Gunung Api Purba Nglanggeran Idola Baru Mahasiswa

September 26, 2010 at 6:14 pm 3 komentar


YOGYAKARTA, KOMPAS –

Kawasan Gunung Api Purba Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul semakin diminati sebagai wisata pendidikan, Siswa dari anak pendidikan Usia Dini, Taman Kanak-Kanak, sampai Perguruan Tinggi memanfaatkan keelokan alamnya untuk belajar mencintai alam sekaligus melestarikan Lingkungan. Mahasiswa dari hampir seluruh perguruan Tinggi di DI Yogyakarta mulai melirik kawasan ini untuk menggelar beragam kegiatan.

Gunung Purba Nglanggeran Idola Baru Mahasiswa

Gunung Purba Nglanggeran Idola Baru Mahasiswa

Memasuki ajaran baru gunung Nglanggeran menjadi tujuan utama menyelenggarakan malam keakraban bagi mahasiswa baru. Mahasiswa tertarik menggelar kegiatan di Gunung Nglanggeran karena murah sekaligus bisa mencicipi kehidupan pedesaan ala warga pelosok Gunungkidul. “Tiap bulan ada lebih 500 pengunjung yang didominasi oleh anak muda” ujar Kepala Bidang Pembangunan Desa Nglanggeran Triyanto, Kamis (2/9).

Beberapa perguruan tinggi yang menggelar malam keakraban di Gunung Nglanggeran adalah Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Gadjah Mada, Akademi Pariwisata Indonesia, dan Universitas Ahmad Jaya Yogyakarta. Pada akhir september ini ada 250 mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta juga akan menggelar malam keakraban di Gunung Nglanggeran.

Gunung Api Purba yang aktif pada 70 tahun yang lalu ini menawarkan keunikan bentang alam yang tersusun dari material vulkanik tua. Pengunjung dapat menyaksikan lubang bekas kawah dengan kawasan perbukitan yang didominasi batuan keras jenis breksi. Berbagai flora dan fauna langka seperti pohon cendana macan cecep bisa ditemui dikawasan \Gunung Nglanggeran.

Menurut Ketua Karang Taruna Bukit Putra Mandiri Desa Nglanggeran, Sugeng, Desa Nglanggeran juga akan menerima bantuan senilai Rp 100 Juta dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di bidang wisata. Sebelumnya pemerintah Desa Nglanggeran sempat membangun talud penguatan dan pemuda karang taruna mambangun MCK di kawasan objek wisata (WKM)

Sumber : Kompas

Iklan

Entry filed under: Kliping, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , , , , , .

Gunung Api Purba Nglanggeran, Desa Wisata yang dikelola Generasi Muda Bendera

3 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Desa Wisata Nglanggeran: Silaturahmi, Belajar dan Berbagi
.
Indahnya silaturahmi, belajar dan berbagi. Hari ini Rabu 23 Agustus 2017 dalam kegiatan bersama @mca_indonesia tentang Desa, Tentang Lingkungan, Tentang Usaha Ekonomi Desa dan juga Tentang BUMDesa. Sociopreneur sangat menarik memang ketika didiskusikan bersama @sugenghandoko dan @aris_budiyono sempat juga menikmati Cokelat Hangat di @griya.cokelat.nglanggeran Salam dari Desa Mari Membangun Indonesia dari Desa.
.
#DesaMembangunIndonesia #Gunungapipurba #Nglanggeran #GeoparkGunungsewu #Desamandiri #ContohDesaMandiri #Pariwisataberbasismasyarakat #wisatajogja #DesawisataTerbaikAsean #CBT #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia
#Desawisata #InovasiDesa#AyokeDesaWisata #MCAIndonesia

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 426,294 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


%d blogger menyukai ini: