Inovasi Untuk Indonesia Mandiri, dari Desa untuk Indonesia Tercinta

November 3, 2012 at 10:51 pm 10 komentar


Indonesia merupakan sebuah Negara dengan berbagai macam kekayaan alam, budaya dan juga sumber daya manusia. Terdiri dari ribuan pulau, memiliki berbagai kekayaan alam, berbagai macam flora fauna, dan keindahan alam yang spektakuler. Dilihat dari banyaknya potensi dan kekayaan tersebut, Bangsa Indonesia yang sudah merdeka 67 tahun ini sepertinya belum berada pada posisi kesejahteraan yang diinginkan oleh rakyatnya. Hal ini seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat dan rakyat bangsa Indonesia secara keseluruhan. Bukan hanya tanggung jawab pemerintah, presiden, Menkokesra, politikus, atau pengusaha dan lainnya. Ini adalah tanggung jawab kita bersama.

Suatu Inovasi melihat Potensi kini menjadi Sebuah Rizki (Paket nanam padi di sawah)
Suatu Inovasi melihat Potensi kini menjadi Sebuah Rizki (Paket nanam padi di sawah)

Sudah saatnya kita bersama-sama melakukan Inovasi, merubah menuju kebaikan dan lebih produktif dari kegiatan yang kita lakukan. Dengan banyaknya profesi, pekerjaan dan aktivitas dari seluruh lapisan masyarakat seharusnya masing-masing fokus dan melakukan inovasi untuk bisa menjadi mandiri.

Hal tersebut juga kami lakukan sebagai seorang pemuda yang tinggal di salah satu desa, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Sudah ratusan tahun keberadaan desa kami ada dengan berbagai potensinya. Namun baru setelah melakukan inovasi secara mandiri di tahun 2007 perubahan yang cukup signifikan terjadi di Desa kami. Keberadaan Gunung Api Purba seluas 48 Ha yang berada ditengah-tengah desa menurut penelitian sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Namun memberikan dampak secara ekonomis di masyarakat baru dalam 5 tahun terakhir. Apa yang merubah dan memberikan dampak nilai ekonomis tersebut?

Inovasi oleh para pemuda pemudi yang melihat potensi yang ada yaitu bentangan alam pedesaan yang indah, adanya Gunung Api Purba, banyaknya potensi pertanian dan SDM para pemuda yang ada didesa ternyata setelah dilakukan inovasi untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dan dikemas menjadi Kawasan Ekowisata kini memberikan dampak positif yang luar biasa. Pemuda yang tergabung dalam “Karang Taruna Bukit Putra Mandiri” kini benar-benar menjadi pemuda Mandiri yang mengharumkan nama desanya dan juga mengangkat perekonomian masyarakat. Perkembangan karang taruna tersebut kini memiliki lembaga resmi berakta notaries untuk mewadahi segala aktivitas masyarakat dan pemuda yaitu “lembaga Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri”. Lembaga ini merupakan sentra kegiatan untuk mendampingi dan menampung segala aktivitas menuju kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang kami lakukanpun serasa mendapatkan berkah dan pertolongan dari Allah SWT dengan adanya BUMN yang juga telah melakukan inovasi setelah sekian tahun terdiam. BUMN tersebut adalah Bank Mandiri, sebuah lembaga keuangan yang melakukan inovasi dan turut memikirkan para pejuang-pejuang sosial, para wirausaha muda, dan juga seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan Indonesia yang Mandiri. Kegiatan yang dilakukan Bank Mandiri melalui PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) dalam program-programnya salah satunya yang kami ikuti adalah Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challange sangat memberikan manfaat yang besar kepada kami.

Team Pemuda Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba untuk mewujudkan Desa Mandiri menuju Indonesia Mandiri

Team Pemuda Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba untuk mewujudkan Desa Mandiri menuju Indonesia Mandiri

Alhamdulillah mimpi masyarakat desa Nglanggeran yang dimotori oleh pemuda-pemudinya untuk menjadikan Desa Nglanggeran menjadi Desa Wisata semakin sukses, beberapa kegiatan inovasi yang kami lakukan selaras dengan kegiatan inovasi dari Bank Mandiri. Kami pemuda dengan SDM pas-pasan mendapatkan pelatihan saat Social Entrepreneur Camp di Bandung dan berdiskusi dengan team juri saat penjurian di Jakarta. Hal ini merupakan proses belajar sekaligus penambahan pengetahuan dan jaringan untuk peningkatan kapasitas SDM kami dan sangat kami butuhkan.

Seharusnya semua BUMN, perusahaan dan juga masyarakat memiliki mimpi yang sama untuk Indonesia yang mandiri, Indonesia dengan berbagai prestasi dan Indonesia yang dapat mengelola semua potensi yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat. Melakukan kegiatan perubahan dari yang terkecil dilingkungan kita adalah salah satu wujud peduli kita untuk mengubah Indonesia menjadi Indonesia Mandiri. Kami kelompok pemuda yang di desa juga mempunyai mimpi besar untuk dapat melakukan perubahan besar untuk Negara Indonesia tercinta, dan kegiatan yang kami lakukan adalah dengan mencintai desa kami, mengolah potensi, melakukan inovasi, memberdayakan masyarakat dan berupaya bersama-sama mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Semoga langkah kami selalu di ridhoi Allah SWT, cinta tanah air tetap terpatri dalam hati sanubari dan bisa mengajak para pemuda-pemudi lain untuk selalu bangga kepada desanya, tanah kelahirannya dan Negara Indonesia. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.

Entry filed under: Curhat Handoko. Tags: , , , , , .

Semangat pemuda berkolaborasi dengan kebudayaan lokal di Kawasan EKowisata Gunung Api Purba. Manfaat PNPM Pariwisata di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

10 Komentar Add your own

  • 1. warsidi  |  November 3, 2012 pukul 11:11 pm

    Selamat, perjuangan yg dilakukan dengan keikhlasan dan kepeduliaan Inya’Allah….akan menuai kesuksesan, keterbatasan sarana prasarana justru menjadi cambuk untuk tetap semangat, SUKSES

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  November 3, 2012 pukul 11:18 pm

      Iya mas, terimakasih atas dukungannya. Insyaallah ketika kita berjalan dijalan yang benar Allah akan memberikan bekal dan perlengkapan buat kita menjalankannya. Alhamdulillah Bank Mandiri salah satu BUMN yang akan turut mengawal membantu mewujudkan mimpi kami dan masyarakat. Insyaallah…

      Balas
  • 3. Care Tourism  |  November 10, 2012 pukul 6:54 pm

    Mas Sugeng saya ikut bergembira dengan usahanya memberdayakan desa kita. Selamat ya. Semoga Tuhan memberkati usaha kita selalu. Semoga juga upaya mas Sugeng mendapat respons dari desa yang lain untuk menjadikan Indonesia mencapai kesejahteraan sebagaimana yang kita idamkan bersama.

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  November 11, 2012 pukul 12:14 am

      Iya pak, sudah saatnya Desa dan bangsa Indonesia melakukan inovasi untuk Kemandirian menuju kesejahteraan. Pengembangan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang berwawasan lingkungan berbasis masyarakat sebagai salah satu upaya kami untuk memberikan kontribusi kepada bangsa tercinta ini.

      Balas
  • 5. Agus  |  Desember 23, 2012 pukul 1:38 pm

    menarik ini wisata tanam padinyapasti sangat menghibur bagi turis asing.

    Balas
    • 6. Sugeng Handoko  |  Desember 23, 2012 pukul 4:30 pm

      iya wisman sangat seneng dan menikmati, sekarang wisata sudah berubah, tidak lagi melihat tp ikut merasakan…

      Balas
  • 7. elva trisye  |  Januari 19, 2013 pukul 2:11 pm

    benar pak pariwisatamemang sangat berpengaruh bagi rakyat atau masyarakat setempat mantap maju pariwisata

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Januari 20, 2013 pukul 5:56 am

      iya karena memiliki multi player efek yang besar. dan semua masyarakat jadi terlibat.

      Balas
  • 9. ardiie  |  Maret 28, 2013 pukul 1:11 pm

    ouh ya bagus pak,, berarti pemuda pemudi desa nglanggeran sangat peduli dengan desa nya dan ingin memajukan desa mereka menjadi desa wisata ..
    ayo semangat ..

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Maret 28, 2013 pukul 5:33 pm

      Alhamdulillah dengan segala aktivitas cinta desa kami tergerak secara ikhlas mengembangkan wisata desa dikawasan kami..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: