Tempat wajib dikunjungi di Gunung Api Purba

April 6, 2012 at 9:04 pm 3 komentar


Ketika kita berkunjung ke suatu kawasan wisata maupun wilayah yang baru pasti akan bingung apa yang akan kita lakukan disana.  Tidak menutup kemungkinan ketika berkunjung ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga akan seperti itu. Untuk itu akan coba saya sampaikan tempat-tempat yang “wajib dikunjungi” ketika berwisata ke Gunung Api Purba.

  1. Pendopo Joglo Kalisong

Sebuah bangunan pendopo dipangkal Gunung Api Purba dengan kapasitas bisa mencapai 150an orang, memiliki suasana sejuk dipangkal gunung yang biasa digunakan sebagai tempat istirahat wisatawan dan juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan. Di Pendopo ada fasilitas Hotspot Area dan wisatawan dapat berinternet ria dengan suasana nyaman di pedesaan.

2. Song Gudhel

Song Gudhel merupakan Goa yang berada dijalur pendakian menuju puncak. “Song” merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa yang berarti goa dalam bahasa Indonesia. Ditempat ini biasa digunakan untuk berfoto-foto dan juga sering digunakan untuk berteduh ketika hujan. Dilokasi ini juga pernah digunakan untuk lokasi Shooting dari Trans TV dalam acara Harmoni Alam. Haryo Pramoe memasak kelinci dimulut goa.

3. Lorong Sumpitan

Merupakan lorong dengan panjang kira-kira 30 meter yang terbentuk dari dua buah batu raksasa. Untuk melewatinya hanya cukup satu orang. Lokasi ini sangat disenangi karena penuh petualangan dan digunakan untuk berfose mengangkat batu dengan kepala.

4. Gunung Bagong (Gardu Pandang Pertama)

Titik pandang pertama dari rute pendakian yang menyuguhkan keindahan kota Jogja, kemegahan Merapi dan menungnya Merbabu. Desa seribu Tower dan terasiring sawah menjadi pandangan menyejukan sambil menghela nafas setelah pendakian kira-kira 15-20 menit dari pendopo kalisong.

5. Sumber Comberan

Sebuah sumber suci menurut banyak orang yang percaya dan meyakininya. Terdapat dilokasi sebelum puncak Gunung Gedhe. Untuk menuju lokasi ini harus melewati medan yang lumayan sulit. Masuk dan turun melewati celah batu raksasa sepanjang 15 meter baru akan sampai di Sumber Comberan ini. Terdapat pohon beringin besar disampingnya. Suasana yang dingin dan suasana mistis sangat terasa dilokasi yang sering juga disebut Goa Jepang ini. Air sumber comberan keluar dari celah batu dan mengalir terus menerus. Dilokasi ini juga merupakan lokasi pertapaan dan juga ada Tapak Syahadatain dipangkal pohon beringinnya yang di letakkan dari Kraton Solo.

6. Puncak Gunung Gedhe

Merupakan puncak dari Gunung Api Purba. Perlu 1 jam perjalanan untuk menuju lokasi ini. Biasa digunakan untuk melihat sun set ataupun sun rise. Dari Puncak Gunung Gedhe kita dapat menyaksikan yang dulunya diyakini sebagai kawah gunung api purba.

7. Kelompok Misteri 7 KK

Terdapat sebuah perkampungan/kelompok masyarakat yang bisa dibilang “unik” dikawasan EKowisata Gunung Api Purba. Yaitu adanya kelompok 7 KK (7 Kepala Keluarga) yang tidak boleh kurang ataupun lebih. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan sepeda motor namun dengan jalan yang sangat extreme. Untuk kesana diharuskan menggunakan pemandu lokal karena pertimbangan keamanan.

8. Flying Fox 100 Meter

Setelah mendaki Gunung Api Purba kurang rasanya ketika tidak mencoba adrenalin kita. Lintasan Flying Fox sepanjang 100 Meter siap menguji adrenalinmu. Lokasi sekitar 200 meter sebelah barat dari pos tiket. Melintas diatas persawahan dengan bagroun kemegahan Gunung Api Purba akan menjadi moment berharga yang dapat diperoleh dari Jepretan Fotografer kami. Gambar berupa Soft Copy maupun hard copy akan menjadi oleh-oleh petualangan di Gunung Api Purba.

9. Soto Omah Mbak Jam

Setelah berpetualang dan mendaki gunung kurang rasanya kalo tidak berkuliner. Makanan soto omahan khas Nglanggeran akan dapat ditemui 20 meter dari area flying fox. Sebuah rumah dengan nuansa alami lengkap dengan berbagai makanan dan menu special soto ayam melengkapi kunjungan wisata ke Gunung Api Purba. Sambal bawang menjadi menu pilihan bagi pecinta makanan pedas. Sambil memandangi terasiring sawah dan berada dibawah pohon alpukat menjadi lokasi istirahat menarik bagi wisatawan. Tempat makan soto omahan mbak Jam juga menjadi tempat favorite pak Camat Patuk yang sering juga bersama keluarganya menyantap kuliner ini. Untuk mendapatkan diskon silakan saja bilang sama Mbak Jam temennya mas Sugeng Handoko (*hehehe bercanda).

Semoga info ini memberikan manfaat bagi siapa saja yang mau berkunjung ke Gunung Api Purba, dan menjadi alternative tempat menarik di Jogja. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Pariwisata. Tags: , , , , .

Hotspot Area Gunung Api Purba Pertunjukan Wayang “Punakawan Aduh-Aduh Biyung” Akhiri Festival Equator Biennale Jogja XI

3 Komentar Add your own

  • 1. Sensasi Kuliner Extreme Di Brussel | makanenak.info  |  Juli 3, 2012 pukul 6:16 am

    […] Tempat wajib dikunjungi di Gunung Api Purba […]

    Balas
    • 2. Putu Arya Mardana  |  Januari 8, 2013 pukul 2:16 pm

      Tgl 31 Desember 2012 sy ke Nglangeran, tp sayang cuaca tdk bersahabat hujan lebat sy smpi di puncak 1, tp istri dan anak sy hnya smpi di song Gudel. Rencana untuk bermalam di puncak Nglangeran batal. sy memutuskan kembali ke Rich Hotel dan bermalam thn baru di sana. Sy di temani Mas Gandung, Tp sy akan kembali ke sana bersama keluarga mau berkemah di puncak Nglangeran…..
      Sebelum kembali, kami sempat ngobrol bersama Mas Gandung, Pa Kardi dan Istri di warungnya, dan sempat membeli tiwul makanan khas Gunung Kidul.

      Balas
      • 3. Sugeng Handoko  |  Januari 8, 2013 pukul 7:14 pm

        terimakasih atas kunjungannnya dan malam tahun baru 2013 tetap ada pesta kembang api di Puncak, ada 57 orang yang ikut paket tahun baru yang tinggal di home stay, Alhamdulillah pengunjung merasa puas walau malamnya hujan. Semoga bisa datang dan bergabung dalam acara berikutnya… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: