Gunung Nglanggeran Dinilai Tim Pusat

Agustus 11, 2011 at 2:12 pm 14 komentar


Sumber : Kedaulatan Rakyat Halaman 3, Rabu Kliwon 10 Agustus 2011 (10 Pasa 1944)

KR_Cipta Pesina Award 2011

KR_Cipta Pesina Award 2011

Wonosari (KR)- Tim Penilai Lomba Cipta Pesona Wisata Award mengunjungi objek wisata Gunung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Selasa (9/8). Rombongan dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata dipimpin Ari SUhandi diterima pengurus objek wisata Sugeng Handoko beserta perangkat desa. “Serangkaian agenda atau paparan Gunung Nglanggeran memang cukup baik, namun yang paling penting pada memaksimalkan implementasinya. Sehingga objek wisata bisa berkembang, “ ujar Ari Suhandi yang diterima pengelola di Pendopo Kalisong Nglanggeran, Patuk.

            Penilaian Obwis Nglanggeran ini sebab masuk ke-10 besar tingkat nasional. Dikatakan pengelola Gunung Nglanggeran ternyata mampu menarik banyak pengunjung. Sehingga perlu diperjelas dalam pembagian pendapatan yang masuk ke pengelola. Termasuk paket wisata juga mesti dipetakan atau lebih rinci tentang seberapa besar yang masuk ke kas maupun pembagian pengelola. “Dengan aturan yang tertulis tentu akan lebih baik. Terlebih Gunung Nglanggeran sudah memiliki “Tiket” ke Jakarta ucapnya.

            Pengelola Obwis Sugeng Handoko dalam laporannya menuturkan, Gunung Nglanggeran merupakan objek wisata alam, gunung purba sebab gunung yang pernah aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Penanganan obwis kini dipegang oleh Karangtaruna yang melibatkan tiga dusun.

 Tanggapan saya :

Yang pertama penulis sangat bersyukur karena telah menjadi salah satu finalis dalam Lomba Citra Pesona Wisata (Cipta Award 2011). Selanjutnya penulis juga berterimakasih kepada KR yang telah membantu kami dalam menyampaikan informasi, bahwa Gunungkidul memiliki potensi yang luar biasa dan hal itu patut kita syukuri dan kita banggakan dengan mengelolanya dengan sebaik mungkin. Kami cukup senang dan bangga dari 108 peserta se-Indonesia Kami Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran bisa masuk ke 10 besar.

Lomba yang diselenggarakan oleh Kementrian Budpar RI memberikan kepada kelompok masyarakat pengelola yang mengelola kawasannya dengan baik. Untuk lomba yang diikuti Gunung Nglanggeran adalah lomba kawasan wisata berwawasan lingkungan. Hal tersebut memang sudah menjadi budaya dan kebiasaan pengelola (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri) untuk selalu peduli dengan lingkungan dan menjaganya. Kegiatan peduli lingkungan dilakukan antara lain :

a)  Pengelola melakukan penghijauan dan penanaman pohon dari sebelum dijadikan kawasan wisata hingga kini ramai dikunjungi wisatawan, sehingga mendapatkan penghargaan dalam berbagai lomba diantaranya :

     i.       Pengelola mendapatkan penghargaan dari Gubernur DIY sebagai Juara pertama Penyelamat Lingkungan dalam rangka Seleksi kalpataru 2009

     ii.       Pengelola mendapatkan penghargaan dari Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (KAPEDAL) sebagai Juara pertama Lomba Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2009 Kategori Penyelamat Lingkungan,

     iii.       Pengelola mendapatkan penghargaan dari Dinas pariwisata DIY bahwa Desa Nglanggeran sebagai desa Wisata dengan Keunikan Alam pada Lomba Desa Wisata se-DIY pada Tahun 2009

     iv.       Pengelola mendapatkan penghargaan dari Bupati Gunungkidul sebagai juara pertama pada lomba Penghijauan Swadaya Tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2001

b)  Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba menerapkan paket wisata tanam pohon, yang dimana setiap kelompok pengunjung diwajibkan menanam pohon di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba.

c)  Selalu melakukan kampanye cinta lingkungan dan selalu menjaga kebersihan kepada wisatawan saat brefing sebelum pendakian.

Dalam upaya menjadikan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi wisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat masih panjang dan banyak tantangan yang dihadapi. Semoga dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dapat kami emban dengan baik. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Gunung Api Purba Bersaing dengan Rinjani, Kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan, Mangrove edu.center tapak tungu semarang, Mandala wisata wenara wana Bali, Pemandian air panas Buleleng, Wisata alam kemasyarakatan Kalibaru, dll. Selengkapnya KLIK

Entry filed under: Karang Taruna Bukit Putra Mandiri, Kliping. Tags: , , , .

Pelaku jahat di Gunung Api Purba Pasti Terungkap Gunung Api Purba Nglanggeran Masuk Finalis Lomba Cipta Award 2011

14 Komentar Add your own

  • 1. Hanim Fathmana  |  Agustus 11, 2011 pukul 2:40 pm

    Hmm, membanggakan yaa..
    Semoga menang juara I,, *Amiiin..🙂
    Semakin terkenal dan semakin maju ya GAP.. ^_^

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Agustus 11, 2011 pukul 2:52 pm

      iya makasih ya hanim…. (*kali juara 1 nanti minta ditraktir aja) hehehe…. ^_^

      Balas
  • […] Info penilaiannya : Sumber KR-Jogja […]

    Balas
  • 4. Ummi Salim  |  Agustus 11, 2011 pukul 3:32 pm

    Amazing,,,masuk 10 besar pun sudah sangat membanggakan,apalagi kalu jadi juara 1,,hmmm sungguh prestasi yang luar biasa,,tetap semngat terus GAP. semoga semakin maju.

    Balas
    • 5. Sugeng Handoko  |  Agustus 11, 2011 pukul 3:55 pm

      amin, makasih mbak…

      Balas
  • 6. Kawit (Putut II)  |  Agustus 11, 2011 pukul 9:26 pm

    Selamat ya.. GAP, aku turut bangga….

    jadi kangen sdh lama ga kesana…. SUKSES YA…

    Balas
    • 7. Sugeng Handoko  |  Agustus 12, 2011 pukul 1:43 pm

      Terimakasih mas…. ditunggu kedatangannya… ^_^

      Balas
  • 8. irwan  |  Agustus 12, 2011 pukul 1:26 pm

    oi selamat mas sugeng atas prestasinya bersama GAP. mudah2an bisa menang. walaupun skrg KTPnya bukan penduduk nglanggera lagi , tapi tetap mendukung dan senang nglanggeran terkenal…:-)

    Balas
    • 9. Sugeng Handoko  |  Agustus 12, 2011 pukul 1:42 pm

      Iya terimakasih mas Irwanto, ini juga berkat dari senior2 kami (*seperti njenengan) hehe…. Terimakasih atas doa dan dukungannya, semoga kedepan bisa lebih baik lagi ^_^

      Balas
  • 10. Marhaban Ya Ramadhan  |  Agustus 25, 2011 pukul 5:34 pm

    dulu sktar 5th yg lalu hmpir tiap malem minggu sya sma tmen2 SAR GK,
    kpan bsa ksna lg sma tmen2 SAR GK?

    Balas
    • 11. Sugeng Handoko  |  Agustus 26, 2011 pukul 11:04 am

      sekarang setiap malam minggu lebih rame lagi pengunjungnya, monggo datang lagi, untuk mengingat kembali 5 tahun yang lalu, hehe…

      Balas
  • 12. sudi yana  |  September 25, 2011 pukul 4:34 pm

    mohon tamaman di tpi jalan di rawat jangan hanya jadi slogan kesadaran tugas piket kurang produktif ini demi baiknya

    Balas
    • 13. Sugeng Handoko  |  September 27, 2011 pukul 8:25 am

      oke, memang saat ini kendala terbesar menyadarkan semua pihak terutama yg jaga piket. terimakasih masukannya…

      Balas
  • 14. SUDIYANA  |  Februari 29, 2012 pukul 7:26 am

    GUNUNG API PURBA MENYIMPAN BANYAK MISTERI PADA SAAT INI BELUM TERLIHAT YUUK KITA SAMA SAMA UNTUK MENGANGKATNYA AGAR EKONOMI MASYARAKAT LEBIH SEJAHTERA LIBATKAN SEMUA POTENSI SDM /SDA YG ADA

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: