Manfaat PNPM Pariwisata di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

Desember 23, 2012 at 4:44 pm 3 komentar


PNPM memiliki kepanjangan kata Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, ada beberapa jenis PNPM diantaranya PNPM Pedesaan, PNPM perkotaan, dan PNPM Pariwisata. Dalam kesempatan ini saya akan sedikit banyak bercerita tentang PNPM Pariwisata karena saya berkecimpung dan banyak melakukan kegiatan dijenis itu.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bersama Kelompok Kuliner

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bersama Kelompok Kuliner

Istilah PNPM Pariwisata mulai akrab ditelinga saya sejak tahun 2009 namun mengetahui lebih jelas ditahun 2011. Berawal dari adanya sosialisasi untuk membuat proposal PNPM Pariwisata tahun 2010 saya belajar tentang PNPM Pariwisata. Tahun 2011 merupakan tahun pertama bergabung dengan tim PNPM Pariwisata, dimulai dari tahap seleksi fasilitator PNPM Pariwsata tahun 2011 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul. Waktu itu masing-masing desa wisata diminta minimal 3 kandidat untuk mendaftar dan seleksi fasilitator PNPM Pariwisata. Terdapat setidaknya 15 kandidat sekabupaten Gunungkidul dan diambil 5 fasilitator. Alhamdulillah saya masuk dalam daftar 5 fasilitator yang diterima.

Sejak lolos seleksi tersebut, mendapatkan banyak pelatihan dan pendampingan dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI (sekarang menjadi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Sebagai fasilitator tingkat desa kami dibekali berbagai macam teknik sosialisasi, penggalian gagasan, rembug warga dan juga perancangan program kerja, pelaksanaan hingga ke proses pelaporannya.

Program PNPM Pariwisata memberikan manfaat yang luar biasa bagi penerimanya jika dilaksanakan sesuai dengan aturan dan prosedur yang diberikan. Hal itu juga dirasakan warga masyarakat desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta. salah satu desa wisata yang mengembangkan desa wisata. Selain itu juga pengembangan kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran berwawasan lingkungan berbasis masyarakat. Konsep utama yang diusung program PNPM adalah pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan dan itu merupakan sejalan dengan pengembangan desa wisata di Nglanggeran.

Desa wisata Nglanggeran merupakan desa wisata yang muncul dan berkembang berasal dari masyarakat setempat yang dimotori oleh para pemuda-pemudinya dan mendapatkan dukungan dari pemerintah desa, pemerintah kabupaten dan juga dinas-dinas terkait dari daerah maupun pusat.

Desa Nglanggeran mendapatkan program PNPM Pariwisata 2 tahap, pertama tahun 2011 dan yang kedua di tahun 2012. Hal ini memberikan dorongan perkembangan luar biasa bagi kemajuan pariwsata di Desa Nglanggeran. Terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat drastis, semakin beragamnya atraksi wisata yang ditawarkan, dan lama tinggal wisatawan serta tersedianya lapangan pekerjaan baru setelah ada program PNPM pariwisata.

Adapun program yang dilaksanakan ditahun pertama (tahun 2011) antara lain : (1) Pelatihan Pengelolaan Home Stay, (2) Pelatihan penataan pedagang, (3) Pembuatan warung relokasi pedagang, (4) Pembuatan Arena Flying Fox. Selanjutnya tahap kedua (tahun 2012) digunakan untuk : (1) Pelatihan Pemandu Outbond (2) Pelatihan Kuliner (3) Pelatihan Manajemen Objek Daya tarik Wisata (4) Pelatihan Kesenian Tradisional dan Pengadaan Seragam Kesenian (5) Pembuatan MCK Standart Wisatawan manca.

Program-program diatas merupakan hasil dari rembug warga dan muncul dari keinginan masyarakat sehingga memiliki manfaat dan keberlangsungan program yang dapat dijamin tetap eksis. Seharusnya program-program pemerintah mengikut konsep PNPM pariwisata sehingga dalam proses pembangunan dan usulan juga sesuai keinginan dari masyarakat bawah. Semoga segala program yang dilaksanakan tetap menjadi berkah dan semakin mendukung program kami untuk kesejahteraan masyarakat. Tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!! (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Pariwisata. Tags: , , , , .

Inovasi Untuk Indonesia Mandiri, dari Desa untuk Indonesia Tercinta Acara Tahun Baru 2013 di Gunung Api Purba, Yogyakarta

3 Komentar Add your own

  • 1. try lestari  |  Januari 19, 2013 pukul 2:25 pm

    maju terus PNPM Mantap

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Januari 20, 2013 pukul 5:58 am

      Insyaallah tetap semangat dan terus berkarya….

      Balas
  • 3. avangate  |  Juni 26, 2014 pukul 6:31 pm

    izin nyimak gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: