Inilah Wisata Unggulan Gunung Kidul 2010

Oktober 6, 2010 at 2:08 pm 1 komentar


Perbukitan dan gua kapur (karst) di kawasan Gunungsewu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan dijadikan obyek wisata minat khusus unggulan pada 2010.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dalam jangka pendek akan membenahi kawasan gua kapur karena memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata andalan. Kami terus mempromosikan obyek wisata tersebut,” kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunung Kidul Birowo Adhie di Wonosari, Kamis (5/11).

Menurut dia, Dinas Pariwisata optimistis pengembangan kawasan karst sebagai obyek wisata andalan akan mampu menumbuhkan perekonomian daerah. Kawasan batu kapur di Gunung Kidul masih alami sehingga akan menjadi kawasan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

“Pengembangan wisata minat khusus bergantung potensi alam yang dimiliki masing-masing kawasan, potensi gua kapur di Gunung Kidul memiliki prospek baik untuk dikembangkan menjadi obyek wisata andalan,” katanya.

Ia mengatakan, sumber daya alam Gunung Kidul banyak ragamnya serta memiliki keunikan dan nilai ilmiah tinggi, terutama kawasan batu kapur dan gua kapur yang potensial untuk dikembangkan sebagai obyek wisata minat khusus.

“Pengembangan wisata minat khusus menjadi salah satu prioritas penggarapan obyek wisata 2010, sejumlah kawasan karst yang sampai saat ini terus dikembangkan menjadi wisata petualangan, di antaranya tebing di Pantai Siung sebagai tempat panjat tebing terlengkap di Jawa, wisata Gua Seropan dan Watu Gupit, serta wisata susur gua di kawasan Cerme, Seropan, Bribin, Grubug, Jomblang, dan Kalisuci,” katanya.

Selain wisata petualangan, kata dia, kawasan karst Gunung Kidul juga potensial untuk wisata sejarah dan religius, seperti Gua Rancang Kencono dan Gua Braholo yang penuh dengan nilai sejarah, serta Gua Maria Tritis sebagai tempat peribadatan umat Katolik.

Luas kawasan karst Kabupaten Gunung Kidul sekitar 13.000 kilometer persegi, hampir sebagian besar memiliki keunikan mulai dari fenomena di permukaan (ekokarst) hingga bawah permukaan (endokarst).

“Fenomena bawah permukaan adalah adanya gua kapur berhiaskan stalaktit, stalakmit, dan aliran sungai bawah tanah sangat potensial dikembangkan menjadi kawasan wisata minat khusus,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus menggencarkan promosi wisata, baik keluar daerah maupun ke mancanegara, sehingga potensi wisata andalan tersebut lebih dikenal oleh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Sumber : Antara

Entry filed under: Kliping. Tags: , , .

Promosi Wisata Pawonsari Dongkrak Kunjungan Wisman Taufan Rotorasiko Terpilih Ketua Umum Karang Taruna

1 Komentar Add your own

  • 1. mojas  |  Februari 27, 2011 pukul 8:08 pm

    mohon maaf kalau bisa untuk wisata di kecamatan tepus jga d perhatikan..krena di sna jga bgtu bnyk wisata2 yg blm trurus

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: