Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri, menjadi juara MBM challange Bank Mandiri

Oktober 4, 2012 at 7:18 am 11 komentar


Alhamdulillah, dan rasa syukur yang sangat besar kami panjatkan kepada Allah SWT, atas segala nikmat yang diberikan kepada kami. Terlebih disaat nama team kami disebutkan menjadi team terbaik dalam competisi Mandiri Bersama Mandiri challange (MBM challange) Rabu 3 Oktober 2012 sekitar pkl 20.00an itu. Penghargaan Bank Mandiri kepada pelaku-pelaku wirausaha sosial ini bertepatan dengan ulang tahun Bank Mandiri yang ke 14 pada tanggal 2 Oktober.

Bersama pak Dahlah Iskan  JCC 3 Oktober 2012

Mandiri bersama Mandiri Challange Award yang mengusung tema besar “kewirausahaan Sosial untuk Indonesia Mandiri” ini juga dihadiri oleh Mentri BUMN Pak Dahlan Iskan. Bisa bertatap langsung, berjabat tangan dan mengobrol singkat dengan beliau merupakan moment yang sangat berkesan bagi saya karena merupakan fans berat dari pak Dahlan. Ucapan selamat, bertanya singkat tentang bisnis sosial yang dilakukan, dan kendala yang dihadapi dilakukan disela-sela penyerahan Tropy sambil berjabat tangan.
Saya pun menjelaskan kami dari Team Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri sebuah organisasi kepemudaan di Gunungkidul, D.I.Yogyakarta yang melakukan bisnis sosial disektor pariwisata kategori Semi Established. Yaitu “pengembangan kawasan ekowisata gunung api purba menjadi industri wisata kreatif berbasis masyarakat oleh pemuda mandiri”.
Sedikit bercerita tentang program MBM Challange ini merupakan program terbaru dari Bank Mandiri yang dilakukan perdana di tahun 2012. Terdapat empat sektor dan dua kategori yaitu sektor Pariwisata, pertanian, kelautan dan Industri Kreatif dan terbagi di dua kategori yaitu start up (masih baru usahanya kurang dari 2 tahun atau bahkan masih ide usaha) dan semi established (sudah dilakukan lebih dari 2 tahun). Peserta awal ada 601 team yang mendaftar, kemudian diseleksi menjadi 34 Team lolos yang mendapatkan pelatihan dalam program Social Entrepreneur Camp di hotel Ardjuna Bandung tanggal 20-23 September 2012. Dari 34 team kemudian menjadi 21 Tim yang lolos ke Final dan melakukan presentasi dihadapan dewan juri di learning centre Bank Mandiri. Dari hasil tersebut terpilih 13 tim yang mendapatkan penghargaan dari Bank Mandiri pada malam penganugrahan 3 Oktober 2012.
Harapan kedepan dari saya adalah tetap dapat konsisten dengan kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan kawasan ekowisata Gunung Api purba berwawasan lingkungan berbasis masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Kedepan akan ada program lanjutan berupa pendampingan untuk program Desa Mandiri dari Bank Mandiri. Semoga dengan adanya jalinan kerjasama dengan banyak pihak yang peduli dengan kegiatan sosial untuk kesejahteraan ini memberikan dampak positif untuk kemandirian bangsa Indonesia.
Kebanggaan dan keberhasilan ini saya persembahkan kepada kedua orang tua saya (pak Wagiran dan Ibu Tumini) yang memberikan kebebasan dan mengijinkan kepada anaknya tetap berdiri di idealisme nya tinggal didesa mengembangkan desa walau ada tawaran bekerja keluar dengan gaji yang lebih menjanjikan. Juga saya persembahkan buat team Sentra Pemuda (mas Suranto, pak Mursidi, Triyanta, Budi Subaryadi, Aris, Triyana, lilik, Heru, Sutoyo, Sudadi, Bodonx, dll yang tidak bisa disebutkan satu persatu) juga kepada seluruh masyarakat Desa Nglanggeran dan masyarakat Gunungkidul pada umumnya.
Dan terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman wirausaha sosial yang dari awal bersama-sama memiliki mimpi-mimpi dan ide gila di masyarakat. Terimakasih kepada panitia penyelenggara (mas Goris, mbak ninis, mbak Sherli). Terimakasih kepada dewan juri yang telah memberikan masukan dan evaluasi kepada kami. Terimakasih juga yang sangat mendalam kepada Bank Mandiri (pak pahala, mas Giwang) saya yakin perjuangan ini baru awal dan kita harus tetap optimis untuk bisa merubah Indonesia menjadi Indonesia yang Mandiri. Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!!! (Sugeng Handoko)
Hotel Santika, 4 Oktober 2012 Pkl. 05.00 WIB

Entry filed under: Pariwisata. Tags: , , , , .

GUNUNG NGLANGGERAN Gunung Api Purba dengan 7 Keluarga Semangat pemuda berkolaborasi dengan kebudayaan lokal di Kawasan EKowisata Gunung Api Purba.

11 Komentar Add your own

  • 1. pemirakmit  |  Oktober 4, 2012 pukul 8:21 am

    selamat dan sukses buat Nglanggeran
    bener – bener menginspirasi
    wah kesempatan luar biasa bisa bertemu&berbincang dgn Pak Dahlan Iskan

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Oktober 7, 2012 pukul 12:20 am

      iya makasih ya….

      Balas
  • 3. Sukamdi Atmosoewito  |  Oktober 4, 2012 pukul 2:17 pm

    Selamat, mas SUGENG. Apapun, ALHAMDULILLAH ucapannya. Teriring harapan dan do’a SEMOGA BAROKAH. AMIN>

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Oktober 7, 2012 pukul 12:19 am

      matur suwun pak Sukamdi….

      Balas
  • 5. r10  |  Oktober 4, 2012 pukul 2:38 pm

    selamat, pesaingnya banyak dan ketat loh, maklum MBM adalah ajang bergengsi

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Oktober 7, 2012 pukul 12:19 am

      oke terimakasih ya…. mari kita wujudkan Indonesia mandiri melalui SosEnt … ^_^

      Balas
  • 8. ardiie  |  Maret 28, 2013 pukul 1:17 pm

    selamat dan sukses buat desa nglanggeran ..
    semoga maju dan blog ini menginspirasi saya dan yang membaca nya ..

    Balas
    • 9. Sugeng Handoko  |  Maret 28, 2013 pukul 5:33 pm

      Amin… insyaallah kerja keras dilandasa rasa ikhlas dan tulus akan membuahkan hasil yang manis..

      Balas
  • 10. sasha  |  Mei 8, 2013 pukul 2:54 pm

    Minggu kemarin saya sempat mampir ke Nglanggeran lagi buat lihat embung karena sejak diresmikan belum pernah kesana. Keren mas. Salut buat pengelolanya, asalut buat para pemuda & pemudinya yang terus melakukan inovasi untuk memajukan desa. Semoga gerakan-gerakan seperti ini bisa menginspirasi pemuda di kawasan lain. Pengelolaan yang profesional juga ditiru tempat-tempat lain😉

    Kalian keren, mas. Kalian memang layak mendapatkan ini. Semoga kawan-kawan tetep solid membangun desa bersama. Sukses terus buat kawan-kawan Nglanggeran ya!🙂

    Balas
    • 11. Sugeng Handoko  |  Mei 23, 2013 pukul 8:17 pm

      oke terimakasih banyak mbak sasha… kemarin tulisannya di kompasiana juga sangat membantu kami.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: