Polsek Patuk : Gunung Api Purba Nglanggeran tidak aktif, Yang aktif karang Tarunanya

November 12, 2010 at 10:18 am Tinggalkan komentar


Kamis, 11 November 2010 menjadi hari yang panjang dan berkesan buat kami pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran, mengapa demikian??? Iya dipagi itu sejak 08.30 sudah banyak berbondong-bondong wartawan dan juga dari Dinas Instansi tentang kegunung apian mendatangi sekretariat kami dan pendopo kalisong. Hal itu dilakukan menanggapi berita yang beredar diluar Desa Nglanggeran bahwa gunung api purba mengeluarkan asap dan dikira aktif kembali.

 

Perjalanan Bersama Bapak2 Polsek Patuk

Perjalanan Bersama Bapak2 Polsek Patuk

Tidak ketinggalan juga dipagi itu dari kepolisian (Polsek patuk) satu mobil beserta kapolseknya langsung megecek lokasi untuk memastikan bahwa kondisi di Desa Nglanggeran aman-aman saja karena tidak ada laoran apapun dari warga atupun pengelola ke Kepolisian. Kami karang taruna yang selaku pemandu juga bersama wartawan salah satu TV swasta melakukan pendakian dan memastikan langsung bahwa tidaka ada asap yang keluar dari Gunung Api Purba (GAP).  Sambil melakukan perjalanan kami melakukan pengamatan-pengamatan secara visual dan juga indra penciuman untuk mengetahui apakah benar ada aktivitas muncul/keluar asap. Dan ternyata kamipun tidak menemukan hal-hal yang mencuigakan.

Diperjalanan kamipun melakukan berbagai obrolan-obrolan ringan dan sambil bersenda Gurau. Ada bapak-bapak melakukan candaannya agak lucu juga kira-kira seperti ini “Ternyata tidak hanya sleman saja yang punya gunung api, kita di Gunungkidul juga memiliki malahan lebih Tua, lha ini Gunung Api Purba. Usianya malah 60 juta tahun yang lalu”. Kamipun sambil jalan dan bersenda gurau agar tidak terlalu tegang dan cepat lelah. Ada satu bapaknya dari polsek lagi menambahkan “Gunung Api Purba ki ora aktif, sik aktif malah karang tarunane” (Gunung Api Purba itu gak aktif, yang aktif itu karang tarunanya) kamipun kembali tertawa dan sambil meneruskan perjalanan menuju gardu pandang pertama.

Alhamdulillah setelah dilakukan penelitian tindak lanjut dinyatakan Gunung Api Purba tidak ada aktivitas kegunung apian lagi. Dan Pak Kapolsekpun disaat diwawancarai oleh wartawan menghimbau kepada warga masyarakat di Desa Nglanggeran khususnya dan masyarakat se kecamatan patuk pada umumnya untuk tetap tenang dan tidak mudah termakan kabar yang kurang jelas. Nanti jika sudah ada kabar misalkan sampai harus ada pemberitahuan dan penyampaian informasi untuk evakuasi dari kepolisian khususnya Polsek Patuk akan memberitahukan kewarga secepatnya.

Hari itu menjadi hari yang berkesan bagi kami (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri) dimana kami dapat bersama-sama dengan pak Kapolsek Patuk yang beliau sangat responsif dan mendukung kegiatan-kegiatan positif yang kami lakukan. Tetap Semangat dan Terus Berkarya …!!!(Sugeng handoko)

Iklan

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , .

Merapi Erupsi, Gunung Berapi Purba Langgeran Tetap Diam (Buat Media Ralat “Nglanggeran”) Pengelola Wisata Gunung Nglanggeran: Gemuruh Itu dari Merapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Liburan sambil Belajar, Bermain, Berolahraga dan tentu pengalaman Bermakna ya ke Desa Wisata.

Desa Wisata, kini semakin menjadi Primadona. Berwisata tidak lagi ditempat bising penuh polusi. Tempat padat dan penuh penat. Tapi wisata sekarang ke Desa, bertemu para saudara, bisa saling menyapa, mendapatkan pengalaman yang sangat Bermakna. Orang kota sangat menyukainya, dulu terlena dg kehidupan nyamannya, kini jadi tahu sisi kehidupan Desa. Rasa syukurpun akan menghampirinya, keinginan berkarya Nyata mengalir dalam semangatnya. Salam dari Desa.

#DesaMembangunIndonesia #Gunungapipurba #Nglanggeran #GeoparkGunungsewu #Desamandiri #ContohDesaMandiri #Pariwisataberbasismasyarakat #wisatajogja #DesawisataTerbaikAsean #CBT #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia
#Desawisata

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 418,236 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM


%d blogger menyukai ini: