Inilah Rute Menuju Gunung Api Purba

Agustus 5, 2010 at 2:29 pm Tinggalkan komentar


Terimakasih kepada Kompas yang telah banyak membantu kami dalam publikasi, salah satunya adalah artikel berikut dari Mbak Mawar. dan saya minta ijin untuk menguploadnya di Blog kami.

Berikut Sumbernya: http://regional.kompas.com/read/2010/08/01/15470941/Inilah.Rute.Menuju.Gunung.Api.Purba-14

Dan ini adalah isinya ditambahi rute oleh Admin Blog ini.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebutkan kawasan Gunung api purba Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata.

“Kawasan ini memiliki potensi yang bisa dikembangkan guna memajukan industri pariwisata daerah, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” kata gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir Abdullah pada pelepasan peserta Jelajah Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, di Patuk, Gunung Kidul, Minggu (1/8/2010).

Menurut Sultan, industri pariwisata perlu dikembangkan untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Apalagi, kepariwisataan DIY saat ini berada di peringkat dua setelah Bali,” katanya.

Ia mengatakan potensi industri pariwisata DIY yang didukung dengan keanekaragaman objek dan kesiapan sarana serta prasarana penunjang, ditambah dengan sumber daya manusia yang berkualitas, diharapkan bisa dikembangkan optimal. “Untuk itu, potensi-potensi lokal dapat dijadikan ikon wisata, di antaranya dengan memunculkan desa wisata, agro wisata, wisata kuliner, serta penyelenggaraan kegiatan massal seperti Jelajah Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini.

Namun, gubernur DIY mengingatkan kekayaan maupun potensi lokal sebagai modal dasar tersebut, pemanfaatan dan pengembangannya harus benar, tepat, realistis, serta berkesinambungan.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sumpeno Putro mengatakan potensi alam yang mendukung sektor pariwisata harus memperoleh perhatian tersendiri untuk digarap sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Ketua Pengelola Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handaka mengatakan jumlah peserta jelajah wisata gunung api purba ini melampaui target.

Menurut dia, jumlah pesertanya sekitar 3.200 orang, atau melebihi kapasitas, padahal pihaknya telah menolak permintaan tiket, baik perorangan maupun rombongan. “Bahkan kami menolak rombongan pendaftar yang jumlahnya 100 orang lebih,” katanya.

Para peserta datang dari sejumlah kabupaten di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sebagian dari peserta tergabung dalam jaringan pariwisata Karismapawigoro, yaitu Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Magetan, Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo.

Ketinggian 200-700 mdpl

Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Gunung api purba itu berada di kawasan Baturagung, bagian utara wilayah Gunung Kidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl (meter di atas permukaan laut), dengan suhu udara rata-rata 23 derajat celcius -27 derajat Celcius.

Rute Ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Rute Ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Dari kota Wonosari jarak tempuhnya 20 kilometer untuk sampai ke gunung api purba tersebut. Sedangkan dari kota Yogyakarta, sejauh 25 kilometer.

Ada dua jalur jalan untuk menuju ke lokasi itu. Jika dari Wonosari bisa melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan ke arah Dusun Bobung (pusat kerajinan topeng), kemudian menuju Desa Nglanggeran. Sedangkan jika dari Yogyakarta, ketika sampai Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok ke kiri hingga sejauh tujuh kilometer (arah ke Desa Ngoro-oro yaitu lokasi beberapa stasiun transmisi ), kemudian menuju Desa Nglanggeran hingga sampai Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran.

Entry filed under: Kliping, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , .

Tempat Hash Baru di Jogja yang unik Jelajah Wisata Alam 2010 Gunung Api Purba Banyak Peminat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: