Pengalaman Menarik Kerja Praktek di PT.LEN Indusri – Bandung

Januari 9, 2011 at 3:23 pm 31 komentar


Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar S1. Dilaksanakan minimal satu bulan mengkuti kegiatan di perusahaan/pabrik dengan minimal 100 karyawan. Itulah yang diberlakukan di Jurusan Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan. Mata kuliah yang berjumlah 3 sks itu sebenarnya dikerjakan di semester 7. Penulis juga telah mengambil dan melakukan kerja praktek di sebuah pabrik plastik di Yogyakarta selama satu minggu. Namun kebijakan baru dari kampus terkait karyawan minimal 100 karyawan menjadikan kendala dan terpaksa harus pindah perusahaan. Karena pabrik plastik di bantul hanya ada 86 karyawan.

Terpaksa saya menunda pelaksanaannya karena masih ada kegiatan di Lab Teknik Industri yang tidak dapat ditinggalkan. Mengampu asisten 3 praktikum (Analisa Perancangan Kerja/APK, Pemrograman Komputer, dan Perancangan Teknik Industri) cukup menyita waktu sehingga tidak dapat melaksanakan Kerja Praktek diluar Jogja.

Dengan hoby berselancar diinternet saat mencari lowongan pekerjaan buat Teknik Industri muncul sebuah nama “PT.LEN Industri” sebuah BUMN diBandung yang sedang membuka lowongan karyawan. Saya mencoba menghubungi keluarga yang tinggal di Bandung (Bulek Umi) dan ternyata dekat dengan Perusahaan tersebut dan secara kebetulan lagi terdapat tetangga dan masih saudara juga kayaknya yang bekerja di PT.LEN Industri, Pak karyono namanya. Saya menanyakan apakah di Perusahaan tersebut dapat digunakan sebagai tempat Kerja Praktek/magang. Dan katanyapun bisa.

Dengan surat pengantar dari kampus dan proposal kerja praktek saya diantar pak karyono memasukan ke bagian Diklat, alhamdulillah dapat melaksanakan Kerja Praktek di Perusahaan tersebut.

Senin Tanggal 20 September 2010 menjadi hari perdana Kerja Praktek saya, pagi jam 07.30 saya sudah ada diperusahaan karena jam kerja di PT.LEN masuk jam 07.30. setelah sejam menunggu akhirnya bisa ketemu kepala Diklat (Pak Ade Solikhin). Hari pertama obrolan ringan dengan beliau tapi sangat mengena dan berharga mempertebal keimanan maupun motivasi untuk beribadah lebih giat lagi.

 

Sertifikat magang Kerja Praktek di PT.LEN Industri ada di bagian Sistem Kualitas

Sertifikat magang Kerja Praktek di PT.LEN Industri ada di bagian Sistem Kualitas

Setelah bertemu dengan pak Ade, saya ke bagian tempat ditempatkannya saya harus magang yaitu di Bagian Sistem Kualitas. Dengan Pembimbing Pak Adji Pambudi, diruangan yang cukup luas itu disambut sapa ramah dari pak Nasrul dan Bu Almi karyawan di Bagian Sistem Kualitas juga. Mulailah diperkenalkan dengan komputer tempat saya duduk dan nantinya untuk kerja, dan diberikan kebebasan untuk santai dan mengenali lingkungan kerjanya dulu. Hari kedua saya juga berangkat pagi-pagi karena harus naik angkot dan belum tau rute angkot dibandung (sekilas gambar saja dari om Tono).

Jam 07.15 saya sudah didalam PT.LEN, dan untuk menunggu beberapa waktu saya putuskan untuk menunggu dimasjid, terdapat hal yang berbeda dan cukup menarik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Yaitu banyaknya karyawan yang datang pagi-pagi dan melakukan salat dhuha dulu dimasjid. Sayapun ikut menjalankan salat dhuha. Setelah sirine tanda masuk berbunyi sayapun menuju ruangan dimana saya harus berada. Terdapat satu tambahan karyawan lagi ternyata yang dihari pertama belum datang yaitu Bu Helmi, iya karena saat itu masih dalam kondisi lebaran jadi dari mudik dan banyak makanan juga…

Setelah beberapa hari dan beberapa minggu rutinitas sayapun berangkat pagi, kemasjid melakukan salat dhuha dan masuk kantor pagi-pagi karena motor kesayangan saya (Jupiter Z Hitam) sudah dikirim kakak untuk bisa digunakan selama kerja praktek. Sedikit demi sedikit berkat bimbingan dan pengarahan dari pembimbing dan karyawan di Bagian Sistem Kualitas, serta mengikuti beberapa rapat maka saya mulai tahu dan memahami konsep yang sedang melakukan sertifikasi dan implementasi OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004.

 

Sertifikat Auditor OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004

Sertifikat Auditor OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004

Tugas untuk membantu pencapaian sertifikasi dan implementasi OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004 pun diberikan dan semaksimal mungkin saya kerjakan sesuai kemampuan. Dalam proses implementasi dan sertifikasi diatas PT.LEN terdapat konsultan yang membantunya, beliau adalah Pak GG. Saat kuliah pernah juga dijelaskan tentang tugas seorang konsultan, namun baru saat itu juga saya mengetahui tugas dan peran seorang konsultan. Dengan pengetahuan yang sangat luas, penampilan yang menarik dan dapat meyakinkan clayen merupakan hal yang tertanam dibenak saya tentang konsultan.

Terdapat banyak pelatihan dan juga perbaikan-perbaikan untuk bisa mendapatkan sertifikasi diatas OHSAS 18001:2007 (tentang Keselamatan dan Kesesatan Kerja) dan ISO 14001:2004 (tentang lingkungan). Hingga pada suatu hari tepatnya 13 oktober-14 oktober 2010 diselenggarakan pelatihan Auditor OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004 di salah satu hotel di Bandung. Saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti dan membantu menyiapkan materi (menyiapkan infocus, fotocopy dan membagikan materi). Sambil menunggui proses pelatihan saya juga ikut memperhatikan penjelasan yang sangat menarik dari konsultan (Pak GG) yah memang karena saya tertarik sekali dengan OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004. Namun hanya sampai tengah hari saja saya mengikuti, setelah makan siang harus kembali kekantor untuk menyiapkan materi (fotocopy) hari berikutnya.

Pada hari kedua saya memberanikan diri meminta ijin untuk mengikuti pelatihan secara full. Dan Alhamdulillah diijinkan oleh pak Adji, saat diakhir pertemuan pelatihan ada ujian/tes untuk menentukan dapat sertifikat auditor apa hanya sertifikat atensi telah mengikuti pelatihan saja. Saat itupun Pak Ade memberikan kesempatan untuk ikut mengerjakan tesnya sekedar untuk mengetahui seberapa pengetahuan tentang pelatihan. Dengan duduk dikursi belakang saya mencoba mengerjakan sepengetahuan saya dari materi yang saya dapat dan selama menyimak saat pelatihan.

Setelah selesai semua jawaban dari peserta pelatihan dikumpulkan, tapi saya belum karena masih ragu-ragu boleh atau tidak. He he he…. selang satu hari saat diruang sistem kualitas saya memberanikan diri meminta kepada konsultan (Pak GG) untuk mengumpulkan dan diperiksa jawaban saya untuk mengukur potensi diri. Dan alhamdulillah beliau berbaik hati. Hingga akhirnya hasilnya lumayan membanggakan. Nilai minimal untuk mendapatkan sertifikat auditor OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004 adalah 70. Alhamdulillah nilai saya 79 dan nilai tertinggi 89,5. Saya sangat bersyukur berkat baik hati dari karyawan PT.LEN dan juga Pak GG saya juga mendapatkan sertifikat Auditor OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2004.

Itulah pengalaman yang sangat berkesan dan tidak mungkin dapat terlupakan selama saya melakukan kerja praktek di PT.LEN Industri. Magang saya berakhir pada tanggal 1 November 2010 dan kembali kerumah (patuk, Gunungkidul) untuk menyiapkan acara tahunan Kiran Budaya rasulan 2010. namun untuk pelaksanaan Sekripsi/tugas akhir insyaallah akan kembali lagi ke PT.LEN Industri.

Semoga pengalaman menarik ini akan berguna bagi saya dikemudian hari. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!!(Sugeng Handoko)

 

Entry filed under: Curhat Handoko. Tags: , , , , , .

Tahun Baru 2011, kuisi bersama Desa dan Gunungku Catatan ditahun 2010

31 Komentar Add your own

  • […] Pengalaman Menarik Kerja Praktek di PT.LEN Indusri – Bandung … […]

    Balas
  • 2. Mitha  |  Januari 10, 2011 pukul 9:18 pm

    Mas Sugeng, kebetulan saya sedang mencari tempat kerja praktek, mungkin PT LEN bisa jadi pilihan saya, saya ingin tanya, untuk daftar kerja praktek di PT tersebut apakah langsung datang saja ke kantornya atau bagaimana?

    terimakasih sebelumnya..

    Balas
  • 3. Mitha  |  Januari 10, 2011 pukul 9:19 pm

    Mas Sugeng, kebetulan saya sedang mencari tempat kerja praktek, mungkin PT LEN bisa jadi pilihan saya, saya ingin tanya, untuk daftar kerja praktek di PT tersebut apakah langsung datang saja ke kantornya atau bagaimana?

    terimakasih sebelumnya atas balasannya

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Januari 10, 2011 pukul 9:22 pm

      iya langsung aja ke kantornya dan masukin…. kalo boleh tau jurusan apa ya???

      Balas
      • 5. Mitha  |  Januari 10, 2011 pukul 9:55 pm

        kebetulan saya jurusan teknik industri mas.. semester 6..
        akhir semester 6 nanti, sekitar bulan mei-juli, saya disediakan waktu untuk kerja praktek yang nanti dipresentasikan di semester 7..

        kalau boleh tau lagi, lowogan kerja praktek tergantung kebutuhan PT LEN atau selalu ada program kerja praktek ya mas?

        matur nuwun..😀

      • 6. Sugeng Handoko  |  Januari 10, 2011 pukul 10:00 pm

        Owh…. sama, Salam Unity….!!! (tau kan itu salamnya anak Industri). Disana sering digunakan buat kerja praktek kok, banyak juga yang SMK/SMA. Jadi coba masukin aja… Temennya Danis ya?

  • 7. Mitha  |  Januari 10, 2011 pukul 10:08 pm

    Danis SMA 1 Bogor ya mas? kalau dia sih kenal.. hehe

    Wah sebenernya saya baru tau sih kalau ada salah khusus anak industri -_-

    Baiklah mas, nanti saya coba masukin proposal + surat pengantar. Terimakasih lagi mas, semoga sukses atas segala ikhtiarnya🙂

    Balas
    • 8. Sugeng Handoko  |  Januari 10, 2011 pukul 10:14 pm

      Danis ITB, Dulu sekjen IMTII kebetulan saya kenal pas Konggres IMTII (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Indonesia) di UNISBA kebetulan saya Delegasi dari Jogja…. dan kenal disana. Iya ada Salam Teknik Industri…. ( Salam Unity…!!!)
      Amin semoga sukses…..

      Balas
  • 9. key  |  Maret 3, 2011 pukul 8:53 pm

    assalamualaikum mas,,
    perkenalkan saya key mahasiswi Teknik Industri angkatan 2008,,
    gini mas saya kebetulan berminat untuk Kerja Praktek di PT.LENindustri
    nah mau tanya, kira2 bagian apa aj yang tersedia selain bagian sistem kualitas mas?
    makasih ya mas infonya
    salam unity,,:)

    Balas
    • 10. Sugeng Handoko  |  Maret 3, 2011 pukul 11:43 pm

      Wasalamualaikum wr.wb

      Oke Dik Key, oke bisa dicoba… bagiannya ada Rendal, QC, produksi elektronik, produksi mekanik, dll….

      Balas
  • 11. Devry  |  Maret 9, 2011 pukul 2:54 pm

    keren lah, sukses slalu kang sugeng….

    Balas
    • 12. Sugeng Handoko  |  Maret 9, 2011 pukul 5:42 pm

      oke makasih ya…. pingin kebandung lagi nih….

      Balas
  • 13. markus  |  Maret 21, 2011 pukul 7:36 pm

    Mas Sugeng, saya mahasiswa jurusan Sistem Informasi…kira” dsna terima KP utk mhasiswa jurusan Sistem Informasi ga y?? jdwal KP saya antara bln Mei-Juli…

    Balas
    • 14. Sugeng Handoko  |  Maret 22, 2011 pukul 11:15 am

      hmmm,… saya kurang tahu kalo itu mas, coba aja ditanyakan. semoga aja bisa…. selamat mencoba …. thanks…

      Balas
      • 15. markus  |  Maret 23, 2011 pukul 1:42 pm

        ok…trims y mas sugeng…..

      • 16. Sugeng Handoko  |  Maret 24, 2011 pukul 10:16 pm

        iya sama2 mas…

  • 17. rian  |  April 17, 2011 pukul 2:55 pm

    mau tanya, di PT LEN apa ada bagian R&D?

    Balas
    • 18. Sugeng Handoko  |  April 18, 2011 pukul 10:48 am

      ada….

      Balas
  • 19. andi  |  April 30, 2011 pukul 7:45 pm

    mas sugeng saya mau tanya
    saya dari jurusan elektronika
    di sana ada kp untuk elektrnika tidak, instrumentasi industri atw sistem control kaya gtu
    terima kasih

    Balas
    • 20. Sugeng Handoko  |  April 30, 2011 pukul 7:54 pm

      ada… kayaknya saya liat ada yang rangkai2 gtu. Persinyalan kereta api….

      Balas
  • 21. idzoel  |  Juli 17, 2011 pukul 6:38 pm

    mas, saya mahasiswa Teknik Fisika ITS. berencana ingin kerja praktek disana. Mau tanya klo prosedur pengajuan Kerja Praktek di PT LEN seperti apa ? Klo ingin mengetahui permasalahan yg ada disana untuk dijadikan judul proposal Kerja praktek bisa atau tidak ? klo bisa hub ke bagian apa ,,,?

    Balas
  • 22. squidy  |  Desember 12, 2011 pukul 9:43 pm

    sertifikat iso k3 mantap gan, saya juga ingin mempunyai yg seperti itu.:D

    Balas
  • 23. isan  |  Februari 16, 2013 pukul 7:21 am

    mas di sana dikasih uang saku engga?
    makasih

    Balas
    • 24. Sugeng Handoko  |  Februari 25, 2013 pukul 9:24 am

      ada uang transportnya kalo dulu. sekarang kurang tau mas

      Balas
  • 25. Mebel Jepara  |  Februari 23, 2013 pukul 9:03 pm

    Kira2 bagaimana gan, caranya bisa memiliki sertifikat tersebut..
    prasyarat apa saja yang harus di lengkapi…

    Balas
    • 26. Sugeng Handoko  |  Februari 25, 2013 pukul 9:23 am

      saratnya harus ikut training dan nanti ada tesnya juga. kalo lolos akan mendapatkan sertifikat tsb.

      Balas
  • 27. luki  |  Februari 27, 2013 pukul 12:19 am

    mas, saya mahasiswa teknik industri berminat juga KP di PT LEN, kalo dulu persyaratannya apa aja mas?

    Balas
    • 28. Sugeng Handoko  |  Maret 28, 2013 pukul 5:25 pm

      persyaratannya mengajukan proposal kegiatan KPnya

      Balas
  • 29. Rara  |  Januari 15, 2016 pukul 9:02 pm

    Assalamualaikum. Mas Sugeng. Salam Unity.
    Saya Rara jurusan Teknik Industri unpas bandung skrang semester 5 mau masuk semester 6. Terimakasih atas pengalamannya bercerita tentang KP. Rencananya saya KP semester 6. Tapi masih bingung perusahaannya dimana. Untuk PT.LEN keliatnya pegawai ramah dan baik, berarti tinggal hadir aja ke perusahaannya bawa surat dari kampus ya Mas?🙂

    Balas
  • 30. agus  |  Juni 22, 2016 pukul 2:44 pm

    anak sy mahasiswa teknik industri universitas trisakti jakarta, apakah ada kesempatan buat sy untuk pkl di PT.Len ?

    Balas
    • 31. Sugeng Handoko  |  Oktober 20, 2016 pukul 8:38 pm

      Insyaallah kesempatan ada, bisa kontak ke PT.Len Industri langsung ya…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: