Kirab Budaya Rasulan 2010 Gunung Api Purba

November 22, 2010 at 12:09 pm 2 komentar


Minggu 28 November 2010 akan menjadi hari yang istimewa bagi masyarakat Desa Nglanggeran. Dihari itu akan dilaksanakan pesta rakyat berupa “Kirab Budaya Rasulan” yang dimana kegiatan itu diselenggarakan secara rutin setiap satu tahun sekali. Tradisi yang masih “diuri-uri” ini biasanya jatuh pada hari Senin legi atau Minggu legi pada bulan Besar (dzulhijah dalam penanggalan islam). Pada tahun ini (2010) pelaksanaan ritual dikaki Gunung Api Purba jatuh pada hari Senin legi 29 November 2010. Kegiatan tradisi tayub tidak pernah ketinggalan mengisi kegiatan ritual yang akan diselenggarakan di Pendopo Joglo Kalisong. Berikut gambaran kegiatan rasulan 2009 Di Desa Nglanggeran.

Gunungan Hasil Masyarakat

Gunungan Hasil Masyarakat

Penanaman Pohon di Acara Rasulan tahun 2009
Penanaman Pohon di Acara Rasulan tahun 2009
Kemeriahan Atraksi masyarakat
Kemeriahan Atraksi masyarakat

Tayub akan dimulai pada pertengahan hari hingga sore. Pada acara ritual itu akan dipandu oleh sang juru kunci yaitu Mbah Budhi Utomo. Pada hari Senin merupakan hari ritual dan tayub. Namun rangkaian acara berlangsung 2 hari dari Minggu 28 November 2010-Senin 29 November 2010. Pada hari Minggu, jam 10.00 acara sudah akan dimulai yaitu perjalanan kirab budaya dari Pendopo Joglo Kalisong menuju Lapangan Karang Desa Nglanggeran. Kirab budaya ini akan diikuti oleh seluruh warga masyarakat Dusun Nglanggeran Kulon, Nglanggeran Wetan dan Dusun Gunung Butak. Pada pengalaman tahun kemarin ribuan orang memadati kawasan ekowisata Gunung Api Purba yang terdiri dari peserta, wisatawan lokal, masyarakat sekitar kawasan dan wisatawan manca.

Beberapa daya tarik dan keunikan akan disuguhkan dalam kegiatan ini sehingga masyarakat, wisatawan lokal dan wisatawan manca menjadi tertarik untuk datang menyaksikan dan mengabadikan keunikannya dengan berfoto bersama peserta kirab dan masyarakat. Berbagai jenis kesenian, atraksi, kreativitas dan juga tumpeng hasil pertanian ditampilkan.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kirab budaya rasulan di Desa Nglanggeran diantaranya adalah memupuk, tetap melestarikan kebudayaan yang tumbuh dimasyarakat sejak nenek moyang kami, membuat salah satu media sebagai pengikat untuk mempererat silaturahmi antar dusun dan kegotong-royongan agar tetap eksis, memberikan hiburan rakyat yang mayoritas sebagian besar berprofesi sebagai petani agar masyarakat juga bangga menjadi petani, memperkenalkan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran sebagai salah satu “Wisata barunya Jogja” yang juga diusulkan menjadi Taman Bumi (Geo park). Dan yang paling utama adalah bersedekah kepada seluruh warga masyarakat, pengunjung, dan semua tamu yang datang sebagai tanda rasa syukur warga masyarakat petani selama satu tahun yang telah diberikan rizki Allah SWT.

Kegiatan Kirab Budaya Rasulan ini awal mulanya dirintis oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri dan pertama kali diselenggarakan tahun 2008. Pada tahun 2009 jatuh pada hari Minggu-Senin, 13 -14 Desember 2009, sedangkan tahun 2010 Minggu-Senin, 28-29 November 2010. Semoga dengan adanya kreativitas, atraksi wisata dan dukungan dari berbagai pihak baik sponsorship, masyarakat, pemerintah desa Nglanggeran, Dinas Budpar Gunungkidul, Pemda Gunungkidul, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY, dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu semakin menunjang terciptanya Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba sebagai Wisata barunya Jogja. Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!!(Sugeng Handoko)

Entry filed under: Desa Nglanggeran. Tags: , , , .

Malioboro Hash Undangan Kirab Budaya 2010

2 Komentar Add your own

  • 1. Pipo AS  |  November 29, 2010 pukul 3:58 pm

    Sukses ya mas Sugeng Handoko, tetap semangat . . .

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Desember 1, 2010 pukul 8:18 pm

      oke pak, makasih atas dukungannya….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: