Nglanggeran Berbudaya

April 18, 2011 at 11:10 am 4 komentar


Kebanyakan suatu daerah memiliki sebuah motto maupun tema yang diangkat. Motto atau tema tersebut biasanya memberikan gambaran sekilas tentang suatu daerahnya. Hal itu juga terjadi di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Desa Nglanggeran memiliki motto “Nglanggeran Berbudaya”. Kata berbudaya selain menampilkan secara eksplisit kegiatan kebudayaan yang masih di jaga di Desa Nglanggeran juga memuat arti khusus. Budaya dapat diartikan luas di Desa Nglanggeran diantaranya dari kehidupan budaya gotong-royongnya, budaya ramah tamah, masih menjunjung tinggi nilai budaya adat didalam masyarakat dan masih terpeliharanya budaya kesenian lokal seperti jathilan, uyon-uyon, wayangan dan kethoprak.

Seni Budaya Masyarakat Desa Nglanggeran

Seni Budaya Masyarakat Desa Nglanggeran

Masyarakat memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dalam melestarikan budayanya namun terkadang mengalami kendala dalam hal penunjangnya. Seperti halnya ingin melestarikan budaya lokal kethoprak dan uyon-uyon untuk diteruskan oleh generasi muda, namun tidak memiliki seperangkat gamelan yang mendukung. Namun hal itu tidak membuat henti kreativitas para pemudanya yaitu dengan menggabungkan teknologi dan budaya lokal maka terdapat teater kethoprak dengan music dari music computer.

Nglanggeran Berbudaya juga memiliki arti dari masing-masih huruf penyusunnya yaitu B : Bersih, E :Elok, R : Rukun, B: Budaya, U: Ungul, D: Damai, A: Aman, Y: Yakin, A: Asri. Itulah huruf-huruf penyususn kata Budaya dalam Motto desa Nglanggeran Berbudaya.

Panitia Perlombaan Tingkat kabupaten 2011 "Nglanggeran Berbudaya"

Panitia Perlombaan Tingkat kabupaten 2011 "Nglanggeran Berbudaya"

Dalam Perlombaan Desa Tingkat kabupaten 2011 yang diselenggarakan di Desa Nglanggeran pada tanggal 5 April 2011 yang lalu, dari Desa Nglanggeran juga mengangkat tema Nglanggeran Berbudaya. Seluruh warga masyarakat dan juga pamong desa mengenakan pakaian jawa saat prosesi penilaian berlangsung. Partisipasi dan dukungan masyarakat terlihat kompak dan secara hikmat diikuti oleh seluruh warga masyarakat Desa Nglanggeran.

Semoga dengan adanya Motto dan juga semangat dari Pemerintah Desa Nglanggeran dan mendapatkan dukungan dari seluruh warga masyarakat maka Desa Nglanggeran benar-benar menjadi Desa Budaya dan tetap menjunjung nilai-nilai Budaya lokal yang terus tetap dilestarikan keberadaannya. Sehingga nilai budaya bangsa Indonesia tidak terkikis oleh kebudayaan luar yang tidak sesuai dengan nilai kepribadian Bangsa Indonesia. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng handoko)

Entry filed under: Desa Nglanggeran. Tags: , , , , .

Wajah Baru Desa Nglanggeran Goa Pindul

4 Komentar Add your own

  • 1. episodetu7uh  |  April 18, 2011 pukul 12:02 pm

    Saluuut

    Balas
  • 2. Dedik  |  Juni 8, 2011 pukul 9:52 am

    Aku kangen nglanggeran!

    Balas
  • 3. Febri  |  Juli 5, 2011 pukul 3:17 pm

    mantabbb

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Juli 6, 2011 pukul 12:05 pm

      makasih ya…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: