Fauna Langka di Gunung Purba Nglanggeran

Juni 8, 2010 at 6:47 pm 2 komentar


Ini ada berita tentang Pelestarian Lingkungan di Gunung Api Purba Nglanggeran, disini saya copy semua isinya tanpa ada perubahan dari kompas. Bisa diliat disumbernya langsung.

Rabu, 2 Juni 2010 | 15:04 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS – Atas inisiatif sendiri, pemuda karang taruna di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, mulai mendata fauna dan flora langka di gunung api purba Nglanggeran. Warga sempat menyelamatkan dua ekor anakan macan cecep yang akan dijual penemunya.

Namun, macan cecep itu mati setelah lima hari dalam perawatan. Selain menemukan anakan macan cecep, pemuda karang taruna sempat menjumpai kotoran macan kumbang. Gunung Nglanggeran juga diyakini pernah menjadi habitat harimau jawa sebelum akhirnya punah. “Banyak goa yang belum bisa kami jelajahi karena keterbatasan alat,” kata pemuda karang taruna, Triyanto, Selasa (1/6).

Anakan macan cecep yang sempat akan dijual itu masih sangat muda. Hingga kini, warga belum menemukan indukan macan yang terancam punah itu. Sejauh ini, pemuda karang taruna Desa Nglanggeran telah mendata beberapa jenis fauna lain seperti landak, luwak, elang gunung, ular, dan burung sriti.

Ketua Karang Taruna Bukit Putra Mandiri Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan, pendataan fauna dan flora di Gunung Nglanggeran akan terus berlanjut setelah dilakukan selama tiga bulan terakhir. Melalui pendataan itu, menurut Sugeng, diharapkan warga bisa menyadari kekayaan alam yang dimiliki sehingga menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestariannya.

Pada awal Juni ini, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta akan turut terlibat dalam pendataan flora Gunung Nglanggeran. Beberapa flora langka seperti cendana liar dan pohon pakis bisa ditemui di Gunung Nglanggeran.

Menurut Sugeng, masyarakat kerap memperjualbelikan satwa dan flora langka untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Dua anakan macan cecep, misalnya, hanya dijual Rp 80.000.

Gunung Nglanggeran menjadi habitat cocok bagi satwa dan flora langka karena memiliki lebih dari 28 mata air. Gunung yang saat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan itu pernah aktif sekitar 70 juta tahun lalu. (WKM)

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/02/15045897/fauna.langka.di.gunung.purba.nglanggeran

Entry filed under: Penyelamatan Lingkungan. Tags: , , , , .

Pembentukan Team Ekspedisi Penyelamat Fauna dan Flora di Gunung Api Purba Tempat Pendaftaran Jelajah Wisata Gunung Api Purba 2010

2 Komentar Add your own

  • 1. ryo4life  |  Juni 8, 2010 pukul 6:58 pm

    Tambah gambar dong bos… biar seru… Kunjungi juga ya http://indonesia4lifetransferfactors.wordpress.com/

    Tq, Ryo4life.

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Juni 8, 2010 pukul 7:48 pm

      Terimakasih atas masukannya besok akan kita tambah, kalo ini dari kompasa dan ga ada gambarnya juga, makanya ga dikasih. he he he..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: