Visit Jogja Year 2012

Juli 14, 2010 at 9:38 pm 4 komentar


Dunia pariwisata merupakan sebuah lingkup kegiatan kepariwisataan yang dituntut untuk selalu aktif dan berubah, selalu kreatif dan memiliki daya saing serta daya tarik agar penikmat pariwisata tidak jenuh. Oleh sebab itu Dinas Pariwisata DIY selalu berinisiatif dan berinovasi untuk menjadikan jogja sebagai kota pariwisata yang menyuguhkan berbagai atraksi wisata dan daya tariknya.

Selasa, 13 Juli 2010 Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan “Semiloka Koordinasi Perencanaan Program Kegiatan Kepariwisataan DIY tahun 2011 dan 2012 untuk menuju visit Jogja Year 2012”. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Santika Lantai.2 Jln. Jendral Sudirman no.19 ini diikuti oleh berbagai kalangan pelaku wisata diantaranya Gusti Prabu dari kraton Yogyakarta, Kepala Dinas Pariwisata 4 kabupaten satu kota dijogja, perwakilan hotel, perwakilan penerbangan dijogja, wartawan/media, musium jogja, desa wisata, dan beberapa kelompok pelaku wisata lainnya. Alhamdulillah penulis juga mendapatkan sebuah kesempatan, diundang mengikuti kegiatan tersebut sebagai salah satu wakil dari desa Wisata Nglanggeran.

Semiloka di Hotel Santika

Dalam semiloka ini dimoderatori oleh bapak Tazbir, SH.M.Hum kepala Dinas Pariwisata DIY dan diisi oleh 3 pembicara yang kompeten tentang pariwisata serta pendukung kepariwisataan diantaranya adalah :

1. Prof. Wiendu Nuryanti, Ph.D

Ketua Badan Pengembangan Industri Pariwisata Yogyakarta/BPIPY

Pengajar di Magister Arsitektur dan Perencanaan Pariwisata, Program Pasca Sarjana, Fakultas Teknik UGM

2. H. Setyo Wibowo, SE (Ketua Komisi B DPRD Yogakarta)

3. Wibowo (Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata)

Dalam sambutan pembuka kepala dinas pariwisata DIY menyampaikan maksud dan tujuan dilakukannya koordinasi perencanaan program kepariwisataan tersebut untuk menjadikan jogja semakin diminati wisatawan. Dan agar tercapainya hal tersebut maka perlu dilakukan kerjasama antar sektor dalam pemerintahan dan juga peran masyarakat dan pelaku wisata. Beliau berkata “Program Pariwisata ini milik kita bersama jadi harus dilakukan secara bersama-sama”. Hal itu juga diperkuat oleh salah satu peserta semiloka bahwa pariwisata bukan milik dinas pariwisata, bukan milik pemerintah saja namun milik semua masyarakat dan pelaku pariwisata. Sehingga untuk mencapai pariwisata yang baik harus ada kesadan dan kerjasama dari masing-masing elemen masyarakat dan pelaku wisata.

Dalam paparannya Prof.Wiendu yang sering disebut juga “Ibu Pariwisata” menyampaikan bahwa tujuan visit jogja tidak hanya menerima tamu/wisatawan dalam jumlah besar dalam tahun tertentu namun juga lebih ke peningkatan dari objek dan pembenahan diri dari kualitas pariwisata tersebut. Sehingga semakin hari akan ada perubahan kualitas yang semakin baik serta adanya kreativitas-kreativitas untuk menarik wisatawan sehingga menghindarkan dari “keletihan pariwisata”. Selain itu beliau juga menyampaikan adanya segudang kekuatan yang ada dijogja antara lain kebudayaan, keindahan alam, banyaknya tempat bersejarah, pusat batik, didukung fasilitas hotel yang lumayan baik, desa wisata,dll. Dengan adanya kekuatan/kelebihan itu perlu kita syukuri dan harus melakukan upaya pelestarian dan pengemasan yang lebih baik lagi.

H.Setyo Wibowo S.E dari komisi B DPRD dalam paparannya juga mendukung kegiatan visit jogja year 2012 dan akan melakukan koordinasi yang intensif dengan Dinas Pariwisata DIY serta melakukan pembahasan-pembahasan di DPRD untuk masalah dana penunjang dari visit jogja year 2012. Dalam paparannya beliau juga menyampaikan masukan kepada Kepala Dinas Pariwisata DIY untuk bisa lebih baik lagi melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas dari 4 kabupaten satu kota yang ada di Yogyakarta agar terwujud sebuah sinkronisasi menuju visit jogja 2012. Bapak H.Setyo Wibowo S.E menambahkan perlu adanya keberanian untuk melakukan terobosan-terobosan baru terkait keparwisataannya agar pariwisata di Jogja lebih bisa baik lagi.

Pak Wibowo (Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata) menyampaikan untuk bisa mengakses dana APBN yang dapat digunakan dalam peningkatan pariwisata di DIY harus menyesuaikan dengan program pemerintah yang ada dipusat. Dan dari daerah sebaiknya membuat program-program yang dapat mendukung program itu agar ada kerjasama dalam hal pelaksanaan programnya. Ada 11 Prioritas nasional kabinet Indonesia bersatu II diantaranya :

  1. Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola
  2. Pendidikan
  3. Kesehatan
  4. Penanggulangan Kemiskinan
  5. Ketahanan Pangan
  6. Infrastruktur
  7. Iklim Investasi dan Iklim Usaha
  8. Energi
  9. Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana

10.  Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Pasca Konflik

11.  Kebudayaan, Kreativitas dan Inovasi Teknologi

Prioritas lainnya

  1. Bidang Politik, Hukum  dan Keamanan
  2. Bidang Perekonomian
  3. Bidang Kesejahteraan Rakyat

Untuk pengembangan pariwisata dan kebudayaan bisa masuk pada urutan no 11. Beliau juga menyampaikan Proritas Nasional Lainnya di Bidang Kesra antara lain :

  1. Peningkatan jumlah wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara sebesar 20% secara bertahap dalam 5 tahun;
  2. Promosi 10 tujuan pariwisata Indonesia melalui saluran pemasaran dan pengiklanan yang kreatif dan efektif;
  3. Perbaikan dan peningkatan kualitas jaringan prasarana dan sarana pendukung pariwisata;
  4. Peningkatan kapasitas pemerintah dan pemangku kepentingan pariwisata lokal untuk mencapai tingkat mutu pelayanan dan hospitality management yang kompetitif di kawasan Asia

Harapan penulis dengan adanya visit jogja year 2012 bisa menjadikan pariwisata jogja semakin diminati wisatawan dan lama tinggal dijogja menjadi lebih lama sehingga berdampak memberikan kesejahteraan masyarakat. Harapan penulis juga agar Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran yang dirintis kelak menjadi sebuah kawasan wisata yang diminati banyak wisatawan untuk membantu jogja lebih istimewa lagi.

Demikianlah sedikit hasil dari semiloka yang diikuti oleh penulis, secara khusus semoga menambah pengetahuan penulis tentang pariwisata dan secara umum semoga ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Tetap semangat dan terus berkarya. (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , , , , .

Pohon Termas( tanaman obat ) Kunjungan DPRD Komisi B Ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

4 Komentar Add your own

  • 1. Kedy  |  Juli 19, 2010 pukul 8:35 am

    Semoga usaha yang dikembangkan oleh mas Sugung Handoko membuahkan hasil seperti yang diinginkan, semngat dan maju terus semoga kawasan ini bisa sejajar dengan Obyek wisata lainnya, Amien Salam

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Juli 23, 2010 pukul 2:28 pm

      Amin pak…. terimakasih atas dukungannya…

      Balas
  • 3. Iin Saptri  |  Juli 23, 2010 pukul 1:43 pm

    Saya tertarik dengan makalah yang disampaikan oleh Prof. Wiendu Nuryanti, Ph.D. pada Semiloka ini……kalau boleh saya minta makalahnya donk mas…..

    Balas
    • 4. Sugeng Handoko  |  Juli 23, 2010 pukul 2:30 pm

      Iya ibu… coba akan saya kirimkan, kemarin kebetulan saya juga minta. tapi ukuran terlalu besar kalo kirim email saya harus kewarnet, jadi nanti tlng saya diingatkan lagi…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Persiapkan dan pastikan waktu longgar Sahabat Geopark untuk 7 Desember 2016. Akan ada penampilan "Gunung Sewu Night Specta". Menjemput Impian Mendunia... penampilan kesenian lokal kolaborasi dengan musik orkestra. Dimeriahkan permainan pencahayaan lampu yg akan ditembak didinding Gunung Api Purba. Akan menjadi pertunjukan yang spektakuler. Insyaallah... semoga Barokah.

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,175 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: