Peningkatan Kinerja PKK Desa Nglanggeran

Desember 1, 2010 at 9:51 pm 1 komentar


PKK merupakan salah satu kelompok organisasi yang ada ditingkat Desa. PKK memiliki kepanjangan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, keberadaan organisasi ini semakin menggeliat menunjukan eksistensinya menyusul seperti kejayaan eksistensi dari organisasi Karang Taruna Bukit Putra Mandiri sebagai pengelola wisata Gunung Api Purba.

 

Kegiatan PKMM UAD 2010

Kegiatan PKMM UAD 2010

Pelatihan dari Perindagkoptam

Pelatihan dari Perindagkoptam

Peningkatan eksistensi organisasi PKK tersebut bukan tanpa sebab melainkan merupakan upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk bisa mendukung siapnya Desa Nglanggeran menjadi Kawasan wisata yang utuh dan dapat menjamu para wisatawan dengan baik. Banyak instansi dan kelompok yang berperan dalam peningkatan kinerja PKK Desa Nglanggeran diantaranya dukungan dan semangat dari warga masyarakat sendiri sangat besar, Dinas Budpar Gunungkidul yang melakukan pelatihan-pelatihan kuliner, semangat dan suport dari Karang Taruna Bukit Putra Mandiri,  Adanya kelompok mahasiswa (PKMM UAD “PENGELOLAAN POTENSI WISATA ALAM GUNUNG API PURBA SEBAGAI INDUSTRI WISATA KREATIF DI DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL”,  Team Ibm Politeknik API Yogyakarta dan pelatihan serta pendampingan dari dinas Perindagkoptam Gunungkidul.

 

Pelatihan Teknik Sablon

Pelatihan Teknik Sablon

Adapun masing-masing instansi atau kelompok memberikan suport dan program diantaranya :

Dinas Budpar Gunungkidul : Pelatihan kuliner dengan mengolah potensi yang ada dan siap disajikan kepada wisatawan.

Karang Taruna Bukit putra Mandiri : masuk lewat pemudi-pemudi menyadarkan ibu-ibu PKK untuk bisa aktif membuat cindera rasa. Karang taruna juga setiap ada pesanan makanan dan snak buat kegiatan di Gunung Api Purba pesan kepada kelompok PKK.

PKMM UAD 2010 “Green Culture Team” : Kebetulan penulis Sebagai ketua Team saat itu memberikan pengetahuan tentang kuliner organik dan higenis yang selaras dengan ciri khas industri wisata Alam Gunung Api Purba. Sasaran dari kegiatan ini adalah  karang taruna dan PKK. Pelatihan ini dilaksanakan 2 kali pertemuan, dengan menggunakan metode kegiatan penyuluhan  berbasis multimedia (audio visual atau slide) tentang kuliner organik dan higienis, dan praktik pembuatan kuliner di lapangan pengolahan kuliner yang organik dan higienis. Melakukan kerjasama dengan Dinas Perindagkoptam Gunungkidul sehingga ada jalinan komunikasi dan kerjasama hingga saat ini.

Team Ibm Politeknik API Yogyakarta : melakukan pelatihan kuliner dengan pengolahan makanan dari ketela dan berbagai jenis olahan dengan bahan baku singkong.

Dinas Perindagkoptam Gunungkidul : setelah ada jaringan komunikasi dan kerjasama serta mengenal Desa Nglanggeran karena telah pernah bekerjasama di Program PKMM UAD tahun 2010 maka dari PKK mengajukan proposal pendampingan dan pelatihan ke Dinas Perindagkoptam dan pada tgl 25 November 2010 – 2 Desember 2010 diadakan pelatihan serta diberikan alat untuk meningkatkan produktivitas PKK dalam menunjang adanya wisata di Desa Nglanggeran. Pokok dari pelatihannya adalah peningkatan aneka olahan makanan dan minuman serta teknik sablon.

Semoga dengan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak PKK Desa Nglanggeran akan dapat terus eksis, dan dapat menyiapkan cindera rasa bagi KawasanEkowisata dan Desa Wisata Nglanggeran. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handok)

Iklan

Entry filed under: Desa Nglanggeran. Tags: , , , .

Laskar Purba Peduli Merapi Pengumuman Pemenang Festival Blog 2010

1 Komentar Add your own

  • 1. fie26  |  Desember 22, 2010 pukul 7:38 pm

    selamat ya udah jadi juara blogvaganza

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Desa Wisata Nglanggeran, Kuliner lokal di Desa Wisata. Nasi Merah, Sayur Lombok Ijo

Tentu kita akan jenuh dengan makan makanan yang serba instant, terlalu banyak pengawet. Coba rasakan kehidupan Desa, tinggal dan bersosialisasilah dengan masyarakat Desa. Jadilah petani, jadilah peternak, jadilah orang yang dekat dengan alam. Lupakan sejenak keriuhan kota, kebisingan politik, pengapnya polusi udara kota. Datanglah ke Desa Wisata 1-3 hari. Isilah semangat barumu di Desa dan kembalilah kekota untuk karya. Salam Dari Desa @desawisatanglanggeran  jangan lupa beli cokelat di.Desa kami @griya.cokelat.nglanggeran 
#desa #desawisata #gunungapipurba

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 413,612 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: