Pesona Cadas Gunung Kidul

Oktober 5, 2010 at 10:09 pm Tinggalkan komentar


Terimakasih Kepada Kompas yang telah membantu kami (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri) yang telah membantu kami dalam mengenalkan Potensi Desa kami untuk di Jadikan sebagai Kawasan Ekowisata. Yang dikelola oleh karang taruna. Berikut Tulisan yang dimuat di Kompas .

Selasa, 9 Maret 2010 | 11:40 WIB

Gunung Kidul, Kompas – Kekayaan wisata Gunung Kidul ibarat mutiara terpendam. Semakin digali maka semakin kentara kecantikannya. Tak melulu hanya pantai, kawasan tanah cadas Gunung Kidul ini menawarkan butir-butir potensi wisata perawan. Hanya sekitar 30 persen dari total potensi wisata sudah digarap oleh pemerintah daerah. Masih banyak tawaran wisata yang layak dieksplorasi.

Dari tahun ke tahun, pendapatan sektor wisata di Gunung Kidul terus meningkat. Pendapatan wisata pada 2008 sebesar Rp 1,3 miliar dan meningkat menjadi Rp 1,6 miliar di tahun 2009 dengan jumlah pengunjung 529.319 orang. “Pengunjung terus membeludak. Kami targetkan 600.000 (orang) tahun ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunung Kidul Sudodo ditemui di kantornya, Senin (8/3).

Potensi pantai memang masih digadang-gadang sebagai ikon wisata utama. Dibandingkan dengan obyek wisata pantai lain di DIY, Gunung Kidul memiliki keunikan berupa hamparan pasir putih maupun pantai bertebing dengan panjang garis pantai sekitar 72 kilometer. Pantai bertebing menjadi surga pemancing, sedangkan pantai berpasir layak menjadi destinasi berlibur keluarga.

Sudodo mengungkapkan, kawasan tujuh pantai, yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, dan Pantai Ngandong, masih menjadi magnet andalan untuk meraih kunjungan wisatawan massal karena pertimbangan lokasi yang mudah dicapai.

Keberhasilan penghijauan dengan pohon rindang di beberapa pantai seperti Pantai Sundak, Pantai Baron, dan Pantai Wediombo membuat pengunjung betah berwisata di pantai, bahkan ketika cuaca terik. Turis asing mulai merambah beberapa pantai seperti untuk snorkling ataupun selancar di teluk sebelah barat Pantai Wediombo.

Infrastruktur

Kendala utama pengelolaan seluruh kawasan wisata terletak pada belum terbangunnya infrastruktur. Beberapa wilayah pantai juga masih belum dilengkapi penerangan listrik sehingga menyulitkan investor. Apalagi kucuran dana APBD 2010 Gunung Kidul untuk sektor wisata hanya sekitar Rp 1,2 miliar yang lebih banyak terfokus pada pemeliharaan sarana.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunung Kidul Birowo Adie menambahkan, Gunung Kidul memang dianugerahi kecantikan alam karena keunikan bentang alam berupa perbukitan karst yang merupakan bagian dari deretan karst Gunung Sewu. Tak hanya di wilayah selatan dengan kekayaan pantainya, keunikan bentang alam juga bisa dijumpai di wilayah utara dengan deretan Perbukitan Batur Agung.

Di Perbukitan Batur Agung ini muncul obyek wisata baru seperti Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk pengembangan obyek wisata baru, pemerintah masih mengandalkan peran serta masyarakat lokal. Wisata Nglanggeran, misalnya, dikelola oleh pemuda Karang Taruna Bukit Putera Mandiri. Ketua Karang Taruna Nglanggeran Sugeng Handoko mengungkapkan, jumlah pengunjung terus meningkat hingga bisa 200 orang per pekan.

Beberapa obyek wisata yang tidak tercantum dalam brosur wisata Gunung Kidul, tetapi layak dikunjungi, antara lain, adalah air terjun Srigethuk; wisata petilasan Pangeran Samber Nyawa dari Mangkunegaran, Surakarta, di Gunung Gambar; hingga lokasi lahirnya wahyu pendirian Keraton Mataram Islam di Kembanglampir. (WKM)

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2010/03/09/11401235/Pesona.Cadas.Gunung.Kidul.

Entry filed under: Kliping. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

Karang Taruna 23 Daerah Dukung Taufan Promosi Wisata Pawonsari Dongkrak Kunjungan Wisman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: