Dua hari Raup Rp. 50 Juta

September 3, 2011 at 12:42 pm Tinggalkan komentar


Ribuan pengunjung serbu pantai Baron

Sumber : Kedaulatan rakyat halaman 3 (Jumat Pon 2 September 2011/4 sawal 1944)

Lebaran 2011 Kawasan Gunung Api Purba 2 kali lipat pengunjung biasa

Lebaran 2011 Kawasan Gunung Api Purba 2 kali lipat pengunjung biasa

 Wonosari (KR) – Ribuan wisatawan terus membanjiri kawasan Pantai Baron dan sekitarnya, sejak selasa (30/8) hingga kamis (1/9) kemarin. Bahkan selama dua hari yakni selasa (30/8) dan rabu (31/8) tercatat 15.300 pengunjung dengan pendapatan Rp. 55.692.000. Dipridiksi kunjungan akan terus  meningkat hingga, Minggu (4/9).

            ‘’Pada kunjungan hari lebaran pertama di dominasi mobil pribadi baru kendaraan sepeda motor. Sedangkan hari kedua didominasi sepeda motor kemudian mobil. Selain wilayah DIY, wisatawan banyak yang berasal dari Jawa Tengah dan sejumlahkotabesar lainnya,’’ kata koordinator pos retribusi Pantai Baron, Supardi, kepada KR, kamis (1/9).

            Dikatakannya, sejak kunjungan hari pertama lebaran tidak terjadi kemacetan. Namun untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi antrean panjang juga sudah disiagakan pos kedua yang di harapkan bisa memperlancar arus kujungan wisatawan.

‘’Untuk kelancaran jalan, petugas juga berkoordinasi dengan personel Dinas perhubungan komunikasi dan informatika dalam pengaturan kendaraan baik mobil pribadi maupun sepeda motor. Sehingga tidak sampai terjadi kemacetan dalam tiga hari ini,’’imbuhnya.

Pantauan di Baron, terjadinya abrasi tidak menyurutkan pengunjung , bahkan menjadi daya tarik .Akibat abrasi ini ,pantai Baron ketika surut maka akan terlihat pasir seperti cekungan & ketika pasang maka akan kembali tertutup. Karenanya Tim SAR Pantai Baron juga disiagakan 24 jam penuh.

“Seluruhnya 48 personel, dikerahkan untuk menjaga kawasan Pantai Baron dan sekitarnya. Agar bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung dalam berlibur ,”ujar sekretaris Tim SAR Korwil II Pantai Baron,Sunardi.

Terpisah pengelola objek wisata Gunung Nglanggeran Patuk, Sugeng Handoko menuturkan Lebaran terjadi peningkatan pengunjung. Bahkan dua kali lipat di banding hari biasanya. Kebanyakan berasal dari  luar daerah, tetapi ada juga dari Gunungkidul .

“Lebaran kali ini juga membawa berkah sebab juga mempromosikan Gunung Nglanggeran serta mampu meningkatkan pendapatan,”jelasnya.(R-2/Awa/Ewi)-f

 Tanggapan saya :

Gunungkidul merupakan kabupaten dengan sejuta obyek wisata yang digemari oleh wisatawan, pada hari-hari libur maupun hari lebaran menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah. Namun  didalam pengelolaan dan fasilitas penunjang untuk membuat wisatawan menjadi nyaman belum bisa dikatakan optimal. Masih kita jumpai beberapa ruas jalan rusak sehingga untuk akses ke lokasi objek wisata terjadi kendala.

Hal ini juga seperti yang dihadapi di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Jalan menuju lokasi dari 3 titik masuk bisa dikatakan rusak parah, namun disampaikan dari petugas PU akan dilaksanakan perbaikan dari 2 titik masuk menuju lokasi wisata yaitu arah dari kota Patuk dan arah dari Sambipitu.

Untuk satu titik jalan masuk dari kalipentung (jembatan kalipentung) yang sebenarnya jalan terdekat dan paling mudah untuk dijangkau yang merupakan jalan kabupaten rusak dan beberapa ruas jalan belum diaspal.

Harapan kami untuk memberikan fasilitas kepada wisatawan yang optimal pemerintah harusnya memperhatikan akses fasilitas penunjang ke objek wisata. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Kliping. Tags: , , , .

Kualitas Destinasi Pariwisata, Sapta Pesona dan Pemasaran Pengelola Gunung Api Purba di Undang Kementrian Budpar RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: