Gunung Api Purba Tidak Keluarkan Asap

November 11, 2010 at 5:18 pm Tinggalkan komentar


GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com – Gunung api purba Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak mengeluarkan asap akibat aktivitas vulkanik. Masyarakat di sekitarnya tetap beraktivitas seperti biasa.

“Gunung api purba Nglanggeran tidak mengeluarkan asap, hanya diselimuti kabut pada pagi hari dan embun yang menguap ketika terkena matahari,” kata Ketua Pengelola Kawasan Ekokarst Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko di puncak gunung itu, Kamis (11/11/2010).

Ia berada di puncak gunung itu untuk memastikan kebenaran pemberitaan sebuah media online bahwa Gunung Api Purba Nglanggeran mengeluarkan asap dan suara gemuruh serta getaran.

KOMPAS/Mawar Kusuma Wulan Suasana malam di puncak gunung api purba Nglanggeran Gunung Kidul
KOMPAS/Mawar Kusuma Wulan Suasana malam di puncak gunung api purba Nglanggeran Gunung Kidul

Ia mengatakan, suara gemuruh dan getaran yang sempat dirasakan sejumlah warga di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran dimungkinkan bersumber dari aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah.

“Masyarakat di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran selama ini beraktivitas seperti biasa, tidak ada kepanikan,” katanya.

Salah satu warga sekitar Gunung Api Purba Ngalenggeran, Gunawan, mengatakan pemberitaan di media terkait aktivitas gunung nglanggeran tersebut berlebihan.  “Kami minta media jangan melebih-lebihkan karena dapat memancing keresahan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB) Kantor Kebangpolinmas dan PB Gunung Kidul Sumaryadi mengatakan sudah mengetahui kabar yang menyebutkan ada aktivitas Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Kami sudah mendapat informasi tersebut, bahkan katanya ada anggota Komisi B DPRD Gunung Kidul yang sudah mengecek ke lokasi, namun kami masih belum dapat memastikan kebenaran isu tersebut, karena personel yang diterjunkan belum memberikan laporan,” katanya ketika dihubungi melalui telepon.

Salah satu warga sekitar Gunung Api Purba Ngalenggeran, Gunawan, mengatakan pemberitaan di media terkait aktivitas gunung nglanggeran tersebut berlebihan.
Sumber : Kompas
Iklan

Entry filed under: Kliping, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , .

Erupsi Merapi 2010, Gunung Api Purba Aktif Kembali? Gunung Api Purba Aman, Tidak ada Asap dan Aktivitas tanda Aktif kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Desa Wisata Nglanggeran, Kuliner lokal di Desa Wisata. Nasi Merah, Sayur Lombok Ijo

Tentu kita akan jenuh dengan makan makanan yang serba instant, terlalu banyak pengawet. Coba rasakan kehidupan Desa, tinggal dan bersosialisasilah dengan masyarakat Desa. Jadilah petani, jadilah peternak, jadilah orang yang dekat dengan alam. Lupakan sejenak keriuhan kota, kebisingan politik, pengapnya polusi udara kota. Datanglah ke Desa Wisata 1-3 hari. Isilah semangat barumu di Desa dan kembalilah kekota untuk karya. Salam Dari Desa @desawisatanglanggeran  jangan lupa beli cokelat di.Desa kami @griya.cokelat.nglanggeran 
#desa #desawisata #gunungapipurba

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 413,612 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: