Flying Fox di Gunung Api Purba

April 21, 2010 at 10:13 am 7 komentar


Salah satu kegiatan yang menguji nyali sekaligus mengasyikan adalah bermain flying fox. Flying Fox adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu. Kawasan Gunung Api Purba sangat cocok untuk melakukan kegiatan ini karena dari bentuk kawasannya yang banyak tebing, dan juga pohon yang bisa dan memungkinkan untuk kegiatan ini.

Flying Fox di Gunung Api Purba

Perdana melakukan flying fox di Gunung Api Purba secara ramai-ramai dan dihadiri tidak kurang dari 70 orang pengunjung terjadi pada hari Minggu, 18 April 2010. Dalam kegiatan even ini pengelola (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri) melakukan kerjasama dengan salah satu group jejaring di facebook, yaitu Group facebook “Wisata Gunungkidul” yaitu salah satu group yang terbentuk karena keinginan memajukan wisata di Gunungkidul dengan mengenalkan potensi yang luar biasa banyaknya di gunungkidul namun karena masih dirasa kurangnya promosi dan juga promosi yang kurang bisa kena sasaran maka Mas Hery Fosil membuat group tersebut. Mas Hery (admin FB Wisata Gunungkidul) menuturkan “kita menggunakan momen ‘orang demam facebook’ untuk mengenalkan potensi wisata di Gunungkidul yang dengan facebook kita dapat melakukan promosi yang efektif.” “Pada saat ini masyarakat kita hampir semuanya mengakses dan punya icon FB maka hal ini menjadi sangat efektif untuk mengenalkan wilayah kita”, imbuhnya. Hal itu memang terbukti, dalam waktu sekejab lokasi yang dirasa menarik dalam sebuah FB akan mendapatkan banyak penggemar yang bergabung, seperti halnya Group FB “Gunung Api Purba Nglanggeran” yang dibuat oleh penulis (Sugeng Handoko Purba) dalam kurun waktu 2 bulan sampai saat ini penulis merelease tulisan ini (21 April 2010) sudah mendapatkan 1.048 penggemar dan selalu meningkat.

Kerjasama yang dilakukan pengelola dan juga “FB Wisata Gunungkidul” ini juga didukung salah satu team yang memiliki alat panjat tebing dan flying fox “Mbah Dadi”. Beliau dengan sukarela memfasilitasi kegiatan ini dan melakukan kegiatan bersama “Dolanan Bareng” main flying fox sampai satu hari di kawasan Gunung Api Purba. Mbah Dadi dengan sukarela dan ikhlas karena melihat semangat dari pengelola yang dikelola oleh generasi muda yang peduli dengan lingkungannya ingin mensejahterakan masyarakat. Harapan kedepan kami kita bisa melakukan kerjasama untuk pembuatan fasilitas permainan flying fox secara permanen dikawasan ini.

Saat kegiatan ini penulis (Sugeng Handoko) juga sedikit terkejut dengan hadirnya Pak Sudodo (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul) bersama pak Birowo (kepala bagian Pengembangan) dan pak Yunus (lupa jabatannya tapi kayaknya kepala Peningkatan SDM). Kenapa terkejut??? Iya ternyata Bapak dari kepala dinas pariwisata sangat respon dan mendukung kegiatan-kegiatan kami. Malam sebelum pelaksanaan kegiatan saya memberanikan diri menyampaikan informasi yang akan dilaksanakan walau tidak menggunakan undangan resmi hanya lewat HP tapi beliau sangat mensuport kegiatan positif ini dengan menyempatkan diri meninjau dan melihat kegiatan yang kami adakan.

Dan bapak kepala Dinas Kebudayaan Dan pariwisata Gunungkidul berpesan dan mendukung kegiatan2 yang dilakukan oleh generasi muda yang tergabung dalam Group FB “Wisata Gunungkidul” dan beliau berharap bisa melakukan diskusi dan berkumpul bareng pada even/kegiatan tertentu dan mengundang dinas. Hal itupun disambut baik oleh teman-teman dari Group FB yang diwakili oleh admin Wisata Gunungkidul. Dan akan diadakan pembahasan lagi kapan waktu yang tepat untuk acara tersebut.

Harapan kami dengan adanya keselarasan dan dukungan dari berbagai pihak kawasan ekowisata Gunung Api Purba dapat menjadi kawasan yang semakin maju dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dan masyarakat gunungkidul pada umumnya.

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , .

Pembangunan Fasilitas Wisata secara Mandiri Sepenggal cerita rakyat

7 Komentar Add your own

  • 1. Hery Fosil  |  April 21, 2010 pukul 11:51 am

    Ok, pokoknya mantap untuk membangun Wisata Gunungkidul menjadi lebih baik dan lebih maju, berbuat yang kecil yang sederhana mungkin akan lebih bermakna

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  April 21, 2010 pukul 11:38 pm

      oke mas hery terimakasih banyak atas bantuannya kemarin…

      Balas
  • 3. pdsaputro  |  April 21, 2010 pukul 11:57 am

    saya sebagai salah satu “penikmat alam” di gunungkidul, ikut mendukung tempat ini mas,,apalagi saya sudah sejak beberapa tahun yang lalu suka naik ke gunung ini (langgeran).

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  April 21, 2010 pukul 11:38 pm

      oke ditunggu kedatangannya lagi…

      Balas
  • 5. Habib  |  Mei 14, 2010 pukul 12:29 am

    Aq dah pernah ke sana mas… Klo boleh usul, d tmbah fasilitas paralayang, sensasi n view pasti tmbah bagus klo d lhat smbil terbang… N jga bsa menambah daya pikat wisatawan…

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Mei 18, 2010 pukul 1:34 pm

      Oke terimakasih atas kunjungannya dan juga usulanya, Paralayang ide yg briliant tapi kita ada kendala pada pendanaan, bagi yg pingin bekerjasama nanti bisa kerjasama dg kami….

      Balas
  • 7. Catatan ditahun 2010 « Gunung Api Purba  |  Januari 9, 2011 pukul 9:13 pm

    […] Bulan April, tanggal pastinya penulis tidak ingat. membuat even perdana yaitu outbond di Gunung Api Purba dengan bekerjasama dengan Fan Page Facebook WISATA GUNUNG KIDUL, saat itu dihadiri juga oleh bapak Sudodo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul saat itu,ternyata beliau respon ke kegiatan kami sangat baik. Saya sebatas mengabari di kawasan kami ada kegiatan via sms tapi beliau menyempatkan diri bersama pak Birowo (Kepala Bidang Pengembangan pariwisata) dan Pak Yunus. Selengkapnya SINI […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: