Program Live In di Gunung Api Purba

Januari 31, 2011 at 3:38 pm 19 komentar


Kawasan ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran kini semakin menyajikan berbagai kegiatan yang menarik. Tempat yang sering digunakan untuk kegiatan makrab (malam keakraban) mahasiswa/kelompok organisasi, dan juga surga bagi pecinta alam maupun fotografer ini kini menyajikan satu kegiatan lagi yang sangat menarik. Khususnya bagi mereka yang sudah jarang tinggal dan merasakan hidup di suasana pedesaan. Apakah itu???? Hmmm…. Namanya “program live in”. apa sih live in?

Live in merupakan kegiatan tinggal dan hidup didesa bersama masyarakat pedesaan, mengikuti segala aktivitas induk semang (orang tua baru) mereka. Kalo di televisi seperti acara “Jika aku menjadi” nah… pada tau kan??? Hanya ada sedikit perbedaan di jenis kegiatan dan lama tinggalnya. Pada program live in khususnya yang ada di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan dan bisa dalam waktu 3 hari-7 hari, lebih lamapun bisa karena banyak kegiatan yang ditawarkan dikawasan kami. Nah selama waktu tersebut wisatawan/pengunjung dapat full melakukan kegiatan atraksi pedesaan maupun petualangan sesuai program yang telah kami kemas kemudian ditawarkan kepada peserta untuk bisa disesuaikan dan disepakati.

Mungkin untuk lebih jelasnya saya uraikan program live in di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran yah…..

Survei dari islamic village Tangerang

Survei dari islamic village Tangerang

Biasanya program seperti ini diminati dan diikuti oleh sekolah-sekolah favorit yang memang sudah ada agenda buat kegiatan program mengenal dan belajar hidup dipedesaan yang masih asri dan memiliki nilai budaya luhur yang masih kental. Kegiatannya macam-macam dari belajar bercocok tanam (bersawah/padi, kakao, jagung,dll), belajar membatik topeng(hasilnya bisa dibawa pulang sendiri2), belajar beternak, belajar kesenian karawitan (gamelan), belajar kreasi janur, belajar menari, belajar tatakrama dan budi pekerti (langsung praktek dimasyarakat), dan masih banyak lagi kegiatan belajar yang dapat dilakukan….

Untuk kegiatan permainannya juga sangat banyak dan seru-seru antara lain : sepak bola lumpur, tangkap bebek dilumpur, jelajah sungai, tracking pedesaan, tracking gunung api purba, flying fox, rafling, panjat tebing, gobak sodor, egrang, dan segudang permainan pedesaan…. Untuk makannya pun ala pedesaan donk… kita ada paket kenduri, paket wiwitan (makan pincuk disawah), makanan khas tradisional, melihat proses pembuatan makanan oleh-oleh di Gunung Api Purba yang mayoritas dari hasil pertanian sendiri, dll…. Wuih……… pokoknya seru…..

Selain itu lingkungan masyarakat yang kondusif, masih kental dengan gotong-royong dan ramah tamah menjadikan suasana belajar dipedesaan semakin asri. Terdapat 45 home stay yang sederhana tempat dimana siswa/pengunjung menempati rumah barunya selama mengikuti program live in.  Selain itu yang menjadi keunikan tersendiri adalah Desa wisata ini dikelola dan dimotori oleh anak-anak muda “Karang Taruna Bukit Putra Mandiri” yang juga mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan dinas terkait. Hmmmm…. Lain dari pada yang lain kan??? Biasanya desa wisata ketemunya sama bapak-bapak dan simbah-simbah, nah ini ketemu sama mas-mas dan mbak-mbak he he he…., walau nanti pada akhirnya juga dirumah warga akan ketemu dengan bapak-bapak dan mbah-mbah juga. He he he….

Penanda tanganan Kerjasama sebelum kegiatan dilaksanakan

Penanda tanganan Kerjasama sebelum kegiatan dilaksanakan

Mengantar keliling desa buat survei

Mengantar keliling desa buat survei

Team Kami yang pake batik (pemuda-pemuda yang peduli akan desa dan lingkungannya)

Team Kami yang pake batik (pemuda-pemuda yang peduli akan desa dan lingkungannya)

Program live in di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran pertama kali insyaallah akan dilakukan pada tanggal 27 Februari 2011-2 Maret 2011. Kemarin (Jum’at 28 Januari 2011) sudah ada penandatanganan kontrak buat pelaksanaan program ini dari salah satu sekolah dari Tangerang sejumlah 120 siswa SMA melakukan kegiatan dikawasan kami. Bersama Team kami “Kampung Alam Dewa Pesona Purba” team bapak dan ibu guru dari Islamic village melakukan survey lokasi dan home stay juga serta beberapa titik lokasi untuk kegiatan dan beliau-beliau menyetujui untuk kegiatan dikawasan kami.

Semoga dengan adanya program live in ini memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun bagi siswa yang mengikuti. Siswa yang dapat melakukan kegiatan dikawasan kami bisa dari SD,SLTP,SLTA,Mahasiswa dan pengunjung umum pun bisa….

Harapan kami manfaat yang dapat dipetik oleh kami pengelola dan masyarakat mendapatkan ilmu dan pengalaman dari pengunjung, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena memiliki income dari pengelolaan kegiatan ini. Manfaat bagi peserta live in semoga dapat belajar memaknai tatacara hidup bermasyarakat di pedesaan, merasakan kekeluargaan dan keharmonisan kebersamaan, dan menghargai perjuangan para orang tua yang telah menyediakan segala fasilitas bagi mereka. Yang terutama adalah mendapatkan suasana baru yang belum pernah mereka rasakan dan mendapatkan pelajaran untuk bisa mandiri, bertanggungjawab dan menghormati kepada teman/orang lain.

Jenuh hidup dikota, ingin belajar didesa dan tentang pedesaan, serta lupakan kesibukan bekerja anda sejenak dengan mengunjungi dan mengikuti kegiatan dikawasan kami bersama “Kampung Alam Dewa Pesona Purba”. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!!(Sugeng Handoko)

Entry filed under: Desa Nglanggeran, Penyelamatan Lingkungan, Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , , , .

Blog Gunung Api Purba Menang Festival Blog 2010 Dari Kamar Kost, Kubuat Wisata untuk Desaku

19 Komentar Add your own

  • 1. Islamunanajwa  |  Juli 11, 2012 pukul 9:06 am

    salam kenal mas, saya tertarik sekali dengan informasi yang disampaikan, sekolah kami sudah mengadakan kegiatan live serupa dan sudah berjalan 3 tahun di tempat yang berbeda-beda, tahun ini kami sedang mencari lokasi baru untuk live ini, kayaknya tempat ini sangat menarik deh……boleh ngak kami mendapatkan informasi lebih lanjut. mohon hubungi kami lewat email alqoyuni@yahoo.com atau 081808172166. makasih. Najwani

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Juli 12, 2012 pukul 8:26 pm

      Oke sdh saya kirim via email ya infonya… Semoga bisa bekerjasama kedepannya… Terimakasih, Hormat saya, Sugeng Handoko

      Balas
  • 3. Liesa  |  April 25, 2013 pukul 10:44 pm

    Malam pak, saya tertarik dengan info live in nya.
    Bolehkah saya mendapatkan info lbh lanjut?🙂
    Kalo boleh bs hubungi saya ke email liesakan@gmail.com
    Thankss

    Balas
  • 4. grahitaputri  |  September 10, 2013 pukul 6:16 pm

    Salam. saya Grahita dari Jakarta.
    pak, kebetulan Kampus saya akan mengadakan program live in. Bolehkah saya meminta informasi tentang Desa Nglanggeran melalui email saya.
    Trima kasih. Tuhan berkati.

    Balas
    • 5. Sugeng Handoko  |  September 15, 2013 pukul 10:50 am

      oke email sudah saya kirimkan ya…

      Balas
  • 6. M.TAUFIQURRAHMAN  |  Agustus 7, 2014 pukul 12:53 pm

    Salam, saya bertemu dengan artikel ini… sangat menginspirasi. bolehkah saya minta info detail tempat live in ini (no.kontak.alamat persisi.teknis, dll? terima kasih. Saya berencana untuk membawa murid2 saya tahun ajaran ini untuk live ini. mohon kiranya dapat di email ke

    taufiqapuri@yahoo.co.id

    Balas
    • 7. Sugeng Handoko  |  Maret 5, 2015 pukul 4:25 pm

      oke sudah kami kirim via email ya…

      Balas
  • 8. era  |  Desember 19, 2014 pukul 12:04 pm

    salam kenal, saya tertarik dengan program live in, mohon info lebih jelasnya, di email ke era.yasin@yahoo.co.id

    Balas
    • 9. Sugeng Handoko  |  Maret 5, 2015 pukul 4:22 pm

      oke sudah kami kirimkan ya, bisa dicek. jika ada yang ingin didiskusikan bisa contak kami. 081802606050

      Balas
  • 10. odifa_agenlidahkulon@yahoo.com  |  Februari 7, 2015 pukul 1:03 pm

    wowww..keren banget..mau dong saya di email Program Live In 2015..kira kira minimal berapa org ya?? investasi beayanya berapa ya?..kabarnya saya tunggu di : odifa-agenlidahkulon@yahoo.com

    Terima kasih, Juni Kristina

    Balas
    • 11. Sugeng Handoko  |  Maret 5, 2015 pukul 4:19 pm

      oke sudah kami emailkan ya, harga paket tergantung lama kegiatan dan jenis kegiatannya.

      Balas
  • 12. rasmahita  |  Maret 2, 2015 pukul 12:02 pm

    perusahaan kami mau mengadakan program live in..tolong dibantu ya caranya

    Balas
    • 13. Sugeng Handoko  |  Maret 5, 2015 pukul 4:16 pm

      sudah saya kirim kan paket Live in nya ya… mohon di cek, dan bisa survei lokasi juga. Terimakasih…

      Balas
  • 14. noe  |  April 28, 2015 pukul 4:30 pm

    Mas, mohon info lengkap tentang paket2nya ya, dari outbound, workshop, kegiatan2. Kirim ke email ya. Kami tertarik utk kesana mas. Trims

    Balas
    • 15. Sugeng Handoko  |  Juli 3, 2015 pukul 4:33 pm

      oke kami kirimkan ya… mohon dicek email.

      Balas
  • 16. Rudi  |  September 21, 2015 pukul 2:41 pm

    selamat siang pak sugeng, saya tertarik program live-in yang ditawarkan. apakah saya bisa minta dikirimkan proposal penawaran kegiatan serta kisaran harga melalui email?
    atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih
    rudi

    Balas
    • 17. Sugeng Handoko  |  Oktober 20, 2016 pukul 8:45 pm

      Oke kami kirimkan ya…

      Balas
  • 18. agung  |  September 16, 2016 pukul 12:21 pm

    saya tertarik untuk program ini mohon infonya untuk paket-paketnya email saya wibiebowo12@gmail.com atau 082226168912

    Balas
    • 19. Sugeng Handoko  |  Oktober 20, 2016 pukul 8:34 pm

      Terimakasih sudah kami kirimkan ya…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: