Hotspot Area Gunung Api Purba

April 1, 2012 at 3:25 pm 11 komentar


Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan kawasan wisata bewawasan lingkungan, berbasis masyarakat dan menjadi pusat wisata pendidikan di Yogyakarta. Rintisan pariwisata yang dilakukan oleh pemuda setempat bersama masyarakat kini kian menampakkan hasil. Saat ini sudah ada tambahan fasilitas Hotspot Area di Desa yang juga merupakan desa wisata ini.

Hot Spot Gunung Api Purba

Hot Spot Gunung Api Purba

Munculnya gagasan untuk melengkapi fasilitas hotspot area mengingat segmen pengunjung dari kawasan wisata ini adalah pelajar, mahasiswa, peneliti dan juga kelompok organisasi yang tinggal selama satu hari hingga bahkan seminggu di Desa Nglanggeran. Program Live In (Home Stay Program) menjadi program unggulan yang ditawarkan oleh pengelola yaitu kegiatan wisata pendidikan, merasakan menjadi masyarakat desa dan mengikuti kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Mimpi untuk menjadikan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran bisa menjadi kampong internet sudah lama dibenak penulis (Sugeng Handoko) dan Alhamdulillah dapat terealisasi pada 1 Maret 2012. Beberapa kali melakukan trobosan kerjasama dengan beberapa pihak baik pemerintah atau swasta belum memperoleh hasil, namun kali ini Alhamdulillah dapat terealisasi. Terwujudnya kawasan Hotspot Area berawal dari kegiatan pengelolaan kawasan Gunung Api Purba yang dilakukan oleh penulis dan teman-teman teamnya yang mayoritas adalah pemuda. Hingga disekitar bulan Agustus-September 2011 ada seleksi Pemuda Pelopor ditingkat Kabupaten oelh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Sugeng Handoko mengikuti lomba yang merupakan program Kementrian Pemuda Olahraga tersebut. Dengan berbagai aktivitas kepeloporan di bidang seni budaya dan pariwisata Sugeng Handoko dapat lolos hingga tingkat Nasional.

Tower Hotspot dan pingin diperbaiki lagi

Tower Hotspot dan pingin diperbaiki lagi

Nah berawal dari lomba itulah mimpi pembuatan hotspot area di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dapat terealisasi. BPO (Balai Pemuda Olahraga) provinsi DIY memberikan peluang kepada pemuda-pemuda se-DIY khususnya kepada para pemuda pelopor untuk mengajukan program pemberdayaan pemuda. Rangkaian acara dimulai dengan pelatihan di Youth Centre dengan berbagai materi untuk menyiapkan pemuda yang dapat lebih berdaya dimasyarakat. Output dari pelatihan tersebut adalah proposal kegiatan pemberdayaan pemuda. Termasuk saya adalah salah satu peserta yang juga mengajukan usulan program untuk pemberdayaan pemuda. Program adanya Hotspot Area termasuk salah satu program yang kami usulkan dari Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri. Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri adalah lembaga kami yang terdiri dari pemuda-pemudi dan memiliki berbagai macam kegiatan pemberdayaan pemuda dan masyarakat.

Saat ini Hotspot area dapat dinikmati di pintu masuk kawasan wisata desa Nglanggeran, ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk wisatawan dan masyarakat. Fasilitas ini juga dapat dinikmati di home stay yang dekat dengan kawasan pendopo. Dan suatu saat saya masih punya mimpi semua home stay ada fasilitas hotspot area atau dengan kata lain ingin membuat kampong Internet di Desa Nglanggeran.

Semoga kedepan kami selaku pengelola dapat mempertahankan fasilitas ini. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada BPO (Balai Pemuda Olahraga) DIY yang mensuport kegiatan kepemudaan kami. Besar harapan kami fasilitas hotspot dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat, dan juga wisatawan untuk kegiatan positif dan melakukan kegiatan internet sehat. Segala sesuatu berawal dari mimpi, dan ketika melaksanakan sesuatu dengan tulus insyaallah hasil dan jalan menuju mimpi akan terbuka dengan sendirinya. Tetap Semangat  dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Pariwisata, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , .

Gunung Api Purba yang Menawan Tempat wajib dikunjungi di Gunung Api Purba

11 Komentar Add your own

  • 1. Lukman Hakim  |  April 2, 2012 pukul 11:44 am

    maju terus sobat, semoga dengan adanya hotspot ini semakin rame pengunjungnya. dan manfaatnya dapat terasakan oleh masyarakat.

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  April 4, 2012 pukul 10:46 pm

      oke makasih mas lukman hakim…. ^_^

      Balas
  • 3. rohmadw  |  April 3, 2012 pukul 12:31 pm

    Mantap.. mantap… sukses selalu ya… semoga fasilitas baru ini bisa mendorong perkembangan kawasan ini menjadi kawasan eko wisata yang tidak hanya diminati oleh wisatawan domestik, tetapi juga manca negara… Go Nglanggeran.. go… Marai kangen omah cah…

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  April 4, 2012 pukul 10:47 pm

      amin…. monggo pulang lek, ini temen2 jadi semakin betah di Nglanggeran, koneksinya lumayan…. hehehe…

      Balas
      • 5. rohmadw  |  April 5, 2012 pukul 8:50 am

        Doain banyak libur… he.. he… karepe mbilung… Insya Allah nanti bulan puasa geng. Tapi, itu pun jika libur.Ok.. tetap smangat, ..

      • 6. Sugeng Handoko  |  April 6, 2012 pukul 8:37 pm

        oke…. amin… semoga bisa ada waktu buat mudik, hehe…

  • 7. simplyindonesia  |  April 19, 2012 pukul 12:32 pm

    kalo ke nglanggeran itu harus pake kendaraan pribadi atau angkutan umum ya masbrow? sampeyan punya artikelnya ndak tentang “bagaimana cara menuju ke nglanggeran” ini? trus kalo untuk aktifitas moto-moto, kira2 spot yang paling oke itu dimana aja masbrow? … 😀

    tengyuh

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  April 19, 2012 pukul 5:46 pm

      oke ada di tab peta lokasi cara menuju Nglanggerannya, kalo spot2 yg bagus nanti bisa minta diantar pemandu wisatanya

      Balas
  • 10. Bahqri Dixie Mygeishajogja  |  Mei 6, 2012 pukul 4:04 pm

    semoga bisuq lebaran bisa ke nglanggeran

    Balas
  • 11. -Umiie-  |  Mei 18, 2012 pukul 1:06 pm

    keren ,,,,,,yahhh🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: