Dari Kamar Kost, Kubuat Wisata untuk Desaku

Februari 1, 2011 at 11:00 am 48 komentar


Apa yang terlintas pertama kali tatkala kita mendengarl kata kost? Akan terlintas dalam benak, sebuah kamar kecil, dihuni oleh seseorang yang sedang sekolah jika tidak ya seorang yang sedang bekerja dan belum hidup mapan (sehingga memilih kost). Didalam kamar penuh sesak dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari dan juga tumpukan buku-buku dan kertas tugas dari sekolah atau kampus.

Nah… tidak salah dengan apa yang terlintas dibenak pembaca, memang seperti itulah yang dialami penulis, namun saat ini bukan sebagai karyawan atau pekerja, tetapi sebagai seorang mahasiswa yang sedang menjalankan tugas belajarnya dan melaksanakan amanah dari orang tua. Sebagai seorang mahasiswa banyak hal yang dapat dikerjakan, dengan masih banyaknya waktu luang dan kesempatan yang luas untuk berkarya yang dipercayakan orang tua kepadanya. Hal itupun seperti yang saya rasakan dan alami. Selain aktif di berbagai kegiatan organisasi dikampus, menjadi asisten dosen dilab, dan juga aktif kegiatan organisasi di desa maka ada keinginan besar untuk bisa melakukan hal yang memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

 

Bekerja dari kamar kost ditemani kipas angin karena panas/sempit

Bekerja dari kamar kost ditemani kipas angin karena panas/sempit

Dengan berbekal ilmu pengetahuan dari kampus, hoby berinternet dan gaya hidup sebagai seorang anak kost, saya mencoba membantu merealisasikan mimpi kami, organisasi karang taruna Desa Nglanggeran, untuk menjadikan desa kami menjadi tempat wisata. Apakah yang dapat saya kerjakan, dengan tidak meninggalkan tugas kuliah dan aktifitas dikampus serta kesibukan menjadi asisten dilab? Jawabannya sederhana “menulis”, menulis apa? Menulis untuk dapat mewujudkan mimpi-mimpi kami, dengan berbekal laptop tua pembelian dari orang tuaku yang sebagian merupakan uang rekontruksi untuk rumah korban gempa 27 mei 2006 (karena rumah saya juga menjadi korban gempa he he he…), koneksi hostpot dikampus, dan kemauan untuk menulis dan begadang maka aku membuat sebuah blog dari sudut kamar kostku.

 

Kegiatan sebagai asisten praktikum di Lab. Teknik Industri

Kegiatan sebagai asisten praktikum di Lab. Teknik Industri

Dengan pengetahuan ngeblog yang sangat minim aku mencoba terus mengetukan jemariku di keybord membuat tulisan tentang keindahan desaku, potensi wisata yang ada serta kearifan dan budaya masyarakat yang masih alami. Dengan bermodal kamera digital pinjaman teman saya memfoto sudut-sudut gunung api purba yang merupakan salah satu daya tarik wisata di Desa Nglanggeran. Hasil foto-foto itu saya upload dan masukan kedalam blog. Dengan berharap pada kehebatan dan kemajuan teknologi yaitu internet saya mencoba memperkenalkan dan membuat tempat wisata di Desa saya.

 

Media Televisi tau keberadaan kami lewat internet juga

Media Televisi tau keberadaan kami lewat internet juga

Seiring berjalannya waktu maka keberadaan kawasa kamipun dikenal oleh orang lain, berawal dari teman dikampus yang melihat aktivitas saya ngeblog sampai proses upload foto-foto gunung maka timbul keinginan untuk melakukan kegiatan makrab (malam keakraban) dikawasan kami. Satu orang bercerita kepada orang lain, sehingga taman lain merasa penasaran tentang keindahan gunung api purba, nah langsung diberi tahu untuk akses aja diblognya gunung api purba. Dengan adanya fasilitas internet (blog) maka saya dapat bercerita dengan tulisan-tulisan saya dan gambar yang saya unggah sehingga pembaca akan lebih percaya tatkala melihat gambar itu.

Banyak dari pengunjung yang datang kekawasan kami dan kami tanyai “tahu tempat ini dari mana?”, sebagian besar menjawab “tau dari internet, dari blog gunung api purba”. Mendengar jawaban seperti itu sayapun merasa senang dan memacu semangat saya lagi untuk terus berkarya dengan menulis mengenalkan potensi kami. Selain itu banyak dari media televisi datang ke kawasan kami juga tahu dari blog ini. Mahasiswa dan beberapa dosen yang ingin melakukan penelitian tentang hutan, pertanian dan geologi juga mengaku tahu lewat internet (membaca blog ini).

Dengan adanya keinginan saya, fasilitas dan kehebatan internet serta gaya hidup anak kost yang suka begadang ternyata kini memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Khususnya masyarakat Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul tempat dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Keberadaan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran kini diketahui banyak orang dan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Ternyata dengan niat dan tindakan yang ikhlas kita dapat memberikan perubahan, dari yang dulu gunung api purba yang keberadaannya sejak 60 juta tahun yang lalu ada namun tidak disentuh dengan kemajuan teknologi untuk dikenalkan dan dikelola, kini menjadi sebuah kawasan ekowisata yang diusulkan oleh Dinas Kebudayaan dan pariwisata Gunungkidul untuk menjadi Geopark(taman bumi).

Dengan rasa syukur kepada Allah swt. ternyata “Saya, Internet dan Gaya Hidup” yang saya alami dan jalani dapat memberikan manfaat. Besar harapan saya dengan keterbatasan kemampuan yang saya miliki dengan menggunakan kehebatan internet untuk bisa memperbaiki gaya hidup dan kesejahteraan masyarakat Desa Nglanggeran.

Artikel ini saya buat dengan harapan dapat mengajak pembaca untuk bisa mencoba menggunakan kesempatan waktu luang untuk menulis mengenalkan hal positif dilingkungan kita, memanfaatkan kehebatan teknologi internet untuk kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu artikel ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam BHINNEKA BLOG COMPETITION yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Ulang Tahun Bhinneka.Com   ke-18.  Bagi pembaca yang juga berminat dan ingin mengikuti competisi ini bisa langsung masuk ke http://www.bhinneka.com . Tertap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Curhat Handoko, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , .

Program Live In di Gunung Api Purba Gunung Api purba kurang penunjuk arah dan media promosi

48 Komentar Add your own

  • 1. masRub  |  Februari 1, 2011 pukul 12:00 pm

    semoga blog ini kembali membawa HP mini note… Amiin..
    GBU bro…

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Februari 1, 2011 pukul 1:24 pm

      Terimakasih masRub, amin….

      Balas
  • 3. arifah nur khasanah  |  Februari 1, 2011 pukul 12:06 pm

    giatkan lg pr0m0si lewat dunia maya agar GK lbh terkenal lg..

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Februari 1, 2011 pukul 1:24 pm

      oke terimakasih…. dukungan dan masukan positif yang dapat membangun sangat kami tunggu demi kemajuan gunungkidul…

      Balas
  • 5. Gie-Art  |  Februari 1, 2011 pukul 12:14 pm

    Wow…. keren bgt dech pemandanganya.. Kapan2 aku mau coba daki juga.. semoga kesampean…:D

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Februari 1, 2011 pukul 1:23 pm

      oke ditunggu ya…. bisa contac saya dan mampir dirumah bapak saya, hehehe… sekarang posisi dmn?

      Balas
  • 7. Awie Wahana  |  Februari 1, 2011 pukul 12:41 pm

    Tetap semangat mas. Kesuksesan dalam segala hal dapat menimpa siapa saja yang bekerja keras dan dimanapun tempatnya. Pendiri Google (Larry Page dan Sergey Brin) pun memulai usahanya dari sebuah garasi. Begitu pula dengan Bill Gates dan Paul Allen.
    Terus berkarya mas Sugeng dan sukses selalu…

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Februari 1, 2011 pukul 1:22 pm

      oke terimakasih mas atas dukungan dan suportnya… insyaallah akan terus mengalir semangat dan mencoba selalu berkarya memberikan yang terbaik. ^_^

      Balas
  • 9. zainalarivin  |  Februari 1, 2011 pukul 5:13 pm

    selamat..saya siap membantu dari gresik aseli putra dusun jatikuning desa ngoro-oro kec patuk Kab gunungkidul YOGYAKARTA

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Februari 2, 2011 pukul 3:02 pm

      terimakasih….

      Balas
  • 11. Tray  |  Februari 1, 2011 pukul 9:06 pm

    Ikut bangga sbagai warga gunung kidul . . !
    Smoga gunung kidul yang menurut orang yang mendengar adalah desa yang gersang dan kering bisa lebih tau dan paham tentang keindahannya, dengan adanya blog ini . . !
    Tetap semangat mas Sugeng . . !

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  Februari 2, 2011 pukul 3:02 pm

      terimakasih atas dukungan nya … salam kenal

      Balas
  • 13. gigis  |  Februari 3, 2011 pukul 8:50 am

    sukses selalu mas. sudah mencoba untuk terus berkarya demi tumpah darah, semgoa apa yang sudah dirintis akan terus memberikan wacana kepada yang lain.. amiin… coba berkunjung juga ke blog saya, siapa tahu kita bisa share informasi tentang gunungkidul… suwun

    Balas
    • 14. Sugeng Handoko  |  Februari 3, 2011 pukul 10:23 am

      oke makasih mas… amin, kata orang orang sukses adalah orang yang memberikan banyak manfaat bagi banyak orang….

      Balas
  • 15. afif  |  Februari 3, 2011 pukul 11:30 am

    saya tau lokasi itu juga dari Internet…pertama saya di add oleh mas Handoko Purba di FB karena mungkin satu fakultas teknik, setelah saya liat liat foto-fotonya, saya tertarik ke lokasi. Kebetulan saat itu saya dalam perjalanan pulang ke JOgja setelah berwisata ke Desa Sawahan di Kec. Ponjong GK lalu ke Pantai Wedi Ombo. Namun sayang, karena keterbatasan waktu, saya hanya melewati 1/2 track saja.
    saya juga terkejut, ada lokasi sebagus itu dengan tiket masuk yang sangat murah. Caio buat mas Handoko..Jadi pengen kuliah lagi…:)

    Balas
    • 16. Sugeng Handoko  |  Februari 3, 2011 pukul 12:15 pm

      Terimakasih mas afif, memang internet banyak manfaat jika kita gunakan dengan kegiatan2 positif, nanti bisa datang lagi dan diluangkan waktu untuk bisa mencapai sampai puncak. he he he…

      Balas
  • 17. daniel  |  Februari 5, 2011 pukul 2:08 pm

    Smoga berhasil ya mas. ^_^

    Balas
    • 18. Sugeng Handoko  |  Februari 5, 2011 pukul 4:56 pm

      oke makasih mas daniel… dengan internet kita bisa berkarya…

      Balas
  • 19. devi okta  |  Februari 7, 2011 pukul 2:04 pm

    wess mass ta’ dongakee menaang Lg,,,eheheh

    Balas
    • 20. Sugeng Handoko  |  Februari 7, 2011 pukul 2:08 pm

      amin… makasih dev, aku pingin mengumandangan kepada dunia “Gunung kidul Jangan Pandang Sebelah Mata” kemarin saat presentasi di Braga City Bandung pada tertawa saat aku sebut diriku berasal dari daerah yang paling dikenal “Gunung Kidul” tapi setelah tau isinya maka tidak akan memandang sebelah mata… ^_^

      Balas
      • 21. devi okta  |  Februari 7, 2011 pukul 2:54 pm

        iyaa betuull mas,emank setiap d bilaang gunug kidull pasti pada ketawa,,,d bilangnya plosok desanya tanduuusss…..
        padahaal istimewaa bgt yaa….Lanjutkan Perjuangan Mu masss…hehehehe *Semaangaat

      • 22. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 1:10 pm

        oke makasih ya…. kita tunjukan Gunungkidul “jangan pandang Sebelah mata” Yogyakarta tetep terus Istimewa….

  • 23. irwan  |  Februari 8, 2011 pukul 11:56 am

    Ya…semoga bisa menang lagi…terus berkarya pumpung masih muda…;-)

    Balas
    • 24. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 1:09 pm

      Amin…. siap… alhamdulillah PNPM Wisata juga mau cair ini mas, kita diminta ngajukan 3 calon fasilitator dan kemarin temen2 ngujuk2i saya buat maju. Doakan lancar….

      Balas
      • 25. irwan  |  Februari 9, 2011 pukul 11:22 am

        kalau ga sibuk dengan kegiatan kuliah ya terima aja geng…
        buat ngawal dana yang besar gitu perlu orang2 yang berani. daripada di makan orang yang tidak bertanggungjawab,,,maju teruslah KT BPM…

      • 26. Sugeng Handoko  |  Februari 11, 2011 pukul 2:21 pm

        kalo sibuk kuiah sih ga mas, hanya tinggal sekripsi. he he he… iya insyaallah diambil, temen2 juga ngejok2e tapi juga tetep seleksi….

  • 27. suwarti  |  Februari 8, 2011 pukul 2:42 pm

    Alhamdulillah gunung api purba makin dikenal…..semoga tmbh byk hal yg bsa dgali…

    Balas
    • 28. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 2:54 pm

      oke makasih mbak… bantu kami promosi yah….

      Balas
  • 29. alwathaniyah  |  Februari 8, 2011 pukul 3:32 pm

    Mantap mas.. sukses buat tulisannya.. semoga menang lagi ya..😀

    Balas
    • 30. Sugeng Handoko  |  Februari 8, 2011 pukul 11:45 pm

      amin…. makasih ya, pokoknya berusaha dan berdoa…. he he….

      Balas
  • 31. dwi_hillary  |  Februari 11, 2011 pukul 2:55 pm

    sukses selalu buat yang tidak pernah menyerah

    Balas
    • 32. Sugeng Handoko  |  Februari 11, 2011 pukul 2:59 pm

      oke terimakasih, pokoknya tetep semangat dan terus berkarya….

      Balas
  • 33. kw  |  Februari 11, 2011 pukul 3:01 pm

    wow… top abis
    sukses ya

    Balas
    • 34. Sugeng Handoko  |  Februari 11, 2011 pukul 3:09 pm

      oke terimakasih, pernah datang dan berkunjung ke kawasan kami??? silakan dicoba…. ^_^

      Balas
  • 35. pardiono  |  Februari 11, 2011 pukul 3:07 pm

    ide yang brilian…..muncul dari anak muda tapi telah memiliki kemauan dan ditunjang kemampuan yang tinggi…….terus semangat mas….tujukan pada dunia bahwa digunung kidul pada umumnya dan Wisata Gunung api Purba nglanggeran khusunya… layak diperhitungkan….. ciptakan generasi muda yang tangguh…..SDM yang mumpuni…..kami bantu dengan Do’a semoga sesuai dengan yang kita harapkan….Amin..

    Balas
    • 36. Sugeng Handoko  |  Februari 11, 2011 pukul 3:11 pm

      oke terimakasih banyak atas dukungannya pak, kami sekuat mungkin berupaya yang muda yang berkarya, tapi tanpa harus meninggalkan yang sepuh. karena yang tua lebih berpengalaman dan banyak ilmu serta kemampuan lainnya….

      Balas
  • 37. Jamroni  |  Februari 13, 2011 pukul 6:09 am

    Gunungapipurba atau nglanggeran lah yang akan membimbing mas handoko untuk berdiri dan berkembang, layaknya bunga mashandoko calon bunganya yang akan mekar di sukai orang dan gunungapipurba adalah tanah dan batangnya, maka suburkan tanah dan kuatkan batangnya.
    InsyaAllah nglanggeran suatu saat menjadi pioneer kecamatan patuk. Semoga Allah selalu membimbingmu Amin.

    Balas
    • 38. Sugeng Handoko  |  Februari 13, 2011 pukul 8:58 pm

      amin…. terimakasih do’anya pak Jamroni. Sebenarnya saya juga ada beberapa hal yang delima. disatu sisi saya ingin merancang masa depan saya tapi disisi lain tetep ingin mendampingi daerah saya untuk mencapai mimpi-mimpi kami, jadi saat ini saya berupaya melakukan apa yang bisa saya lakukan dan mengalir mengikuti jalan Allah membawa saya ke yang terbaik. Semoga apa yang terbaik bagi kami bisa saya dapatkan. amin…

      Balas
  • 39. Umi  |  Februari 13, 2011 pukul 9:47 pm

    Mungkin peran mas Sugeng ini begitu besar untuk kemajuan GAP untuk menjadi sekarang ini, dan tentunya peran Laskar Purba juga. anyway,,,salut banget atas perjuanganmu…Kayau…

    Balas
  • 40. aning  |  Februari 13, 2011 pukul 10:28 pm

    maju teruss…cm doa dan dukungan semangat dr mbak mu yg jauh ini……

    Balas
  • 41. Umi  |  Februari 13, 2011 pukul 10:37 pm

    Salut atas perjuanganmu…kayau..

    Balas
  • 42. Umi  |  Februari 13, 2011 pukul 10:38 pm

    Salut atas perjuanganmu..kayau..lanjutkan!

    Balas
    • 43. Sugeng Handoko  |  Februari 14, 2011 pukul 11:58 am

      oke makasih ya….

      Balas
  • 44. Ully  |  Maret 6, 2011 pukul 12:27 pm

    semoga mimpi2 memajukan daerah segera terwujud.hingga tidak hanya Nglanggeran saja,mungkin bisa memotivasi daerah lainnya untuk lebih maju lagi.Semangat ya buat karang tarunanya!!!

    Balas
    • 45. Sugeng Handoko  |  Maret 6, 2011 pukul 8:51 pm

      oke mbak Ully…. Tetap semangat dan terus berkarya….

      Balas
  • 46. suci  |  Juni 6, 2011 pukul 11:25 am

    Buat mas Sugeng dan kawan kawan Karang Taruna di Nglanggeran, salut untuk komitmen dan semangat teman teman untuk memajukan Nglanggeran lewat potensi wisata Gunung Api Purba. Pokoknya keren habis dan bangga bisa mengenal kalian. Aku ga akan bosan untuk menikmati keindahan alam Nglanggeran… terus semangat dan sukses selalu.

    Balas
  • 47. Gil  |  Juli 27, 2011 pukul 10:56 am

    blog dan cerita yang menarik mas

    Balas
    • 48. Sugeng Handoko  |  Agustus 4, 2011 pukul 4:02 pm

      Makasih… ^_^

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: