Meskipun Minim Dukungan Pengelola Nglanggeran Berprestasi Nasional

Oktober 9, 2011 at 10:22 am 1 komentar


Wonosari (KR)- Pengelola objek wisata alam Gunung Nglanggeran, Patuk Gunungkidul berhasil menjadi finalis kategori II Daya Tarik Wisata Alam dalam Lomba Cipta Award 2011 di tingkat nasional. Prestasi yang telah diraih ini merupakan tindak lanjut pada penilaian dari Kementrian Kebudayaan dan pariwisata dilakukan Agustus lalu.

Kliping Kedaulatan Rakyat

Kliping Kedaulatan Rakyat

“Keberhasilan memperoleh prestasi di tingkat nasional ini tanpa ada pihak yag mendampingi, sebab untuk keikutsertaan dari pihak manapun sangat minim, “ujar Sugeng Handoko, pengelola Gunung Nglanggeran, Kamis (6/10).

Ditanya terkait dukungan pemda, Sugeng menyatakan sangat minim. Sebab pengelola berbekal nekat, menghadiri pertemuan di Jakarta September lalu. Hasilnya cukup membanggakan, baik untuk pengelola Nglanggeran maupun kabupaten Gunungkidul. Sebab mampu bersaing ditingkat Nasional, bahkan bisa menjadi finalis II. “Harapannya kedepan pemerintah daerah bisa memberika perhatian baik untuk anggaran maupun ikut mendampingi pada setiap lomba baik lokal maupun nasional” ujarnya.

Dikatakan, pengelola wisata alam Gunung Nglanggeran memang memiliki unggulan yakni adanya pemberdayaan masyarakat. Artinya masyarakat yang ada disekitar objek wisata ikut mengelola obwis. Termasuk dengan pengembangan home stay atau penginapan yang bisa mendatangkan penginapan bagi warga yang mampu menyediakan.

“Gunung Nglanggeran sekarang ini semakin berkembang, bahkan selain dari dalam negeri, sering juga dikunjungi turis dari mancanegara, “ucapnya. (R-2)-m

Sumber : Koran KR DIY Halaman 27 (Jumat pon, 7 Oktober 2011/9 Dulkaidah 1944)

Tanggapan saya :

Perlu saya luruskan bagi pembaca khususnya terkait alenia 2 “Keberhasilan memperoleh prestasi di tingkat nasional ini tanpa ada pihak yag mendampingi, sebab untuk keikutsertaan dari pihak manapun sangat minim, “ujar Sugeng Handoko, pengelola Gunung Nglanggeran, Kamis (6/10)”.

Perlu dipahami dan menjadikan perhatian bagi semua pembaca bahwa mungkin sekilas membaca pernyataan diatas pengelola “sangat super” yang dimana dinyatakan keberhasilan tersebut tanpa ada yang mendampingi. Nah disini akan coba saya luruskan terkait pernyataan tersebut. Saya sendiripun membacanya agak merinding karena terlalu frontal. Hehe…..

Maksud dari tidak ada yang mendampingi adalah ketika kami mengikuti lomba tersebut memang dari pemerintah daerah dan dari pihak manapun dari instansi terkait tidak ikut mendampingi ke Jakarta. Padahal dari daerah-daerah lain mereka yang hadir didampingi bahkan ada yang dari Gubernur langsung (Jatim), Waki Gubernur (Jabar, Dede Yusuf) hadir pada acara tanggal 27 September 2011 itu. Kami dari pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran hanya 2 orang pemuda yaitu saya (Sugeng Handoko dan Triyana yang saya ajak utuk menemani serta Pak Suryo saudara kami yang tinggal di Jakarta).

Untuk proses mendapatkan penghargaan ini memang tidak luput dari kerjasama semua pihak baik dari warga masyarakat, pemerintah desa dan juga pemerintah daerah. Dalam hal ini mungkin yang paling dekat dengan kami adalah pemerintah desa Nglanggeran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul serta Dinas Pariwisata DIY.

Pendampingan dari berbagai pihak khususnya dari dinas terkait biasanya terkait peningkatan kapasitas bagi pengelola dan juga masyarakat yaitu pelatihan-pelatihan. Diantaranya pelatihan pemandu wisata, pelatihan manajemen pariwsata, pelatihan kuliner, home stay, dll.

Harapan kami semoga dalam proses pengembangan kedepan banyak pihak lagi yang ikut menunjang untuk pengembangan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran sehingga mimpi kami menjadika Gunung Api Purba menjadi geopark dapat terwujud. Amin…. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Curhat Handoko, Kliping. Tags: , , , , .

Merasa Sendirian di Jakarta Pemkab Gunungkidul Tak Tetapkan Tarif Retribusi Wisata Minat Khusus

1 Komentar Add your own

  • 1. dosko  |  Oktober 9, 2011 pukul 9:19 pm

    iya terkesan pemda sama sekali tak terlibat dlm pengembangan wisata gunung api purba. Dah diplintir neeh mas, bisa bikin dinas pariwisata sewot, hehehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: