Tempat Makrab Baru di Jogja

Agustus 26, 2010 at 11:32 am 13 komentar


Yogyakarta sebagai kota pelajar yang memiliki banyak sekali sekolahan dan juga universitas serta berbagai macam kegiatan kemahasiswaan dan kepemudaan. Hampir setiap tahun ajaran baru ada kegiatan bersama teman-teman sekolahan maupun mahasiswa baru untuk melakukan kegiatan yang biasanya disebut dengan Makrab (Malam Keakraban) ada juga menyebutnya dengan Reorganisasi. Disekitar Yogyakarta banyak sekali tempat-tempat yang sering dan biasa digunakan untuk kegiatan Makrab mahasiswa maupun untuk kegiatan Outbond antara lain Kali Urang, Kalikuning, Keteb, Pantai Baron, Pantai Siung, dan masih banyak lagi.

Persiapan kegiatan Outbond mendaki Gunung Api Purba

Persiapan kegiatan Outbond mendaki Gunung Api Purba

Kegiatan Api Unggun dan malam keakraban

Kegiatan Api Unggun dan malam keakraban

Kini ada lokasi baru nih…. buat kalian yang merasa mungkin sudah “jenuh” dengan tempat-tempat yang sudah biasa digunakan untuk makrab diatas. Dimana….???? Wah pokoknya tempatnya asyik, menarik, kondusif, harga miring, banyak kegiatan Outbond, lokasi dekat dari Jogja. Lokasinya bernama “Gunung Api Purba” atau sering disebut Juga Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, ada juga yang menyebutnya “Gunung Nglanggeran” karena Lokasinya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Gunung Api Purba merupakan Wisata barunya Jogja, terletak disebelah Timur kota Yogyakarta berjarak hanya 25 KM saja dan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya 35-40 menit sudah sampai bagi yang sudah terbiasa. Namun kalo lagi pertama kali waktu 50-60 menit maksimal untuk sampai di kawasan ini. Banyak keistemewaan-keistemewaan yang ditawarkan sebagai lokasi makrab di Gunung Api Purba ini diantaranya :

  1. Jarak yang relatif dekat dengan kota Yogyakarta sehingga miminimalkan waktu dan biaya transport.
  2. Berada disebuah desa yang asri dan kondusif untuk melakukan berbagai kegiatan makrab yang tidak terganggu oleh kegaduhan jalan raya.
  3. Terdapat Gunung Api Purba yang pernah aktif 60 Juta tahun yang lalu dengan ketinggian puncak 700mdpl, luas 48 ha dengan adanya bumi perkemahan dan lapangan yang sering digunakan untuk kegiatan mahasiswa.
  4. Kegiatan dikawasan Gunung Api Purba bisa dilaksanakan pada malam hari untuk pendakian dengan dapat menyaksikan keindahan kota Yogyakarta, sore harinya dapat menyaksikan Sunset, dan pagi jika kita bermalam dipuncak bisa menikmati indahnya Sunrise.
  5. Pengelola kawasan Ekowisata Gunung Api Purba adalah pemuda-pemudi Karang Taruna Desa Nglanggeran yang tergabung dalam “Karang Taruna Bukit Putra Mandiri” sehingga mudah untuk melakukan koordinasi dan penyiapan konsep kegiatan karena terdiri dari pemuda-pemudi yang siap bekerjasama.
  6. Adanya pemandu yang mengawal dan membantu kegiatan Makrab saat melakukan pendakian pada malam hari maupun siang hari.
  7. Terdapat banyak kegiatan Outbond diantaranya : Flying Fox, Panjat Tebing, Rafling dan berbagai kegiatan Outbond yang disiapkan sesuai keinginan dari Panitia.
  8. Menyediakan Fasilitas lengkap dari Transportasi PP dengan harga terjangkau daripada memesan sendiri dari Jogja (pengalaman yang sudah pernah melakukan) karena Pengelola memiliki canel transportasi Bus, Truk, Pick Up (hubungi : Sugeng Handoko), Fasilitas makanan, Fasilitas Penginapan, Fasilitas MCK, Fasilitas Pendopo pusat Kegiatan, Fasilitas Sound System, dan Fasilitas Api Unggun.
  9. Adanya ikatan silaturahmi dan ramah tamah dari pengelola dengan peserta dan panitia makrab sehingga sistem kekeluargaan terjalin dalam kegiatan ini merupakan pelajaran dan nilai tambah yang tidak ternilai bagi kita.
  10. Adanya penanaman cinta lingkungan yang harus ditekankan disaat melakukan kegiatan dikawasan ekowisata ini karena pada intinya “ekowisata” adalah wisata yang bertanggung jawab jadi siapapun yang masuk dalam kawasan ini harus bertanggung jawab untuk tetap menjaga lingkungannya.

Terus untuk mau kelokasi ini gimana???? Jangan bingung tempatnya sangat mudah dicari. Dari Yogyakarta — Arah Kota Wonosari — Piyungan — Bukit Bintang (Patuk) — Radio GCD FM — Belok Kiri arah Desa Ngoro-oro (Tower-tower TV/Indosiar) — Desa Nglanggeran — Pendopo Joglo Kalisong. Ini ada Petanya.

Di Kawasan Ekowisata dan juga Desa Wisata ini juga terdapat pusat kerajinan gelang dari kayu yang dimana peserta makrab yang biasanya masih pelajar (SD, SMP) sering melihat ke lokasi ini untuk mengetahui proses produksinya dan belajar langsung.

Kepada panitia makrab, peserta, dosen maupun guru dapat mengabadikan kegiatan yang telah dilakukan di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dengan membuat release kegiatan dan foto kegiatannya untuk diupload di Blog, Website dan Facebooknya Gunung Api Purba. Release kegiatan yang sudah dibuat dikirimkan via email ke handoko88_jogja@yahoo.co.id atau secara langsung diserahkan pada pengelola (karang Taruna Bukit Putra Mandiri) di Sekretariat. Dengan adanya media publikasi ini kegiatan yang kita lakukan (oleh mahasiswa atau kelompok organisasi) dapat diketahui oleh khalayak ramai dan juga tetap akan tertulis dan menjadi sebuah kenangan di Gunung Api Purba.

Dari pesan dan kesan dari mahasiswa, pelajar SMA, SMK dan SMP yang telah melakukan kegiatan makrab maupun kemah di kawasan Gunung Api Purba merasa puas dan mendapatkan pengalaman menarik yang dimana keindahan, kekeluargaan, kebersamaan, dan suasana petualangan bercampur menjadi satu. Silakan buktikan sendiri dan rasakan keistimewaannya. (Sugeng Handoko) Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!!

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , , .

Cinta Lingkungan “mencari dana” dengan menulis Gunung Api Purba Nglanggeran, Desa Wisata yang dikelola Generasi Muda

13 Komentar Add your own

  • 1. Ery Wijaya  |  Agustus 27, 2010 pukul 4:54 pm

    Wah aku belum pernah ke sini neh, kedengarannya menarik🙂 perlu dikunjungin!

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Agustus 27, 2010 pukul 5:23 pm

      oke silakan dicoba mas…

      Balas
  • 3. dani  |  Oktober 25, 2010 pukul 8:06 pm

    t4 keren aku udh pernah makrab dsana ….

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Oktober 26, 2010 pukul 9:16 am

      Siph…. ditunggu kedatangannya lagi, ada foto2nya boleh diupload ke fbnya…

      Balas
  • 5. luthfan  |  November 20, 2010 pukul 11:33 am

    kalau mau sewa penginapan cp yg bisa di hubungi siapa ya??

    Balas
  • 7. Wendah  |  Juli 11, 2011 pukul 9:24 pm

    aq ge cari tmpat makrab.kira2 menginap cukup brapa orang.kami sekitar 120 an. btuh aula jg..

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Juli 12, 2011 pukul 11:00 am

      penginapan bisa mencapai 400an mahasiswa…. kita ada banyak penginapannya, untuk aula / pendopo kita juga ada kapasitas 150 orang bahkan pernah 200 orang muat …

      Balas
  • 9. ariski  |  Juli 13, 2011 pukul 12:54 pm

    ealah…deket rumahku…hahaha…tapi blom pernah kesana

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Juli 15, 2011 pukul 6:34 pm

      oke silakan dicoba yg dari luar negeri aja pada datang kok..

      Balas
  • 11. husna kartikasari  |  Desember 9, 2012 pukul 5:39 pm

    cari tempat makrab utk kirakira 250 orang. daftar harga bisa dilihat dimana ya ?

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  Desember 23, 2012 pukul 4:30 pm

      oke bisa contak 081802606050 atau pin BB: 27FA22BA nanti dikirim via email..

      Balas
  • 13. Dennis Saputro  |  April 3, 2013 pukul 12:10 pm

    kalau mau mengadakan kemah sekitar 10 orang, itu biayanya berapa? cara pendaftarannya juga bagaimana? tolong infonya🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: