JAKA TARUB MUNCUL DI GUNUNG API PURBA

Desember 20, 2009 at 3:51 pm 5 komentar


Bidadari dikayangan bertemu dewa

Bidadari dikayangan bertemu dewa

Team Teater setelah melakukan pentas

Team Teater setelah melakukan pentas

DALANG : Mulo si rembulan koyo rodha cikar bunder abang ing wetan naliko sungkup bumi yoiku wengi. Mbok gendong-gendhong bayimu ing senthong, mbok cencang sapimu ing kandang, mbok obong  lemut nganggo racun koyo saiki mbok bakar danyang siluman nganggo menyan. (nggowo menyan lan kukuse ngepul kandel, sinambi ngubengi panggung).

KOOR: Gung liwang liwung Gung liwang liwung     (dst)

DALANG : Kabeh alang-alang parewang-rewang …….

Moro podho ngangkat irung, lan mulih ing gunungmu, alasmu, segaramu, kapal layarmu, Awing-awing, awang, uwung-uwung…. Podho menengo ing sewalike topengmu sik adoh sik adoh lan nerawang

Penggalan cerita di atas adalah sebuah ilustrasi mengawali  babak awal Drama Parodi Jaka Tarub. Sebuah perhelatan akbar yang digelar karangtaruna “Bukit Putra Mandiri” dalam rangka memeriahkan acara “Bersih Desa” di desa Nglanggeran. Cerita ini dikemas sangat apik oleh sutradara sekaligus penulis ceritra, Rohmad Widiyanto. Alur cerita yang disuguhkan pun seolah tak terduga dan melenceng dari kebiasaan. Namun justru inilah yang menjadi kekuatan dari pentas ini. Legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan adalah sebuah cerita rakyat yang dipercayai oleh masyarakat memiliki hubungan dengan legenda di puncak Gunun Api Purba – Nglanggeran.

Konsep dan ramuan cerita yang nota bene masih tergolong baru oleh segenap warga, ternyata mampu menyita perhatian tersendiri. Kehadiran sosok Dalang dan rombongan Koor dalam pentas, adalah nuansa tersendiri yang cukup membuat ‘kaget’ para pemirsa. Selayaknya drama parody lainnya, tokoh-tokoh dalam cerita ini diperankan oleh aktor-aktor yang yang memiliki karakter berbeda dari tokoh yang dibawakan.

Hiburan yang menurut warga masyarakat Desa Nglanggeran sebagai hal yang spektakuler  tersebut terjadi pada malam Senin setelah siangnya, minggu 13 Desember 2009 diadakan ‘Kirab Budaya’ dalam rangkaian acara Bersih desa Nglanggeran. Walau dalam keadaan capek setelah seharian mengikuti rangkaian acara kirab masyarakat Desa Nglanggeran dan juga dari luar daerah terfokus dan terkumpul dalam sebuah lokasi di Titik Pendopo Kalisong.

Hampir 700 orang tercengang dan merasa terkejut dengan munculnya sesosok pemuda di panggung pada malam itu. Kemunculan tokoh pemuda tersebut  diiringi lagu  dan juga pengantar suara-suara prolog dari sang dalang. Siapakah pemuda yang menjadi sorotan dari 700an pasang mata tersebut??? Dialah Jaka Tarub, seorang pemuda, yang dalam legenda dikisahkan memiliki istri seorang bidadari. Kehadirannya didampingi oleh 2 orang “pekathik” (pembantu dalam bahasa Indonesia). Dengan pakaian yang modern dan tidak seperti Jaka Tarub dalam legenda, pemuda tersebut melambai lambaikan tangannya kepada masyarakat yang menyaksikan dan memfokuskan perhatiannya kepadanya. Jaka Tarub malam itu sebagai tokoh sentral, sekaligus tamu istimewa di kawasan eko wisata “Gunung Api Purba”

Kemunculan Jaka Tarub tersebut dikemas dalam sebuah kreativitas tinggi oleh karangtarunayang tergabung dalam  “Karang Taruna Bukit Putra Mandiri”.  Sekelompok pemuda yang juga sebagai pengelola kawasan Gunung Api Purba Desa Nglanggeran.

Kemunculan kelompok teather pada dasarnya dilatarbelakangi oleh upaya untuk menambah icon pariwisata di kawasan ini.  Kelomok Teather ini bernama “The Comberan”. Sebuah nama yang diambil dari salah satu sudut dikawasan Gunung Api Purba yang merupakan salah satu lokasi di Puncak Gunung yang sakral, “Comberan”, namanya. Tempat itu sering digunakan untuk bertapa bagi mereka yang percaya akan mendapatkan hal yang diinginkannya.

Berkenaan dengan itu, kelompok  teather dan segenap unsur pendukungnya, bersepakat menggunakan kata “Comberan” sebagai nama identitasnya. Harapan dari pengambilan nama ini, kelak “The Comberan” diharapkan akan menjadi  sebuah kelompok teather yang ‘diperhitungkan’ di kancah dunia teather dan menjadi icon baru (the new destination) pariwisata di Gunung Api Purba pada khususnya dan Gunungkidul pada umumnya. Semangat untuk terus belajar adalah modal utama dari kelompok ini.

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , , , , .

Even Rasulan (Bersih Desa) yang semakin digemari wisatawan Video Gunung Api Purba

5 Komentar Add your own

  • 1. aris  |  Desember 21, 2009 pukul 11:03 pm

    Desa nglaggeran adalah gudangnya seniman ( kethoprak) Dulu setiap ada acara remi ataupun lainnya selalu nanggap kethoprak. Maka tidak heran jika bermunculan seniman-seniman muda berbakat. bravo

    Balas
  • 2. oni danish  |  Desember 28, 2009 pukul 9:35 pm

    Semoga akan dpt smakin mgembangkan kreatifitas BPM & ada nilai2 positif yg bs diambil untuk masa kini dan yg akan datang.Amin

    Balas
  • 3. Sugeng Kurniawan  |  Januari 7, 2010 pukul 2:23 am

    artikel bagus 🙂

    ijin nyimak dulu …

    Balas
  • 4. rahmat  |  Januari 12, 2010 pukul 11:22 am

    maju terus…
    dengan segala do’a dan usaha
    tingkatkan promosi wisata alam

    Balas
  • 5. ANTOK  |  April 4, 2010 pukul 4:31 pm

    sipppp……

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: