saya redirect jadi dapat dibuka di http://www.kalisongku.co.cc

    Balas
  • 4. Wanto  |  Desember 11, 2009 pukul 9:04 pm

    Maz lha ndangdute maen ora sesuk?Hehehehe

    Balas
    • 5. Sugeng Handoko  |  Desember 11, 2009 pukul 9:19 pm

      Dangdut mungkin lain waktu, sekarang lebih ke Tampilan kesenian, kreativitas anak2, sama Teater dari karangtaruna…

      Balas
  • 6. gmild  |  Desember 14, 2009 pukul 5:15 pm

    mantappppp……. bdw; kog bisa d link d dinas pariwata to???

    Balas
    • 7. Sugeng Handoko  |  Desember 17, 2009 pukul 7:57 am

      Iya… alhamdulillah kita ada kerjasama…

      Balas
  • 8. Ratih  |  Desember 18, 2009 pukul 7:17 pm

    Kerenz. . .
    Ini nih yg tih tgu” yaitu yg terbaru dri desa nglanggeran. . . Malah warga nya ikt mendkug dan melestrikan ge. . Pkona. . I Like it. . .
    Eh, maz salam y buad bpk teguh, , kenal kan,

    Balas
    • 9. Sugeng Handoko  |  Desember 18, 2009 pukul 9:03 pm

      ok makasih mbak ratih atas apresiasinya… kami dalam tahap berkembang dan mencoba lebih baik lagi. Kalo boleh tau Bpk Teguh siapa ya, t4 kami cukup banyak ada teguh minardi, Teguh (Sutoyo), Teguh lain juga ada. he he he…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: