Hasil Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2011

Oktober 31, 2011 at 12:38 pm 14 komentar


Kepeloporan merupakan akumulasi dari semangat, sikap dan kesukarelawan yang dilandasi kesadaran diri atas tanggungjawab sosial untuk menciptakan sesuatu dan/atau mengubah gagasan menjadi suatu karya nyata yang dilaksanakan secara konsisten, gigih yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan diakui pemerintah.

Foto Bersama Pemuda Pelopor dan PSP-3 bersama pak Kusumo Priyono

Foto Bersama Pemuda Pelopor dan PSP-3 bersama pak Kusumo Priyono

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada para pemuda-pemudi Bangsa Indonesia yang memiliki kepeloporan dan prestasi dimasyarakat dalam 5 bidang diantaranya bidang pendidikan, senibudaya dan pariwisata, kewirausahaan, teknologi tepatguna, dan kebaharian/kelautan. Sebelum mendapatkan penghargaan tersebut dilakukan seleksi dari tingkatan paling bawah yaitu tingkat kabupaten, provinsi, dan baru tingkat nasional. Untuk bisa dinilai dan diikutkan menjadi kandidat peserta harus mendaftar dulu dan mengisi formulir serta melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

Acara puncak dalam proses seleksi dan kegiatan peilihan pemuda pelopor tingkat nasional ini dilaksanakan pada bulan Oktober, khususnya pada hari Sumpah Pemuda. Untuk tahun 2011 ini dilakukan serangkaian acara dari tanggal 22-29 Oktober 2011 dengan rangkaian kegiatan ada Festival Pemuda dan Olahraga Indonesia (Indonesian Youth and Sport Festival) yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada tanggal 22-23 Oktober 2011. Selanjutnya tanggal 25-29 Oktober berlanjut kegiatan seleksi pemuda pelopor dan PSP-3 Berprestasi Tingkat Nasional.

Berikut adalah hasil dari seleksi yang telah dilaksanakan :

Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan :

1.      THANTIEN HIDAYATI Provinsi Jawa Timur jenis Kegiatan “Mendirikan Komunitas AKSARA menggagas pendidikan suplemen terpadu (integrasi pendidikan karakter dan minat bakat untuk anak) di Kota Malang”

2.      HENGKI WAHYUDI, S.Pd. Provinsi Kalimantan Barat jenis Kegiatan “Media alat peraga interaktif etno-media”

3.      MUTIA SUKMA Provinsi D.I. Yogyakarta “Mendirikan kelompok belajar Rejowinangun”

4.      ANISAH, S.Pd. Provinsi Riau jenis Kegiatan “Membantu anak-anak di sekitar tempat tinggalnya dengan membimbing mereka belajar dirumahnya dan membentuk bimbingan belajar tanpa dipungut biaya”.

5.      AYU HANDAYANING WIDOWATI, S.Pd. Provinsi Jawa Tengah “Merintis pendidikan kejar paket PEPES (Perangkat Desa dan Pengurus PKK) gratis 3 tahun melalui lembaga kursus dan Pelatihan (LKP) Srikandi Mandiri”

6.      RAISA CAMALIA Provinsi Kalimantan Tengah Jenis Kegiatan “Mendirikan Pos Kesehatan Pesantren sehingga santri pesantren dan masyarakat sekitar mendapatkan kunjungan bulanan, pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis dari puskesmas kecamatan”.

7.      YAYAN SOPYAN, Jawa Barat “Mendirikan Rumah Singgah Anak-anak Jalanan”

8.      UMMI KALSUM, ST. Sumatera Selatan “Membuka Bimbel MIPA  dan Bahasa Inggris

9.       NANING WAHYUNINGSIH, S.Pd. DKI Jakarta “Mengadakan non remedial dan mengikuti kegiatan kursus memotong rambut martha tiar serta mendirikan kelompok bermain “Kutilang”.

Pemuda Pelopor Bidang Kelautan

1.      DITA RIONALDI, Provinsi Jawa Timur jenis Kegiatan “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dengan Edukasi, Rehabilitasi Olahan Buah-buahan Mangrove untuk dijadikan Makanan, Minuman dan Obat-obatan.”

2.      BAHRONI DKI Jakarta “Forum Peduli Pulau (FPP)”

3.      SAHABUDDIN, Nusa Tenggara Barat “Ciptakan habitat baru rehabilitasi terumbu karang”

Pemuda Pelopor Bidang Teknologi Tepat Guna

1.      WAHYU ARROZI, ST Provinsi D.I.Yogyakarta Jenis Kegiatan “Pendirian Madanitec yaitu sentuhan teknologi diperlukan dalam pengelolaan sampah agar tidak merusak lingkungan”

2.      HENDI PERMANA Jawa Tengah “Budidaya Strawberry System Polybag Terbalik dan Pemberdayaan Pemuda”

3.      LALU RATNANTA Nusa Tenggara Barat “Merintis pembuatan pupuk organic dan kompos menggunakan bahan kimia pada tahun 2005”

4.      MUHAMMAD ABDUL QODIR JAILANI Kalimantan Timur “Menciptakan e-con yaitu suatu alat Control Charger dan Control Inverter pelengkap lempeng solar cell”

5.      I KETUT MERTA  SEDANA Bali “Flow Proses Pekerjaan Bataran Batu Hitam”

6.      DENTY DYAN ZULFIYAH Sulawesi Selatan “Pemanfaatan limbah industri kayu sebagai bahan bakar alternatif di desa Langkea Raya. Kecamatan Towuti Kab. Luwu Timur)”

7.      ACHMAD CHUZAIVAH ICHSAN DKI Jakarta “Aplikasi teknik anyam rotan ke media kertas”

Pemuda Pelopor Bidang Kewirausahaan

1.      I GEDE ANDIKA PRAYATNA SUKMA, SE Provinsi Bali Jenis Kegiatan “Industri uang kepeng Kamasan-Bali”

2.      ADIB ARIFIANTO Jawa Timur “Membuat Batik Djojo Koesumo”

3.      SUYONGKI SAPUTRA Sumatera Barat “Pemanfaatan lahan kritis bernilai ekonomis dengan budidaya serai wangi dan nilam”

4.      M. MALIKI Nusa Tenggara Barat “Merintis kegiatan wirausaha kerajinan tenun pada tahun 1996”

5.      SESILIA GOLAM Kalimantan Timur “Pembuatan kaos dengan desain khas Kalimantan”

6.      IMAM TARMIDI, S.Sos.i  Kalimantan Barat “Mendirikan KOPTAN KONTAK KHATULISTIWA UTAMA, merupakan lembaga ekonomi berasaskan kekeluargaan”.

7.      DEMI ARDI PAMUNGKAS D.I.Yogyakarta “Pengembangan Pembibitan Lele Sangkuriang”

8.      H. MUHAMMAD HAMZAH, S.Kom Jawa Tengah “Owner HAYE Batik Collection Pekalongan sejak 2007 –  sekarang”

9.      YUSRIL DKI Jakarta “Berwirausaha dan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Pemuda untuk jadi kelompok binaan dan calon kelompok binaan”

10.  NURAITA Lampung “Pendiri Kelompok “Mawar Craft” yang mengembangan Sumber Daya Manusia khususnya anak putus sekolah”

Pemuda Pelopor Bidang Seni Budaya dan Pariwisata

1.      DODY EKA Provinsi Kalimantan Tengah Jenis Kegiatan “Mengembangkan sanggar-sanggar Seni antara lain Sanggar Inkai, Sanggar Tingang Tabela”

2.      MARIYANTO Sumatera Barat “Mengangkat, melestarikan dan mengembangan Seni Budaya Daerah”

3.      I WAYAN EKA MUSTIKA, SS Bali “Revitalisai Seni Kerajinan Topeng”

4.      SUGENG HANDOKO, S.T. D.I.Yogyakarta “Pengelolaan gunung api purba Nglanggeran menjadi kawasan ekowisata berbasis masyarakat”

5.      BATARI AYU SARASWATI GPMS, S.Sn. Jawa Tengah “Mendirikan Sanggar Pasopati “

6.      ASRIE GITHA ANDAYU Jawa Barat “Mendirikan Sanggar Ayodya Pala Puri Anggrek Mas”

7.      YURIYANSYAH Kalimantan Barat “Pengembangan Seni Budaya Musik Religi dan Membentuk Komunitas Nasyid Kalimantan Barat”

8.      MUHAMMAD NIZAR DKI Jakarta “Mengajak warga khususnya pemuda di wilayah RW 011 untuk belajar komputer khususnya memanfaatkan internet didalam memasarkan produk yang di hasilkan oleh teman-teman dan belajar membatik.”

PEMUDA SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN DI PERDESAAN (PSP-3) BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2O11

1.      MAYA VALENTINA, S.TP Sumatera Barat “Pemberdayaan masyarakat di sektor pendidikan melalui pendirian taman bacaan masyarakat (TBM) Baitul Ilmi”

2.      CATUR WICAKSONO, S.Pi Jawa Tengah “Budidaya pembesaraan lele dan nila”

3.      RUSTAM S. Sos. Kalimantan Selatan “Membuka usaha ternak ayam kaldu”

4.      MARDIANA, S.Si Aceh “Budidaya Jamur Merang, dan Sulaman Benang dengan Tangan”

5.      KRISTIANA SUSI, S. Hut Kalimantan Barat “Keripik Pisang Gulung dan Budidaya Kebun Pisang”

6.      KARTRIANA KARLY MANTIR, S.Pd. Kalimantan tengah “Bidang Insfrastruktur : Jalan, drainase, rumah sehat, wc sehat dll”

7.      SIGIT DIYAH PUSPITO, ST Bandar lampung “Usaha budidaya jamur tiram”

8.      SERLY MATHILDA JAMLEAN, S.Sos. Maluku “Tenaga penggerak dan pendamping bagi masyarakat desa untuk memberdayakan kelompok usaha rumput laut dll”

9.      BAIDATHUN FAUZIAH, ST, MT Nusa Tenggara barat “Mendirikan KUPP Ternak “MORI SAMA”dan KUPP Tenun “Mangge Maci”, Desa Runggu Kecamatan Belo Kab. Bima”

10.  I GUSTI MADE DWI GUNA, S.Pd. Bali “Pendampingan kelompok Usaha Pemuda Produktif Langgeng”

11.  MUHAMAMD YASIN, S.Sos.I D.I.Yogyakarta “Mendirikan KUPP Bhakti Mulia bersama pemuda diwilayah tugas yang bergerak pada bidang mebel dan handycraft kayu sisa/limbah dan perbengkelan motor”

12.  SARI RIZKI SUGIANCY, S.Pd. Bandar lampung “Budidaya jamur tiram dan taman baca Cendekia”

13.  HENDIK EKA PRASETYA  Jawa Timur “Usaha Sapu Penebah, Penggemukan Kambing Etawa dan Sapi serta Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi”

14.  MUHAMMAD JAFAR, SH Sulawesi Selatan “Pendidikan  (Pemberantasan buta aksara) dan pengembangan usaha gula serta limbah aren”

15.  ANA SUFIYANA, SP Banten “Peningkatan Kesejahteraan ekonomi masyarakat desa Baluk dan Grabadan melalui koperasi simpan pinjam”

16.  SAMSUL BASRA, S.HI. Maluku Utara “Buka lahan 1,5 hektar untuk menanam cabe rawit, sayur mayur dan jagung”

Dari seleksi dan kegiatan yang telah dilaksanakan juga lahir sebuah Forum Pemuda Pelopor dan PSP-3 Tahun 2011. Forum ini diharapkan sebagai sebuah organisasi untuk wadah bagi para pemuda pelopor dan PSP-3 untuk bisa tetep terjalin jaringan dan komunikasi. Berikut susunan kepengurusan yang telah terbentuk saat pemilihan di Hotel Savoy Bandung, 27 Oktober 2011.

Ketua Umum                                    : Sugeng Handoko, S.T. dari Provinsi D.I.Yogyakarta

Koord.Indonesia bag.barat  : MAYA VALENTINA, S.TP dari Sumatera Barat

Koord.Indonesia bag.Tengah: HENGKI WAHYUDI, S.Pd. dari Kalimantan Barat

Koord.Indonesia bag.Timur : I WAYAN EKA MUSTIKA, SS dari Bali dan SERLY MATHILDA JAMLEAN, S.Sos. dari Maluku

Semoga apa yag telah dikerjakan para pemuda pelopor dan PSP-3 dapat berlanjut dan memberikan manfaat serta kesejahteraan masyarakat. Amin….

Pemuda ……. MAJU……!!!!

Siapa Kita….. INDONESIA….!!!

Indonesia…… JAYA……!!!!

NKRI…… HARGA MATI….!!!

Sekali Pelopor…… TETAP PELOPOR……

Tetap Semangat dan terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Curhat Handoko, Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tags: , , , , , , , , .

2 Pemuda Pelopor Gunungkidul wakili DIY Pemuda Patuk jadi ketua pemuda Nasional

14 Komentar Add your own

  • 1. Nasyid Alasyraf  |  November 2, 2011 pukul 4:46 pm

    Pemuda Indonesia Majulah……..dan jangan berdiam diri atau menanti,tetapi berkaryalah dengan nyata

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  November 4, 2011 pukul 11:56 am

      iya mas selalu berkarya , tetap semangat dan terus berkarya…!!!

      Balas
  • 3. artina  |  November 9, 2011 pukul 9:36 am

    alhamdulillah,,,congrats n sukses sll yak buat semuanya…
    Mas sugeng n mas demi : mari lanjutkan kiprah GK,,,semangat.

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  November 11, 2011 pukul 9:43 pm

      iya makasih mbak Artina…

      Balas
  • 5. wayan Eka  |  November 9, 2011 pukul 10:29 pm

    Lanjutkan Semngat Pemuda !!!
    Jalin silahturami antar sesama…
    Pemuda Maju !!!!!

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  November 11, 2011 pukul 9:40 pm

      makasih Bli… saya juga pingin nih silaturahmi ke Bali…

      Balas
  • 7. wiga  |  November 18, 2011 pukul 8:08 pm

    huah keren,,,
    kpn ya aku bs seperti kalian,,
    mas sugeng ntar low aku ke tempat pak dukuh crita2 pengalaman mas yo,,,
    indonesia is okey
    everythink is possible
    ganbatte kudasai

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  November 23, 2011 pukul 2:54 pm

      iya mbak wiga, kita kerjakan apa yang bisa dan bermanfaat bagi masyarakat…. nanti bisa sharing2 ^_^

      Balas
  • 9. gunadi pemungkas  |  Desember 15, 2011 pukul 4:00 pm

    “…design website ini menarik juga, suatu saat saya akan kembali lagi. Buat yang ingin memiliki website murah & memuaskan…Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.shop737.com/?id=gunpantau

    Balas
  • 10. ibrahim tantri  |  Maret 12, 2012 pukul 2:30 pm

    Mat siang mas,
    Mhn info kalau ada tempat yg dpt dikunjungi terkait kegiatan kewirausahaan pemuda di daerah jakarta atau bekasi. Km tertarik untuk mengunjunginya. ATas infonya kami haturkan terima kasih

    Balas
  • 11. dertha (sumatera barat)  |  Agustus 30, 2012 pukul 2:38 pm

    mantap bngat
    aku bngga punya pemuda seperty kalian

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  September 7, 2012 pukul 8:43 pm

      oke terimakasih ya….

      Balas
  • 13. samsudin  |  Oktober 6, 2012 pukul 3:58 am

    Saat ini tgl 1-7 oktober 2012, sdg dilaksanakan fact finding calon pemuda pelopor dan SP3 tahun 2012, dan seleksi pemuda pelopor mulai tgl 16-18 okt 2012. Bagi alumni pemuda pelopor 2011 yg akan hadir dikegiatan tsb silahkan datang, dg senang hati panitia menerima kehadiran mu, Samsudin [ketua panitia] 081284035357

    Balas
    • 14. Sugeng Handoko  |  Oktober 7, 2012 pukul 12:21 am

      oke terimakasih atas undangannya pak Samsudin…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: