Menariknya Live Bersama Dewa Pesona Purba Nglanggeran

Maret 10, 2011 at 2:56 pm 3 komentar


Kegiatan Live In merupakan kegiatan hidup ditengah-tengah masyarakat dan melakukan kegiatan aktivitas di Desa menjadi masyarakat desa. Akan kita temui berbagai macam kegiatan menarik di Dewa Pesona Purba (Desa Wisata Pesona Purba) di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Berbagai kegiatan menarik dapat kita lakukan di Desa Wisata tersebut dengan suasana alam pedesaan yang asri dan panorama permadani hijau area persawahan serta kemegahan Gunung Api Purba yang menjulang.

Keceriaan saat Belajar cocok tanam padi

Keceriaan saat Belajar cocok tanam padi

Kegiatan Live In pertama kali dilaksanakan di Desa Nglanggeran pada tanggal 27 Februari – 1 Maret 2011 dari SMA Islamic Village Tangerang. Terdapat 111 siswa  dan 9 bapak/ibu guru tinggal dirumah masyarakat desa yang terbagi menjadi 22 rumah. Dalam kegiatan selama 3 hari tersebut dikemas dan diisi berbagai kegiatan menarik dan mendidik. Kegiatan yang dilakukan antara lain belajar membatik topeng, belajar budidaya kakao dan pengolahannya, serta belajar karawitan dan budaya lokal dilakukan dihari pertama. Hari kedua, pagi diisi dengan kegiatan outbond yang dimana dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian soft trakking susur desa dan sekitar kawasan gunung api purba. Siang harinya melakukan kegiatan petualangan dengan flying fox dan rafling hingga sampai waktu dzuhur.

Kegiatan mulai lagi setelah istirahat dengan menjadi masyarakat desa, mengikuti segala aktivitas induk semang yang ditinggalinya. Ada yang diajak ke sawah untuk menyemai padi, membuat makanan khas ala Purba Rasa, dan ada juga yang mencari rumput dan memberikannya ke ternak warga. Setelah jadwal menjadi masyarakat desa selesai, pkl 15.00 peserta live in kembali lagi berkumpul di Pusat Kegiatan (Pendopo Joglo Kalisong) untuk mengikuti rangkaian acara berikutnya yaitu lomba-lomba.

Cihuiiii... Fying Fox

Cihuiiii... Fying Fox

Maen Egrang Yukkk...

Maen Egrang Yukkk...

Jenis lomba yang kami tawarkan sangat beragam dan semuanya adalah permainan tradisional yang jarang ditemui di kota, diantaranya egrang, teklek, cuthit, itu yang dilakukan saat siswa Islamic village tangerang. Permainan lain masih banyak kayak gobak sodor, dingklik ongklak angklik, tasbin, jek-jekan dan masih banyak lagi. Dari lomba-lomba yang diselenggarakan nanti akan dicatat regu pemenangnya dan ada hadiah yang disediakan. Kegiatan berakhir pkl.17.15 dan siswa pun kembali ke rumah masing-masing bertemu bapak ibu mereka di desa.

Acara dimulai lagi pkl.19.30 untuk malam kesenian dan api unggun. Dibagi menjadi beberapa kelompok dan menampilkan kreativitas kesenian masing-masing. Sambil api unggun dan bakar jagung akan mempererat persahabatan antar siswa dan juga dengan masyarakat desa.

Asyiknya sepak bola Lumpur... ^_^

Asyiknya sepak bola Lumpur... ^_^

Hari ketiga menjadi hari senang-senang selama tinggal didesa, kegiatan dikemas menjadi lebih santai, pagi pkl 07.30 dimulai dengan belajar bertani membajak sawah, nggaru kemudian langsung ditanami padi. Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa karena dijelaskan cara-cara menanam padi dan teknik yang dilakukan secara tradisional oleh masyarakat desa. Dalam sesi ini siswa juga diberikan kesempatan bermain lumpur dan juga bermain bajak (naik bajak bersama sapi). Wahhh…. Pokoknya pada seru-seruan….

Belajar batik Topeng

Belajar batik Topeng

Hal yang lebih seru lagi setelah belajar cocok tanam padi adalah sepak bola lumpur…..!!! huuuuaaahhhh menjadi moment yang tidak bisa terlupakan. Hapir semua siswa baik putra dan putrid diberikan kesempatan. Ada lomba sepak bola lumpur dan selanjutnya mandi di kali. Saat mandi dikali ada moment cinta lingkungan juga yaitu melepaskan ikan-ikan ke kali. . .

Setelah selesai acara seru-seruan disawah peserta live in kembali kerumah induk semang kemudian mandi,istirahat dan packing untuk city tour ke Jogja. Yah… karena lokasi Desa Nglanggeran hanya jarak tempuh 35-40 menit saja dari kota jogja. Acara terakhir adalah ceremonial perpisahan di Pendopo Joglo Kalisong. Hadir dari pemerintah desa Nglanggeran, semua pemilik home stay (induk semang), seluruh panitia (karang taruna), dan siswa-siswi serta bapak/ibu guru SMA Islamic Village. Dalam kesempatan itu ada perwakilan masing-masing menyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan.

Suasana haru dan tetesan air mata mengiringi ceremonial penutupan live in di Desa Nglanggeran. Siswa – siswinya merasa enggan untuk meninggalkan Bapak dan Ibu Baru mereka di Desa begitu juga para pemilik home stay tidak rela melepas anak-anak mereka. Tangisan dari siswa-siswi tidak bisa membendung tetesan air mata kami warga Desa Nglanggeran. Lambaian tangan dan iringan rombongan meninggalkan ikatan kekeluargaan dan silaturahmi antara kami. Hingga batas keluar Desa sampai jalan Jogja-Wonosari kami mengawal keluarga baru kami untuk kembali menuju rumah mereka di Tangerang….

Semoga kegiatan live in di Desa Nglanggeran memberikan manfaat bagi siswa-siswi yang belajar menjadi masyarakat desa untuk bisa lebih mandiri dan menghargai kerja keras orang tuanya. Dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Nglanggeran dengan tambahnya pengetahuan dan saudara serta roda perekonomian masyarakat. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! Sugeng Handoko

Foto2 lain dapat diliat di : FB Gunung Api Purba disini Lagi : Liat Gambar Lagi

Entry filed under: Desa Nglanggeran, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , .

HASIL RAPID ASSESSMENT DESA NGLANGGERAN KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL Cerita Nglanggeran Tentang pagi Yang menakjubkan

3 Komentar Add your own

  • 1. PRofijo  |  Maret 10, 2011 pukul 5:41 pm

    Nek pas mudik kudu mrono kie…..

    Balas
  • 2. didta7  |  Maret 13, 2011 pukul 7:24 am

    wow keren ya

    Balas
  • 3. cahndeso  |  April 2, 2011 pukul 2:53 pm

    Keren nih mas bro ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: