Kegiatan Kerjabakti, rutinitas penyelamatan lingkungan

Juli 16, 2010 at 11:57 am Tinggalkan komentar


Dalam kehidupan bermasyarakat, kita tidak bisa hidup secara sendiri walau secara materiil serba kecukupan. Masih adanya komunikasi dan kerjasama dengan orang lain atau kelompok. Tidak hanya itu saja kita perlu melakukan aksi peduli dan cinta lingkungan agar ada ikatan kebersamaan dan rasa memiliki terhadap lingkungan dimana kita bertempat tinggal. Hal itu pula yang dilakukan oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri Desa Nglanggeran di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba.

Kerja bakti oleh karang Taruna Bukit Putra mandiri

Anggota yang selalu Giat membersihkan sampah

Istirahat dan makan bersama mempererat kekompakan

Demi terjalinnya kekompakan dan kerjasama yang baik setiap 2 minggu sekali dilakukan kerjabakti secara bersamaan dari pengurus dan anggota untuk membersihkan kawasan ekowisata tersebut dari kotoran maupun sampah dari sisa wisatawan yang belum mempunyai kesadaran yang tinggi. Selain kegiatan rutin 2 minggu sekali “Laskar Purba” yang merupakan sebutan bagi pemuda yang aktif mengelola wisata tersebut juga melakukan aksi bersih gunung setiap selesai diadakannya even kemah wisata maupun kegiatan makrab agar kawasan tersebut tetap bersih dan tidak merusak lingkungan yang ada.

Kerjabakti yang dilakukan secara rutin memiliki dampak positif antara lain menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan peduli kepada lokasi mereka tinggal, selain itu terjalin ikatan sinergi antar satu orang dengan orang lain, adanya kesamaan tidak adanya jenjang pendidikan, pekerjaan serta jabatan. Semuanya melakukan sebuah pekerjaan yang sama secara bersama-sama tanpa mendapatkan sebuah hasil materiil/bayaran. Hal semacam ini mungkin sangat jarang dan kita temui dikota-kota besar ataupun didaerah yang sudah lebih mementingkan keuntungan pribadi. Dengan adanya kegiatan kerja bakti secara tidak langsung kita memiliki manfaat penyelamatan lingkungan yang ganda, selain lingkungan menjadi bersih juga tertanamkan sebuah rasa memiliki pada lingkungan bumi tempat kita tinggal ini. Harapannya tidak akan ada orang yang membuang sampah sembarangan lagi setelah memiliki kesadaran yang utuh.

Harapan kami kedepan dengan adanya Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran kita bisa ikut menyebarkan informasi dan juga melakukan kampanye cinta lingkungan kepada wisatawan yang hadir yang mulai kita rintis dari organisasi kami sendiri. Sampai saat ini beberapa hal yang terkait cinta lingkungan dalam melakukan kampanye cinta lingkungan ada paket “tanam pohon” yang wajib dilakukan oleh kelompok wisatawan baik kegiatan kemah maupun makrab. Semoga akan tertanam juga cinta lingkungan dari semua wisatawan yang berwisata di Desa Nglanggeran. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…! (sugeng handoko)

Entry filed under: Penyelamatan Lingkungan. Tags: , , , , .

Kunjungan DPRD Komisi B Ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Kunjungan dan study Banding dari Timor Laste

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

NGLANGGERAN INSTAGRAM PHOTO COMPETITION #Nglanggeranmtb2018 Upload Foto Terbaikmu dengan Tema Nglanggeran Mountain Bike 2018 Kami pengelola Desa Wisata Nglanggeran akan bagi-bagi hadiah dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kompetisi ini berlaku untuk umum dan bagi siapa saja boleh mengikuti. Bagaimana caranya? Sangat mudah berikut caranya: 1. Follow IG @gunungapipurba dan @griya.cokelat.nglanggeran 2. Upload foto dengan tema sepeda gunung di Instagram dan mention @gunungapipurba 3. Mention minimal 3 teman kamu 4. Beri Hastag wajib #nglanggeranmtb2018 #ayokenglanggeran 5. Foto yang diposting adalah foto milik sendiri dan belum pernah memenangkan lomba sebelumnya. 6. Tulis Caption menarik tentang bersepeda dan menginspirasi orang ingin berwisata ke Desa Wisata Nglanggeran Ketentuan Lomba : a.Peserta dibuka untuk umum b.Foto bebas sesuai kreativitas masing-masing c.Waktu, dibuka tanggal 16 Agustus-16 September 2018 Batas pengumpulan: 31 Agustus 2018. Tanggal penjurian dan pengumuman: 23 September 2018 d. Hadiah pemenang Juara 1 : Uang Tunai Rp. 500.000 +Bingkisan Produk Griya Cokelat Nglanggeran Juara 2 : Uang Tunai Rp. 400.000 +Bingkisan Produk Griya Cokelat Nglanggeran Juara 3 : Uang Tunai Rp. 300.000 +Bingkisan Produk Griya Cokelat Nglanggeran e.Hasil karya yang dinyatakan menjadi pemenang akan menjadi hak sepenuhnya pihak pengelola dan Pemenang mengirimkan file asli ke email gunungapipurba@gmail.com f. Jumlah like dan komen menjadi salah satu unsur penilaian g. Ketentuan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat :) Yuk mulai motret sekarang, dan upload foto terbaikmu. #Nglanggeranmtb2018 #GunungApiPurba #GriyaCokelatNglanggeran #DesaWisata #GeositeNglanggeran #AyokeNglanggeran

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 455.965 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


%d blogger menyukai ini: