Wajah Baru Desa Nglanggeran

April 13, 2011 at 10:32 pm 2 komentar


Desa Nglanggeran, kini semakin meroket memperlihatkan budaya dan juga sejuta potensi didalamnya. Berbagai lini masyarakat melakukan pembenahan-pembenahan dan juga peningkatan untuk menjadi Desa teladan. Hal tersebut sudah mulai terealisasi. Dibuktikan dengan maju mewakili kecamatan Patuk untuk lomba Desa Tingkat kabupaten Gunungkidul pada tahun ini 2011.

Kantor Desa Nglanggeran

Kantor Desa Nglanggeran

Desa yang merupakan salah satu Desa Wisata di Gunungkidul yang cukup aktif ini mengangkat pariwisata menjadi unggulan dalam perlombaan desa tahun 2011 Tingkat kabupaten. Dengan berkembangnya pariwisata di desa ini masyarakat menjadi dapat melakukan aktivitas perekonomian.
Pengembangan pariwisata di Desa Nglanggeran bisa dikategorikan menjadi 2 diantaranya adalah “Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba” yang dikelola oleh masyarakat lokal (dan akan dipertahankan terus agar masyarakat terlibat dan lingkungan tetap terjaga). Yang kedua adalah pengembangan menjadi “Dewa Pesona Purba” (Desa Wisata Pesona Purba) yang dimana “menjual” kegiatan masyarakat setempat sebagai daerah pertanian dengan atraksi pertaniannya dan juga Budaya yang masih melekat pada masyarakat Desa Nglanggeran. Budaya disini memiliki banyak pemahaman, dari budaya hidup bermasyarakat dengan gotong-royongnya, budaya tata krama dalam bermasyarakat, budaya adat masyarakatnya dan juga seni budaya masyarakatnya.

Pemasangan Plang di Sudut-sudut Desa oleh Pemuda karang taruna

Pemasangan Plang di Sudut-sudut Desa oleh Pemuda karang taruna

Di Desa Nglanggeran dapat dikatakan semua kelompok masyarakat memiliki mimpi dan cita-cita yang sama, menjadikan Nglanggeran yang sejahtera melalui Pariwisata. Dari kelompok terkecil organisasi desa, Karang Taruna Bukit Putra Mandiri menjadi pengelola kawasan ekowisata gunung api purba dan juga pemandu wisata, Organisasi perempuan (PKK Desa Nglanggeran) tergabung dalam “KUBE PURBA RASA” yaitu Kelompok Usaha Bersama Purba Rasa mengolah makanan hasil pertanian yang dihasilkan menjadi kuliner untuk wisatawan dan juga dijual diwarung-warung sekitar desa Nglanggeran. Kelompok bapak-bapak petani tergabung dalam “GAPOKTAN” (Gabungan Kelompok Tani) yang mengolah pertanian menjadi pertanian ramah lingkungan dan dengan sentuhan teknologi. Hasil pertaniannya diolah oleh kelompok “KUBE PURBA RASA”. Pengembangan saat ini di Desa Nglanggeran adalah perkebunan Kakao.
Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh warga masyarakat untuk pengembangan Desa Nglanggeran diantaranya adalah masih minimnya fasilitas akses jalan. Yang dimana jalan kabupaten di Desa Nglanggeran belum aspal, dan ada beberapa ruas jalan yang sudah beraspal rusak parah hingga saat ini (12 April 2011).
Harapan masyarakat Desa Nglanggeran agar bisa diperhatikan khususnya untuk akses sarana prasarana jalan untuk mendukung pengembangan pariwisata yang sudah menjadi cita-cita seluruh warga masyarakat Desa Nglanggeran. Selain itu pengembangan pariwisata di Desa Nglanggeran agar tetap merupakan pariwisata yang berbasis masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi pelaku utama dan tidak hanya menjadi penonton atraksi pariwisata. Semoga kedepannya nanti pariwisata di Desa Nglanggeran dapat menjadi wisata Unggulan Gunungkidul dan Yogyakarta dengan pengelolaan murni warga masyarakat dengan pendampingan dari pemerintah. Amin………… Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng handoko)

Entry filed under: Desa Nglanggeran. Tags: , , , , , , .

Cerita Nglanggeran Tentang pagi Yang menakjubkan Nglanggeran Berbudaya

2 Komentar Add your own

  • 1. Febri  |  Juli 5, 2011 pukul 3:14 pm

    mantab
    tetap semangat teman2
    semoga berkah dan berhasil usahanya. Aaminn

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Juli 6, 2011 pukul 12:14 pm

      amin dan alhamdulillah ada buah manisnya…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: