Laskar Purba Peduli Merapi

Desember 1, 2010 at 9:19 pm Tinggalkan komentar


Erupsi merapi November 2010 memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat disekitar lereng merapi yang berjarak hingga 20 Km dari puncak merapi. Masyarakat mengungsi mencari tempat yang dirasa aman. Dan harus meninggalkan rumah, harta benda dan hanya berbekal pakaian yang melekat serta sedikit barang yang dapat mereka bawa saja. Hingga berhari-hari para pengungsi berada ditempat pengungsian dan membutuhkan banyak bantuan berupa logistik, makanan dan bahkan pakaian.

Laskar Purba Menyiapkan Bantuan Buat Pengungsi

Laskar Purba Menyiapkan Bantuan Buat Pengungsi

Manusia sebagai makhluk sosial, dengan adanya musibah dan bencana itu maka sebagian besar manusia akan simpati dan peduli untuk mencoba membantu korban merapi. Terlihat dari berbagai penjuru dunia, berbagai pelosok negeri melakukan gerakan peduli merapi. Tidak ketinggalan organisasi terkecil didalam pemerintah desa Nglanggeran “karang Taruna Bukit Putra Mandiri” juga turut peduli melakukan gerakan penggalangan dana untuk membantu korban merapi.

Masyarakat, Pengelola Wisata dan Karang Taruna Desa Nglanggeran Peduli

Masyarakat, Pengelola Wisata dan Karang Taruna Desa Nglanggeran Peduli

Organisasi yang terdiri dari pemuda dan pemudi yang dikenal dengan sebutan “Laskar Purba” itu melakukan aksi pengumpulan dana, sembako dan pakaian layak pakai untuk diserahkan kepada korban merapi. Dengan berbekal proposal yang diketahui kepala Desa Nglanggeran, jas hujan dan semangat yang membara laskar Purba berkumpul di sekretariat di pangkal Gunung Api Purba. Pemuda pemudi yang berjumlah 20an orang tergabung menjadi 6 team menyebar menuju rumah warga untuk bersosialisasi menyampaikan maksud membantu korban merapi. Hal tersebut disambut hangat oleh warga, hingga pkl.21.00 Team belum selesai melakukan tugasnya dan kembali ke sekretariat dan kembali bekerja lagi pada hari kedua.

Setelah terkumpul dana dan barang-barangnya maka dilakukan penyaluran bantuan kepada korba merapi. Terutama kepada pengungsi yang mengungsi ke Desa Nglanggeran yang berjumlah 121 jiwa. Sebagian dana dibelikan sembako dan dibagikan kepada pengungsi di Desa Nglanggeran dan di Daerah Nglipar. Uang sisa pembelian sembako senilai satu juta rupiah disalurkan lewat Dompet KR Bencana Merapi, Pakaian layak pakai 19 kardus disalurkan melalui PMI di Yogyakarta.

Batuan bencana merapi dari warga masyarakat Desa Nglanggeran, Pengelola kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, dan beberapa Donatur (mbak Yuli yang sedang di Australia) dikelola oleh karang Taruna Bukit Putra Mandiri dan semuanya sudah disalurkan Penyaluran terakhir pada tanggal 18 November 2010.

Semoga korban bencana merapi dapat bersabar dan dapat mengambil hikmah dari bencana ini. Dan semoga tidak akan terulang lagi bencana yang membawa banyak korban. Sebagai masyarakat sebangsa dan setanah air mari kita jaga kesatuan, kebersamaan, kepedulian dan saling membantu tidak larut dalam persaingan dan saling menjatuhkan. Allah swt mengingatkan agar kita tetap saling peduli. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , , , .

Undangan Kirab Budaya 2010 Peningkatan Kinerja PKK Desa Nglanggeran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: