Taman Bunga Matahari di Gunung Api Purba

April 17, 2012 at 8:55 pm 7 komentar


Akan ada yang baru di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba pada pertengahan tahun 2012 ini, Keindahan alam Gunung Api Purba akan lebih lengkap dengan hadirnya Taman Bunga Matahari. Setidaknya akan ada 23 jenis bunga matahari akan ditanam di taman yang berada dipintu masuk Gunung Api Purba.

            Rintisan taman di kawasan ekowisata gunung api purba sudah digagas dan direncanakan oleh pengelola sejak awal tahun 2012. Namun baru akan terealisasi pada awal April tahun 2012 ini. Terealisasinya proram merupakan dukungan dari salah seorang donator yang telah memberikan donasinya berupa bibit bunga matahari. Mbak Puji Rahayuningsi merupakan salah satu donator tersebut yang tidak tanggung-tanggung dalam memberikan donasi. Hampir semua jenis bibit bunga matahari dibeli dari kota Surabaya untuk dikirimkan kepada Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Penyerahan Bibit Bunga Matahari di Sekretariat GAP

Penyerahan Bibit Bunga Matahari di Sekretariat GAP

Mbak Puji merupakan salah satu warga Gunungkidul yang saat ini berdomisili di Jakarta dan bekerja di Jakarta. Beliau merupakan salah satu anggota aktif dari Forum Alumni SMK N 1 Wonosari Angkatan 1998. Penulis (Sugeng Handoko) mengenal beliau dari salah satu jejaring sosial Facebook dan sempat melakukan komunikasi, hingga akhirnya muncul keinginan untuk melakukan donasi bibit bunga matahari kepada pengelola Gunung Api Purba. Donasi yang diberikan komplit dari pupuk, bibit, dan polibagnya juga. Seperangkat penanaman bunga matahari diantar ke Sekretariat Pengelola oleh teman-temannya yang merupakan satu Forum Alumni SMK N 1 Wonosari angkatan 98 yang tinggal di Gunungkidul.

Kepercayaan yang telah diberikan kepada kami (Pengelola GAP) merupakan sebuah kepercayaan yang akan kami jaga untuk dapat melaksanakan penanaman bunga matahari secara serius. Kegiatan awal pembuatan lahan juga dilakukan secara serius oleh pengelola dan anggota karang taruna dengan menyiapkan lahan sebaik-baiknya. Pembuatan Laboratorium Toga Hidup juga kami lakukan sebagai upaya aksi kegiatan cinta lingkungan yang nantinya bisa digunakan sebagai media belajar wisatawan yang datang tentang tanaman obat keluarga.

Harapan kami kedepan dapat terwujud Taman Bunga Matahari di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang indah, terawat dan juga aman. Bibit yang diperoleh akan dikembangkan untuk nantinya dapat diperbanyak untuk masyarakat sehingga ketika masuk desa Nglanggeran akan ada nuansa berbeda yaitu nuansa asri desa ditambah dengan berbagai keindahan bunga. Selain peran penting pengelola untuk merawat kami berharap juga peran wisatawan turut menjaga dan tidak memetik maupun mengambil bunga-bunga yang telah tertanam di kawasan kami. Insyaallah aka nada waktunya tersendiri ketika panen ataupun menginginkan bibitnya akan ada waktu khusus untuk dapat memperolehnya dengan metode dan prosedur yang akan diatur kemudian hari.

Kami selaku pengelola masih membuka diri kepada pihak manapun yang akan melakukan donasi cinta lingkungan di kawasan kami dan insyaallah akan dilaksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Pengelola akan melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan secara periodic terkait perkembangannya. Terimakasih kepada mbak Puji dan Forum Alumni SMK N 1 Wonosari Angatan 98 semoga jalinan kerjasama dan kekeluargaan ini tetap terjaga dan semakin erat. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Penyelamatan Lingkungan. Tags: , , , , .

Rombongan Motor Trail Rusak Lahan Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit

7 Komentar Add your own

  • 1. Bahqri Dixie Mygeishajogja  |  Mei 6, 2012 pukul 8:40 pm

    dixie joga ikut mendukung……..

    Balas
  • 2. Yunia parres  |  Juni 6, 2012 pukul 12:44 pm

    Dimana mendapat (membeli bibit bungamatahari)

    Balas
    • 3. Sugeng Handoko  |  Juni 25, 2012 pukul 9:42 pm

      dari Surabaya mbak….

      Balas
    • 4. fitrasony  |  Juli 31, 2012 pukul 3:10 am

      Cari aja di google, ada toko online-nya yg memang khusus jualan beraneka macam bibit bunga matahari, namanya rosesana.. Ato di toko pertanian seperti toko subur di wirobrajan (dulu pernah beli bibitnya di sini, gagal terus pas nyoba tanam) ato tani maju di jalan magelang (utara tvri, selatan makro), tapi cuma ada 1 macam setahu saya, merknya mr. Fothergilis kalo ga salah..

      Kebetulan saya juga seneng sama bunga ini, dan berharap di jogja ada ladang-nya yg luas seperti di jepang ato di negara2 eropa.. Sepengetahuan saya, ladang bunga matahari untuk produksi massal di indonesia ada di blitar, jatim.. Mau ke sana kejauhan,😀 “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮.😀

      Yg sedikit ini semoga bisa membantu..

      Balas
  • 5. Puji Rahayuningsih  |  Juni 22, 2012 pukul 12:55 pm

    Kembali kasih, semoga masih bisa memberikan yang terbaik untuk GAP di periode yang akan datang. Mekarlah sunflower di GAP dan semoga mempercantik alam Gunungkidul. Wah….ini penghormatan luar biasa sampai ditulis di sini hehehehe jadi malu….hanya sebutir biji semoga tumbuh dan menjadi banyak. Salam Sukses ya dik Sugeng Handoko. Terimakasih – Puji Rahayuningsih mewakili Alumni 98 SMK 1 Wonosari Gunungkidul.

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Juni 25, 2012 pukul 9:41 pm

      Iya mbak Puji, kami mengucapkan terimakasih banyak dari pengelola dan cepet sembuh ya…. ^-^

      Balas
  • 7. ardiie  |  Maret 28, 2013 pukul 1:31 pm

    bagus banget tuuh pak ide nya,, biar semakin lengkap dan indah gunung api purba ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: