Bukit Nglanggeran Jadi Taman Bumi

Oktober 9, 2010 at 12:31 pm 18 komentar


Bekas Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk Gunungkidul diusulkan ke UNESCO untuk dijadikan Taman Bumi (geo Park) pertama di Indonesia. Kawasan ini sangat unik dan mempunyai potensi besar terhadap kawasan kars di Gunungkidul.

Bukit Nglanggeran Jadi Taman Bumi

Bukit Nglanggeran Jadi Taman Bumi

Menurut Direktur Pasca Sarjana UPN Veteran, Prof Sutanto di Sela-sela penelitian di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Jum’at (8/10). Pihak UPN dan Pemkab Gunungkidul terus melakukan penelitian “Berdasarkan pengamatan awal lokasi ini sudah memenuhi syarat sebagai geo park, selain pesona keindahan alamnya, juga memiliki keunikan sejarah dan proses geologinya’, ujarnya jum’at (8/10).

Dijelaskannya tujuan diadakannya geo park antara lain sebagai geoheritage maupun geodiversity, pelestarian keanekaragaman geologi. Persyaratan untuk menjadi geo park seperti yang tercantum dalam jejaring Global Geo Park Network United Nation Educational, Scientific adn Cultural Organisation (GGN UNESCO) sudah terpenuhi. “Kami dari Geologi UPN dan Pemda Gunungkidul akan bekerja keras melengkapi dokumen yang dibutuhkan,’imbuhnya.

Ketentuan pesyaratan, katanya lagi geologi dan bentang alam, struktur manajemen pengelolaan, informasi pendidikan dan lingkungan untuk pendidikan, kegiatan knowladge based geotourism, yang dilaksanakan, pelaksanaan ekonomi regional yang berkelanjutan maupun akses kegiatan masyarakat terhadap kegiatan tempat tersebut.

Sumber : KR

Tanggapan saya :

Alhamdulillah ternyata potensi yang kita miliki sudah mulai dikenal dan diketahui oleh dunia luar. Harapan kami selaku pengelola arus ada site plan yang jelas dan dikomunikasikan dengan baik dan bertahap kepada pengelola, masyarakat sekitar dan juga ada pendampingan yang intensif untuk mewujudkan satu-satunya potensi geo park yang ada di Indonesia ini. Saya yakin dan optimis masyarakat setempat sangat mendukung hal itu. Semangat dan keinginan untuk menjadikan Gunung Nglanggeran sebagai kawasan wisata sudah menjadi semangat dan tekad dari warga setempat. Hal ini terbukti dengan besarnya swadaya masyarakat untuk turut andil melengkapi potensi pendukung. Dari bangunan pendopo masuk objek wisata merupakan murni swadaya masyarakat, pembentukan jalan mendaki, pembangunan gardu pandang, pembuatan MCK dan lahan parkir merupakan swadaya yang dilakukan masyarakat. Beberapa kegiatan tersebut dikelola dan dikoordinir oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri dan Juga Masyarakat Desa. Selain dalam bentuk fisik masyarakat juga menyiapkan beberapa kegiatan non fisik diantaranya memupuk dan tetep melestarikan budaya lokal yang saat ini hampir dari masing-masing dusun mempunyai kelompok budaya sendiri.

Karang Taruna selaku pengelola kawasan ini juga melakukan berbagai macam kegiatan untuk memperkenalkan daerahnya diantaranya : membuat konsep kirab budaya yang dilakukan setiap 1 tahun sekali, melakukan kerjasama dengan berbagai kelompok jejaring sosial FB seperti Group FB “Jogja”, Group FB’ Wisata Gunungkidul”, dan juga kepada media elektronik maupun media cetak. Aksi nyata dan terjun ke lapanganpun dilakukan oleh pengelola dengan membagikan brosur dan leaflet ke sekolah-sekolah di Yogyakarta dan Klaten serta masuk ke kampus-kampus. Kami sangat bersyukur atas bantuan dan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul maupun Dinas Pariwisata Yogyakarta selama ini yang membantu dalam bentuk Promosi maupun Pelatihan SDM. Untuk sarana dan Prasarana memang belum dan sangat minim, baru tahun 2011 nanti ada dana PNPM Wisata yang katanya akan cair. Kami bersyukur walau swadaya masyarakat namun memiliki hasil yang lumayan signifikan. Harapan kami Semoga dengan adanya pihak pemerintah akan semakin lebih baik lagi. (Sugeng Handoko). Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!!

Entry filed under: Desa Nglanggeran, Kliping, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , .

Batuan Karst di Gunungkidul Dipromosikan Jadi Taman Bumi Dunia Rinjani Terancam Batal Jadi Calon ‘Geopark’ Dunia

18 Komentar Add your own

  • […] Bukit Nglanggeran Jadi Taman Bumi « Gunung Api Purba […]

    Balas
  • 2. Sang Penjelajah Malam  |  Oktober 9, 2010 pukul 4:33 pm

    pertamax

    Balas
  • 3. kurniaprorider  |  Oktober 9, 2010 pukul 5:26 pm

    Nyuwun pertamaxipun mbah!

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Oktober 10, 2010 pukul 7:51 pm

      njeh…. sami2

      Balas
  • 5. Del Prio  |  Oktober 9, 2010 pukul 9:46 pm

    muga disetujui dech, biar Indonesia makin terkenal

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Oktober 10, 2010 pukul 7:51 pm

      iya makasih ya….

      Balas
  • 7. irwanto  |  Oktober 11, 2010 pukul 9:41 am

    ya,mudah2an teralisai agar kesejahteraan penduduk meningkat. KT BPM semoga selalu yang terdepan memberikan kontribusi bagi masyarakatnya.Dengat usaha dan niat yang kuat pasti bisa….
    semangat terus…jangan mudah menyerah

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Oktober 11, 2010 pukul 1:49 pm

      Amin… Minta dukungan dan do’anya aja ya… ^_^ Tetep Semangat dan terus Berkarya…!!!

      Balas
  • […] Dan saat ini Desa Nglanggeran yang merupakan Kawasan Ekowisata dan  Desa Wisata diusulkan menjadi taman bumi dunia (geo park). Kami sangat berbangga hati karena sudah dinilai layak untuk menjadi geo park yang sedunia baru ada 58 tempat dan di Asia Tenggara hanya ada di Malaysia. Semoga nanti dapat terlaksana. Beritanya dapat dibaca DISINI. […]

    Balas
  • 10. mieny_angel  |  Oktober 16, 2010 pukul 10:18 am

    Mari kita tunjukan pada Dunia Bahwa Indonesia khususnya Jogja Gunungkidul adalah tempat yang indah. Tak kalah hebat dengan negara-negara lain. Semoga juga bisa menjadi cagar alam tanpa harus ada pengerusakan sana-sini, walau tempat wisata bukan berarti kita seenaknya saja disana ^_^

    SEmangat Berjuang Nglanggeran

    Balas
    • 11. Sugeng Handoko  |  Oktober 16, 2010 pukul 10:25 am

      oke terimakasih ya… Pokoknya tetep semangat dan terus berkarya…!!!

      Balas
  • […] Memang benar bahwa Gunung Api Purba pernah aktif 60 juta tahun yang lalu (menurut kepala Bidang Pengembangan Dinas Budpar Gunungkidul Bpk. Birowo Adie) dan beberapa peneliti geologi juga mengamininya. Sehingga pada terbentuknya batuan menjulang tinggi menyerupai gedung-gedung yang kini menjadi Objek Wisata Barunya Jogja yang digemari pemuda dan para fotografer. Selain itu Gunung Api Purba yang memiliki Keindahan luar biasa juga diajukan menjadi Taman Bumi (Geo Park). […]

    Balas
  • […] Kami semuanya dapat kembali normal, dan terealisasi Gunung Api Purba MEnjadi Geopark. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng […]

    Balas
  • […] jadi bisa dikoreksi karena nama bagi kami cukup riskan apalagi kawasan kami diusulkan untuk menjadi Geo park yang mulai saat ini kami mulai mencoba untuk berbenah. […]

    Balas
  • 15. Malioboro Hash « Gunung Api Purba  |  November 22, 2010 pukul 11:56 am

    […] kedua belah pihak. Semoga kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang telah dusulkan menjadi Taman Bumi (Geo park) bisa terealisasi. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng […]

    Balas
  • 16. Dari Kamar Kost, Kubuat Wisata untuk Desaku « Gunung Api Purba  |  Februari 1, 2011 pukul 11:00 am

    […] Dengan adanya keinginan saya, fasilitas dan kehebatan internet serta gaya hidup anak kost yang suka begadang ternyata kini memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Khususnya masyarakat Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul tempat dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Keberadaan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran kini diketahui banyak orang dan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Ternyata dengan niat dan tindakan yang ikhlas kita dapat memberikan perubahan, dari yang dulu gunung api purba yang keberadaannya sejak 60 juta tahun yang lalu ada namun tidak disentuh dengan kemajuan teknologi untuk dikenalkan dan dikelola, kini menjadi sebuah kawasan ekowisata yang diusulkan oleh Dinas Kebudayaan dan pariwisata Gunungkidul untuk menjadi Geopark(taman bumi). […]

    Balas
  • 17. heryadi rachmat  |  Februari 10, 2011 pukul 11:50 am

    alhamdulillah……….. makin banyak yang mendukung adanya geopark di Indonesia termasuk saya sendiri, kalau boleh mari kita mulai berkolaborasi dengan semua stake holders yang kompeten dalam mengusulkan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang telah dusulkan menjadi Taman Bumi (Geo park) bisa terealisasi.
    Sebagai informasi mengenai geopark di Indonesia telah dilakukan ‘Diskusi nasional geopark tahun 2008 di Mataram NTB oleh IAGI dan Workshop Geopark tahun 2010 di Bandung oleh Geoteknologi LIPI yang dihadiri unsur Dep. Kehutanan, Dep. Budpar, Badan Geologi, Perguruan tinggi, Organisasi profesi, LSM, dll. Dari hasil workshop telah ditunujuk Badan Geologi sebagai leading sektor untuk membentuk komisi geopark nasional dengan 3 melibatkan semua unsur terkait.
    Saat ini sudah ada 2 kandidat geopark di Indonesia yang sudah direspon oleh Unesco (suratnya kami ada) yaitu Pacitan dan G. Batur, pada awalnya diusulkan 3 termasuk G. Rinjani.
    Kaitan dengan hal diatas kami mengajak semua rekan-rekan pemerhati geopark Indonesia untuk bergabung mensukseskan geopark pertama di Indonesia, dengan mengadakan komunikasi atau membentuk komunitas geopark Indonesia yang diinisiasi oleh UPN kami siap mendukung untuk saat ini dengan do’a dulu ya…..wassalam heryadi rachmat, Museum Geologi, Pusat Survey Geologi, Badan Geologi, KESDM.
    Berdasarkan

    Balas
    • 18. Sugeng Handoko  |  Februari 11, 2011 pukul 2:20 pm

      oke pak… ditunggu kerjasamanya… dan juga mohon bimbingannya…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: