Pembentukan Team Ekspedisi Penyelamat Fauna dan Flora di Gunung Api Purba

Juni 8, 2010 at 6:38 pm Tinggalkan komentar


Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan tempat tujuan wisata baru (the new destination) yang berada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, DIY ternyata memiliki berbagai aneka macam jenis flora dan fauna. Hal tersebut menjadikan sumber inisiatif bagi karang taruna setempat (karang Taruna Bukit Putra Mandiri) untuk bisa menginventarisir dan juga selalu menjaga keunikan dan selalu melestarikannya tanpa diganggu oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

Sebagai upaya untuk penyelamatan lingkungan dan juga petugas pendata dari keaneka ragaman flora dan fauna yang ada maka Karang Taruna Bukit Putra Mandiri secara inisiatif sendiri membentuk sebuah team pencari fakta dan juga team penyelamat. Disebut team pencari fakta karena karang taruna selaku pengelola kawasan ekowisata ingin membuktikan dan mencoba mendapatkan gambar harimau, fauna langka yang masih sering disebut-sebut oleh warga masyarakat masih ada di Gunung Api Purba. Tidak hanya satu atau dua orang menyebutkan masih adanya “harimau loreng” yang berada di sekitar Gunung Api Purba sebelah timur didalam gua. Namun hanya orang-orang tertentu yang sedang mencari rumput saja secara tidak sengaja melihatnya karena lokasi yang diyakini tempat tinggal dari harimau ini jauh dari jalur pendakian dan rute menuju puncak Gunung Api Purba.

Karang Taruna Bukit Putra Mandiri membentuk team ekspedisi ini sejak Minggu 4 April 2010 (disekretariat karang taruna) pada saat rapat koordinasi dan melakukan pembahasan program kerja serta evaluasi dalam pengelolaan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang semakin rame dikunjungi oleh wisatawan. Team Ekspedisi Pencari fakta dan Penyelamat ini terdiri dari 8 orang yang diketuai oleh Triyanto dan beranggotakan Suranto, Sugeng Handoko, Triana, Aris Budiyono, Heru Purwanto, Sutoyo, dan Sutikno. Adapun tugas dari team ini adalah :

  1. Mengidentifikasi dan mencatatat beberapa hasil temuan dari flora dan fauna di Gunung Api Purba Nglanggeran.
  2. Melakukan pengawasan dan juga perlindungan terhadap segala flora dan fauna yang ada di Kawasan Ekowisata dan umumnya di Desa Nglanggeran.
  3. Menyusun aturan-aturan terkait perlindungan dari flora dan fauna yang ada.
  4. Menginformasikan segala macam bentuk informasi tentang flora dan fauna yang ada kepada pengunjung dan wisatawan serta mengajak untuk selalu melestarikan lingkungan karena dari anggota team ini juga termasuk dalam pemandu wisata.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait penyelamatan lingkungan
  6. Memberikan motifasi dan ajakan kepada seluruh anggota karang taruna untuk menjaga dan selalu merawat dari tanaman yang ditanam wisatawan yang merupakan salah satu paket wisata dan juga tanaman yang ditanam oleh anggota karang taruna.
  7. Dll

Beberapa tugas diatas merupakan contoh kegiatan yang menjadi tanggung jawab dari team ekspedisi yang dibentuk dan dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh seluruh anggota Karang Taruna Bukit Putra Mandiri.

Oleh : Sugeng Handoko

Entry filed under: Penyelamatan Lingkungan. Tags: , , , , , , .

Even Jelajah Wisata Alam Penelusuran Gunung Api Purba 1 Agustus 2010 Fauna Langka di Gunung Purba Nglanggeran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: