Sumber Gas Asap Gunung Purba Diteliti

November 12, 2010 at 11:21 am Tinggalkan komentar


Yogyakarta – Sumber gas dan asap yang keluar dari Bukit Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta masih diteliti Tim Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Yogyakarta.

“Hari ini kami mengirimkan tim untuk mendeteksi gas tersebut, apakah berasal dari aktivitas vulkanik atau tidak,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo, Kamis (11/11).

Menurut Subandriyo, apabila ditinjau berdasarkan dari usia pegunungan di lokasi tersebut, maka Bukit Nglanggeran adalah merupakan gunung api purba yang telah berusia lebih dari 60 juta tahun lalu. Nglanggeran sudah masuk masa tersier sehingga kini sudah tidak mungkin memiliki aktivitas vulkanik.

Subandriyo mengatakan, gunung api aktif yang berada di Indonesia rata-rata terbentuk sejak 1,8 juta tahun lalu.

“Karenanya, kemungkinan besar munculnya gas yang dilihat masyarakat sekitar bukan disebabkan karena aktivitas vulkanik, hanya gejala alam biasa saja,” sambung Subandriyo.

Pembentukan sebuah gunung api membutuhkan proses yang sangat lama dan tidak terjadi seketika, apalagi di daerah perbukitan tersebut tidak terdapat gejala-gejala yang signifikan.

Dia memperkirakan, gas yang keluar tersebut bukan disebabkan gejala magmatik, tetapi karena ada retakan di dalam perbukitan tersebut apalagi perbukitan tersebut telah melewati banyak fase kehidupan, seperti kehidupan laut.

“Perbukitan itu adalah perbukitan kapur sehingga di dalam lapisan kapur tersebut akan ada banyak kemungkinan sehingga gas tersebut bisa saja keluar melalui retakan,” katanya.

Subandriyo menegaskan, keluarnya gas tersebut tidak ada hubungannya dengan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi sehingga masyarakat di wilayah tersebut tidak perlu panik.(ant/waa)

Sumber : erabaru.net

Tanggapan saya :

Terimakasih atas informasinya, dan ini membuktikan Gunung Api Purba Desa Nglanggeran Aman. untuk perbukitan di Kawasan Ekowisata Nglanggeran kapur, saya agak sangsi namun mungkin beliau lebih kompeten dimungkinkan saja bisa. Alangkah baiknya ada penelitian tindak lanjut dan lebih fokus sehingga kami juga sangat membutuhkan informasi data tersebut untuk informasi kepada pengunjung yang datang. Terimakasih….

Entry filed under: Kliping, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , .

Gunung Api Purba Nglanggeran Kondisi Aman Malioboro Hash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: