Ketika bertambahnya Gelar di Namaku

September 1, 2011 at 1:27 pm 1 komentar


Sebuah titik puncak kepada seorang mahasiswa tatkala sudah selesai menjalankan studi adalah keputusan diluluskannya mahasiswa tsb. Atau biasa disebut dengan Yudisium yaitu sidang penentuan kelulusan dan penambahan gelar kepada mahasiswa yang telah memenuhi semua ketentuan dan persyaratan untuk diluluskan.

Foto By Google

Foto By Google

Hal itu juga dirasakan penulis pada tanggal 25 Agustus 2011 yang juga bertepatan pada tanggal 25 Ramadhan 1432 H. Dengan berpakaian rapi, baju putih berdasi hitam dan celana warna hitam serta sepatu hitam mengkilat menuju Kampus 3 UAD untuk mengikuti Yudisium. Sesampai diruang sidang disampaikan oleh petugas bahwa yudisium diikuti oleh 17 mahasiswa FTI (Fakultas Teknologi Industri) pada hari itu. FTI terdiri dari 4 Prodi yaitu Teknik Indstri, Teknik Informatika, Teknik Kimia dan Teknik Elektro.

Saat Yudisium penulis hanya bersamaan dengan 1 teman Prodi Teknik Industri namun angkatan 2004, 1 teman sesama sekolah seangkatan semasa SMK (*angkatan 2006 namun beda jurusan/ beliau Jurusan Teknik Informatika), setidaknya itulah yang dikenali penulis saat sidang yudisium berlangsung. Hehe….

Penulis sangat bersyukur dari 19 peserta yudisium termasuk yang dinyatakan kedalam 4 mahasiswa cumluade. Cukup senang dengan mendapatkan IPK 3,72 dalam lama study kurang dari 5 tahun. Waktu yang tidak sebentar, sesungguhnya bisa dengan waktu yang lebih cepat, karena Alhamdulillah dari semua mata kuliah yang diambil hampir tidak ada yang diulang, hanya saja 1 mata kuliah dengan 1 sks terjadi mis communication dosen pengampu sehingga harus mengulang. Penyelesaian Tugas Akhir yang telah diambil selama 3 semester (semester 8,9,10) dan baru dikerjakan pada semester 10 menjadi penghambat/penambahan lama kelulusan dikarenakan berbagai kegiatan yang diikuti penulis. Namun sangat bersyukur Alhamdulillah mendapatkan banyak manfaat disisi lain baik secara akademis maupun non akademis dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut (*walau menambah waktu lama study karena tidak konsen hanya menyelesaikan TA)

Saat melakukan yudisium terdapat beberapa pesan dari dekan maupun dosen diantaranya pesan untuk menjaga 3 nama baik yaitu nama baik diri sendiri, nama baik keluarga dan nama baik almamater. Selain itu juga disampaikan agar tetap terjalin silaturahmi antara mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus dengan kampus, yaitu silaturahmi alumni dengan universitas.

Harapan penulis dengan selesainya tahapan pendidikan di bangku kuliah tidak menjadi akhir dari proses belajar, dan semoga bisa melanjutkan belajar lagi dengan media apapun. Selain itu penulis juga berharap agar setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar pendidikan yang disandang dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat. Yudisium bukan titik puncak kesuksesan tapi merupakan awal menuju sebuah kehidupan yang sebenarnya yaitu untuk bisa bermasyarakat, berjuang dan menyiapkan sebuah keluarga serta kondisi lingkungan kerja yang belum tentu nantinya.

Besar harapan penulis untuk dapat melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi mengikuti jejak Paman penulis untuk menempuh S2, sebuah cita-cita yang tidak mudah untuk diraih pada kesempatan saat ini karena penulis sadar harus berbekal dana yang tidak sedikit. Namun masih ada keinginan untuk meraih cita-cita tersebut jika ada kesempatan apakah beasiswa atau bekerja dulu baru melanjutkan untuk kuliah lagi.

Demikian ketukan jemari penulis, pengalaman melakukan yudisium dan penambahan gelar sarjana sehingga nama menjadi Sugeng Handoko, S.T. semoga pendidikan dan gelar yang didapat menjadi barokah bagi diri sendiri, keluarga, calon keluarga baru (istri dan anak), bagi masyarakat, agama, bangsa dan Negara. Amin…. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Curhat Handoko. Tags: , , .

Pengembangan SEGITIGA EMAS GUNUNGKIDUL Pengembangan Ekowisata, pariwisata berbasis Masyarakat

1 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: