Kemeriahan Jelajah Wisata 2010 Gunung Api Purba

Agustus 5, 2010 at 8:17 pm 2 komentar


Sejak hari Jum’at 3 hari sebelum hari Minggu, 1 Agustus 2010 sudah terlihat persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Panitia Jelajah Wisata Alam 2010 Gunung Api Purba. Pemuda Karang Taruna Bukit Putra Mandiri juga sudah mulai fokus persiapan karena untuk pendaftaran peserta sudah melebihi target 3000 peserta sejak hari Rabu 28 Juli 2010 padahal penutupan tanggal 30 Juli. Peserta jelajah Gunung Api Purba 3200 melebihi target yang ditentukan oleh Panitia, namun sebenarnya masih bisa bertambah lagi dan banyak pendaftar yang masih menghubungi untuk mendaftar baik ndividu maupun kelompok. Hampir 100an lebih yang masih mau mendaftar di Sekretariat karang Taruna namun instruksi dari Dinas Pariwisata DIY untuk menutup pendaftaran karena kaos peserta sudah habis semua.

Kemeriahan terlihat pada hari pelaksanaan kegiatan Minggu,1 Agustus 2010 peserta berbondong-bondong memenuhi Lapangan karang dimana pusat kegiatan dilaksanakan. Sejak pukul 06.30 kendaraan pribadi baik motor atau mobil ditata dengan rapi oleh petugas parkir di kantong-kantong parkir yang dikelola oleh masyarakat,Linmas dan Karang Taruna. Lebih dari 4000 orang (peeserta dan penggembira) berpusat pada satu kegiatan panggung diujung lapangan dimana panitia membacakan rincian acara dan sambutan dari Bapak Bupati Gunungkidul (Prof.Dr.Ir.H.Sumpeno Putro, Msc) dan juga sambutan dari Gubernur DIY yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata DIY (Tazbir,SH.Mhum).

Bupati Gunungkidul Mengibarkan Bendera Start

Bupati Gunungkidul Mengibarkan Bendera Start

Laju peserta serempak berwarna hijaupun mulai menggeliat berjalan setelah Bapak Bupati Gunungkidul melambaikan bendera digaris start tanda dimulainya jalan sehat menyusuri Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba.

Kemeriahan Peserta Jelajah

Kemeriahan Peserta Jelajah

Kesenian Rinding Gumbeng di Pos 2 (Kalisong)

Kesenian Rinding Gumbeng di Pos 2 (Kalisong)

Dalam perjalan peserta disuguhi beberapa hiburan tradisional antara lain pentas Kesenian Siteran di Pos 1 (sekitar Gunung Pendhem) Pentas Kesenian Jathilan dari Nglanggeran Wetan di sekitar Kaliwiyu, Pentas Kesenian Rinding Gumbeng diPos 2 (pintu masuk objek wisata /Kalisong), dilanjutkan Pentas Kesenian Jathilan dari Nglanggeran Kulon di Balai Desa Nglanggeran Kulon. Pada Pos 3 dilakukan penandaan pada kupon undian yaitu didepan halaman pak Hartono.

Peserta kembali ke pusat kegiatan di lapangan karang untuk mengambil makan siang diselingi hiburan Kesenian Elektone Kendang dengan bintang tamu Tejo, Dora dan Edy Laras. Lantunan lagu-lagu Jawa dari Dimas Tejo semakin menambah kemeriahan acara jelajah wisata alam gunung Api Purba. Ditampilkan juga Pentas Line Dance dari IYODI-Wonosari yang terdiri dari anak-anak seusia SLTP.

Hal yang paling ditunggu-tunggu adalah pembagian doorprize, satu persatu door-prize dibagikan kepada peserta jelajah, mulai dari yang terkecil dari sponsorship sampai hadiah utama berupa 2 motor suzuki Titan. Semua peserta berharap nama dan nomor kuponnya disebutkan dan dipanggil untuk naik panggung. Namun bagi mereka saja yang beruntung yang pulang dengan membawa hadiah, baik TV, Radio, HP, Dispenser, Kipas Angin, Uang Tabungan dari BPD, Sepeda Gunung, doorprize dari sponsor, dan ada juga hadiah Doorprize yang dari masyarakat Desa Nglanggeran yang bekerja di Semarang “Keluarga Noto Suparto” memberikan sumbangan doorprize juga untuk dibagikan. Kami selaku panitia sangat bergembira karena dari anggota masyarakat Nglanggeran memiliki ikatan yang kuat untuk partisipasi pembangunan daerahnya.

Setelah semua doorprize telah dibagikan dan acara ditutup semua peserta secara tertib menuju kantong-kantong parkir dimana mereka menitipkan kendaraannya dan pulang meninggalkan lokasi kegiatan. Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang memeriahkan dan membuat lancar acara ini. Harapan kami dengan adanya even ini keberadaan Gunung Api Purba Nglanggeran semakin dikenal. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!!(Sugeng Handoko)

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , , , .

Jelajah Wisata Alam 2010 Gunung Api Purba Banyak Peminat Jelajah Wisata Alam 2010 Diikuti 3200 Peserta

2 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: