Gunung Api purba kurang penunjuk arah dan media promosi

Februari 8, 2011 at 2:41 pm 3 komentar


Promosi, sebuah kata yang begitu kita mendengarnya maka akan terbayang dengan sebuah produk dan biasanya produk tersebut baru. Dengan adanya promosi maka diharapkan akan memperkenalkan produk tersebut kemudian banyak orang tahu dan membelinya. Selain untuk produk dipasaran promosi juga sangat penting didalam dunia pariwisata. Suatu daerah tidak akan dikunjungi dan dikenal oleh daerah atau orang lain tatkala tidak ada informasi yang disampaikan. Hal itu juga yang “saya” rasakan dan pikirkan.

Untuk melakukan promosi suatu produk dengan brand/merk tertentu siap mengeluarkan dana yang sangat besar. Lihat saja di televisi, banyak produk motor, handphone, kartu provider, dan bahkan rokok bersedia mengeluarkan uang milyaran rupiah untuk bisa iklan di televisi dengan memilih waktu-waktu strategis tertentu.

Demi perbaiki Promosi Dengan alat terbatas "Laskar Purba" memasang baliho

Demi perbaiki Promosi Dengan alat terbatas "Laskar Purba" memasang baliho

Dengan melihat kondisi seperti itu terlintas dalam benak saya, “kami” mempunyai “produk” baru. Namanya “Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran” dan kawasan ini belum dikenal oleh masyarakat luas. Jadi untuk bisa dikenal maka kami harus promosi dan melakukan iklan. Dalam hatipun saya tertawa, ha ha ha ha ha….. uang dari mana saya dapat iklan? Pemasukan dari hasil pengelolaan wisata kami saja masih minim dan digunakan untuk yang lebih penting, yaitu pembangunan dan penambahan fasilitas disekitar dikawasan. Seperti MCK, gardu pandang, perbaikan jalur traking dan juga sekretariat.

 

Malam2 pasang balihonya jam 00.30 sapai sekretariat lagi jadi bawa sarung

Malam2 pasang balihonya jam 00.30 sapai sekretariat lagi jadi bawa sarung

Sering saya mendengar, “jika ada kemauan pasti ada jalan”. Itulah yang menjadikan kami tetep optimis dan semangat. Dengan berbekal kemauan saya membuat media “promosi” menggunakan internet (web,blog dan facebook), bersama teman-teman lain (anggota karang taruna BPM) aksi terjun ke lapangan pun ami lakukan dengan masuk-masuk ke sekolahan (SD,SLTP, dan SLTA) di sekitar jogjakarta dan klaten untuk memberikan brosur dan paket outbond/camping juga. Alhamdulillah promosi itupun membuahkan hasil.

Setelah para pengunjung pada datang, timbul lagi sedikit masalah/kendala. Apa? “Akses menuju lokasinya susah mas”. Itu yang disampaikan salah satu wisatawan. Susahnya karena apa? Karena baru pertama kali datang dan hanya berbekal alamat dan peta, maka mau masuk arah menuju kawasan kami sulit karena tanda beloknya tidak ada. (ada tapi belum optimal). Ya bisa dikatakan ada karena kami sudah memasang di jalan raya patuk (baliho ukuran 2×2 dan penunjuk arah kecil) hasil bantuan dari Puspar UGM, dan kementrian dalam negeri.

Setelah adanya bantuan itupun memberikan manfaat yang besar bagi kami, namun masih belum optimal karena ukuran yang kecil dan kurang banyaknya arah menuju kawasan kami. Dari Dinas Budpar Gunungkidul juga memberikan bantuan promosi dengan Fam Tour dengan membawa tamu ketempat kami, itu merupakan media promosi juga.

Namun alangkah baiknya jika dari pemerintah memasang tanda-tanda menuju kelokasi permanen seperti arah menuju wonosari, yogyakarta, malioboro,dll. Nah itukan sangat mendukung dan terjangkau serta lebih rapi dari pada masing-masing objek wisata membuat papan penunjuk arah sendiri dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Jika ditawari media promosi lain itulah yang akan kami minta. He he he….

Sampai saat ini (senin 7 februari 2011) dapat saya sampaikan bahwa kawasan ekowisata gunung api purba dan desa wisata nglanggeran masih kurangnya penunjuk arah dan media promosi (baliho). Semoga dengan batasan minimnya fasilitas promosi, tidak menyurutkan kami selaku pengelola untuk tetap berusaha mengangkat kawasan kami. Tetap Semangat dan terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Curhat Handoko, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , .

Dari Kamar Kost, Kubuat Wisata untuk Desaku Perjalanan Jogja-Semarang

3 Komentar Add your own

  • 1. Prista Fantasia  |  Februari 27, 2011 pukul 7:36 pm

    kemarin sempat nyasar juga, tapi akhirnya nyampe kesana dan sungguh menajubkan🙂

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Februari 28, 2011 pukul 6:58 am

      oke terimakasih ya…. salam kenal…

      Balas
  • 3. Tanto  |  Maret 17, 2011 pukul 2:10 pm

    di per4an patuk dibuat baleho tentang gunung nglanggeran dengan ukuran besar supaya lebih dikenal.. dan banyak orang yang tahu…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: