BERSIH DESA DI NGLANGGERAN GKR PEMBAYUN: Promosi Gunung Api Purba

November 23, 2011 at 3:14 pm Tinggalkan komentar


PATUK (KR) Bersih Desa atau Rasulan di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul berlangsung semarak. Ratusan warga dari tiga dusun meliputi Nglanggeran Wetan, Nglanggeran Kulon dan Gunungbutak mengikuti rangkaian rasulan. Bahkan pada puncak acara ratusan warga berebut dua gunungan besar yang berisi hasil-hasil pertanian beserta buah-buahan.

Kliping Kedaulatan Rakyat Rasul 2011

Kliping Kedaulatan Rakyat Rasul 2011

“Dengan pelaksanaan bersih desa diharapkan bisa memberikan dampak positif baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun bisa mempromosikan Gunung Api Purba di Nglanggeran, “Kata Ketua Karang Taruna GKR Pembayun ketika menyampaikan sambutan di Pendopo Kalisong, Nglanggeran, Patuk, Minggu (13/11).

            Prosesi rasulan sendiri dimuali dari kirab budaya yang diikuti seluruh masyarakat dengan menempuh jarak kurang lebih 500 meter. Pada kirab ini warga juga miniature hewan, hasil pertanian, serta kesenian baik reog dan jathilan. Selanjutnya di depan Pendapa Kalisong, setiap pedukuhan menampilkan atraksi kesenian masing-masing. Berikutnya dilakukan pemotongan Tumpeng oleh GKR Pembayun yang diserahkan kepada Sugeng Handoko selaku perwakilan masyarakat. “Kegiatan ini merupakan ungkapan syukur atas rahmat yang telah diberikan Allah,” ujar Sugeng Handoko.

CAMAT Patuk, Drs Budi Hartono menuturkan, bersih desa merupakan kegiatan yang bisa mendongkrak meningkatnya promosi objek wisata Gunung Nglanggeran. Selain itu dengan membawa hasil pertanian dengan mengharap berkah yang diberikan Allah melimpah juga merupakan bentuk syukur. Selain itu adanya bersih desa ini juga meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan. “Sehingga akan tercipta suasana yang aman dan membentuk persatuan di masyarakat.”ujarnya. (R-2)-f

 

Tanggapan saya :

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini dari masyarakat desa Nglanggeran, seluruh pamong desa Nglanggeran, seluruh panitia, para sponsorship dan juga pihak-pihak terkait. Ucapan terimakasih yang begitu besar juga kami sampaikan kepada GKR Pembayun yang telah berkenan rawuh diacara tahunan yang selalu kami laksanakan. Harapan masyarakat desa Nglanggeran pada tahun depan akan mengundang Pak Srisultan HB X karena keinginan seorang rakyat dan rajanya yang begitu besar. Semoga apa yang telah kami laksanakan adalah bentuk kegiatan yang dapat mempererat silaturahmi, memberikan dampak positif di masyarakat dan diridhoi Allah SWT. Amin… Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Kliping. Tags: , , , .

Tujuh Keluarga Turun Gunung Acara Malam Tahun Baru di Gunung Api Purba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: