Pohon Termas( tanaman obat )

Juli 6, 2010 at 3:28 pm 3 komentar


Tanaman obat termas sudah ditemukan oleh nenek moyang masyarakat sekitar Gunung Nglanggeran/Gunung Api Purba dilokasi lereng Gunung Nglanggeran tepatnya disebelah timur Sumber Kalisong kira-kira 100 meter dari Sumber kalisong. Tanaman ini hidup menempel di Lereng Gunung Nglanggeran. Menurut cerita dari masyarakat disekitar Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, sudah diyakini kira-kira pada tahun 1898 masyarakat yang sakit akan sembuh dengan meminum getah dari tanaman pohon termas ini. Namun tidak semua orang dapat mengambil dan memanfaatkan getah dari tanaman berbentuk menjalar ini. Hanya sang Juru Kunci yang dapat mengambil getah ini agar dapat digunakan sebagai obat untuk segala macam penyakit. Kemampuan Sang Juru Kunci diturunkan secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Namun dengan seiring berjalannya waktu Sang Juru Kunci membudidiyakan tanaman termas ini didekat rumahnya agar dapat memenuhi permintaan konsumen, sekaligus mempermudah dalam pengambilan getahnya.

Tanaman Obat Termas di Gunung Api Purba

Beberapa macam penyakit yang dapat disembuhkan oleh khasiat dari getah ini diantaranya adalah : Lever, Stroke, Ambien, Batu Ginjal, Paru-paru, Lumpuh, dll. Hingga saat inipun masih banyak dari berbagai pasien yang berdatangan dari berbagai daerah karena telah merasakan khasiat dari getah pohon termas ini dapat menyembuhkan penyakit yang diderita.

Terdapat lokasi ritual dipangkal pohon ini, berupa semacam sesaji dan abon-abon kalo orang menyebutnya terdiri dari minyak wangi, beberapa batang rokok khusus, bunga, dan berbagai macam pirantinya. Sang juru kunci biasanya mendapatkan uang terimakasih untuk salah satu syarat abon-abon juga. Namun tidak mematok harga karena itu merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Sering dari pengunjung hanya membawa botol bekas minum seperti aqua untuk nantinya membawa air termas ini.

Hingga saat ini belum pernah dilakukan uji di laboratorium untuk mengetahui kandungan dari getahnya. Tanaman termas ini tidak boleh sembarangan orang menbudidayakan dan mengkomersilkan khasiatnya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat dan juru kunci tanaman ini tidak boleh sampai keluar dari Desa Nglanggeran, yaitu desa yang asal katanya Planggaran (melanggar) dan siapapun yang melanggar akan ketahuan dan mendapatkan sanksi/hukuman baik secara langsung maupun tidak langsung. Pernah terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan ketika ada seseorang yang mengkomersilkan getah tanaman obat ini dikemas dalam sebuah gelas plastik kemudian diberikan label harga. Selang beberapa waktu orang tersebut terkena musibah, sakit yang aneh dan sudah dibawa kedokter namun tidak kunjung sembuh dan akhirnya meninggal dunia.

Bagi yang berminat untuk mendapatkan obat dari berbagai jenis penyakit diatas dapat menghubungi Sang Juru Kunci yaitu Bpk. Rejo Keman dengan lokasi Blimbing, Nglanggeran Kulon, Patuk, Gunungkidul. Atau bisa dengan melalui penulis (Sugeng Handoko) yang merupakan cucunya juga lewat no HP : 081802606050 atau email/YM :handoko88_jogja@yahoo.co.id

Iklan

Entry filed under: Misteri dan Nilai Sejarah. Tags: , , , , , , , .

Ketidak konsistenan dari oknum Instansi Visit Jogja Year 2012

3 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Live In Programe, Program Unggulan Wisata Edukasi di Desa Wisata Nglanggeran.
.
Live In Program SMA K IPEKA Puri Indah Jakarta 14 - 16 November 2017. Memberikan pengalaman akan kehidupan sosial masyarakat desa dengan edukasi berkegiatan bersama kelompok - kelompok pemberdayaan masyarakat di desa wisata nglanggeran. Memupuk rasa empati, toleransi, dan kemandirian.., semoga dengan menjadi warga nglanggeran walau sesaat dapat bermanfaat bagi adik - adik ini. Selamat jalan dan jangan lupakan keluarga kami di Desa ini. #DesaWisata #LiveInPrograme #InovasiDesa #GunungApiPurba #DesaWisataNglanggeran

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 432,996 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


%d blogger menyukai ini: