Pengelola Gunung Api Purba di Undang Kementrian Budpar RI

September 21, 2011 at 12:12 pm 2 komentar


Menbudpar Anugerahkan Cipta Award 2011

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE menganugerahkan Citra Pesona Wisata (Cipta Award) 2011 kepada 9 pengelola daya tarik wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan yang berwawasan lingkungan pada Malam Puncak Anugerah Cipta Award 2011 yang akan berlangsung di Hotel Nikko Jakarta pada 27 September 2011 bertepatan Hari Pariwisata Dunia dan Hari Pariwisata Indonesia.

Undangan Untuk Pengelola GAP dari Kemenbudpar RI

Undangan Untuk Pengelola GAP dari Kemenbudpar RI

Para penerima Cipta Award 2011 untuk kategori daya tarik wisata alam,  daya tarik wisata budaya, dan daya tarik  wisata buatan yang dikelola oleh Instansi Pemerintah/Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik (BUM) Negara/Daerah/Swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat  LSM)/Kelompok Masyarakat dan Perorangan ini setelah melalui proses seleksi oleh tim juri dengan menerapkan tiga kreteria penilaian dari aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya.

Menbudpar Jero Wacik mengharapkan pemberian Cipta Award 2011 mendorong para pengelola daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, dan daya tarik wisata buatan di tanah air semakin meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar obyek wisata agar lebih sejahtera.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata (Ditjen PDP) Kemenbudpar Firmansyah Rahim mengatakan, minat Instansi Pemerintah/Pemerintah Daerah, BUMN/ BUMD/ BUMS, LSM/ Kelompok Masyarakat/ Perorangan untuk mengikuti lomba Cipta Award 2011 pada tahun ini cukup tinggi, hal itu terlihat ada sebanyak 131 daya tarik wisata (DTW) dari 17 provinsi di seluruh Indonesia yang mendaftar. “Dari 131 pendaftar ini, yang lolos verifikasi sebanyak 57 DTW. Setelah dilakukan seleksi oleh tim juri, yang masuk final 23 DTW. Para finalis ini akan di pilih sebanyak 9 DTW sebagai juara terbaik untuk kategori pengelola dary tarik Wisata Alam, daya tarik  Wisata Budaya, dan daya tarik  Wisata Buatan yang dikelola Instansi Pemerintah/ Pemerintah Daerah. BUMN/BUMD/BUMS, serta LSM/ kelompok Masyarakat, dan Perorangan,” kata Firmansyah Rahim dalam jumpa pers seputar persiapan Malam Puncak Anugerah Cipta Award 2011 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (7/9).

Firmansyah Rahim mengatakan, tujuan dilenggarakannya lomba Cipta Award yang tahun ini untuk kali kedua adalah untuk mendorong pengelola DTW agar meningkatkan kualitas daya tarik wisata dan kapasitas pengelolaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Selain itu untuk mengimplementasikan fourth track strategy yaitu pembangunan pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi (pro-growth), melalui penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat (pro-job) serta berpihak pada kepentingan masyarakat kurang mampu (pro-poor) dan pembangunan pariwisata yang ramah lingkungan (pro environment) termasuk pelestarian nilai-nilai budaya.

Pengelola daya tarik wisata alam antara lain berupa gua karst, danau/situ/ waduk, taman laut, taman nasional, taman wisata alam, pantai, air terjun, dan sumber air panas alami, sedangkan pengelola wisata budaya berupa situs purbakala dan budaya (candi, bangunan sejarah, keraton, dan kota tua), museum, perkampungan tradisional (dengan adat dan tradisi budaya masyarakat yang khas). Untuk daya tarik wisata buatan antara lain berupa taman bertema, taman hiburan dan rekreasi, kawasan/ resort terpadu, Spa and wellness center, pemandian air panas tidak alami/ buatan. (Pusinpub)

Sumber : Web Kemenbudpar RI

Tanggapan saya :

Alhamdulillah Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran bisa masuk kedalam finalis, finalis ini akan di pilih sebanyak 9 DTW sebagai juara terbaik untuk kategori pengelola daya tarik Wisata Alam, daya tarik  Wisata Budaya, dan daya tarik  Wisata Buatan yang dikelola Instansi Pemerintah/ Pemerintah Daerah. BUMN/BUMD/BUMS, serta LSM/ kelompok Masyarakat, dan Perorangan.

Undanga dari Kemenbudpar RI sampai di Sekretariat Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran pada tanggal 20 September 2011 bersamaan dengan saat penilaian Lomba Pemuda Pelopor 2011 yang diikuti oleh penulis (Sugeng Handoko). Dalam perlombaan pemuda pelopor saya juga mengikuti dalam bidang Kebudayaan dan pariwisata, besar harapan saya dapat lolos ditingkat kabupaten, provinsi dan menuju nasional lagi seperti halnya pada Lomba Cipta Award 2011.

Sebagai generasi muda bayak hal yang dapat kita perbuat untuk kemajuan daerah dan membantu program-program pemerintah, hanya saja perlu kesadaran, kemampuan dan yang terutama adalah kemauan. Semoga apa yang telah dikerjakan penulis (Sugeng Handoko) dapat memberikan perubahan positif dari kegiatan-kegiatan perlombaan yang diikuti sehingga mengenalkan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran ditingkatan pemerintah.

Masih teringat dibenak saya ketika pertama kali mengikuti lomba bidang pariwisata yaitu Lomba Desa Wisata se-DIY, penyelenggara adalah Dinas Pariwisata DIY. Dengan bermodal kemauan dan dukungan dari pengelola dan masyarakat kamipun ikut maju lomba, walau belum mendapatkan yag terbaik (karena mendapat juara harapan) tapi kami sudah bisa mengenalkan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran ke Dinas Pariwisata DIY yang dulunya mungkin belum pernah menuju lokasi, dan ketika lomba team juri dari dinas yang melihat lokasi. Selanjutnya dengan menyaksikan potensi yang ada kini mulai ada jaringan ke Dinas Pariwisata DIY sehingga dengan adanya kerjasama dengan Dinas Budpar Gunungkidul diadakanlah jelajah wisata 2010 (1 Agustus di Kawasan kami).

Harapan saya, dengan mengikuti lomba merupakan sarana pengenalan daerah dan potensi serta membagun jaringan. Untuk Lomba Cipta Award 2011 harapannya setelah dapat masuk Finalis 9 besar ada tindak lanjut kerjasama dengan Kemenbudpar RI. Kemudian untuk Lomba Pemuda Pelopor Bidang kebudayaan dan pariwisata harapannya juga akan masuk finalis tingkat Nasional. Amin…. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Kliping, Pariwisata. Tags: , , , , .

Dua hari Raup Rp. 50 Juta Penganugrahan CIPTA AWARD 2011 di Terima juga Oleh Gunung Api Purba Nglanggeran

2 Komentar Add your own

  • 1. Dayat  |  September 27, 2011 pukul 8:17 am

    Selamat buat pengelola Gunung Api Purba !

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  September 27, 2011 pukul 8:23 am

      terimakasih pak dayat….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: