Kunjungan DPRD Komisi B Ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

Juli 14, 2010 at 10:03 pm 2 komentar


Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan kawasan wisata baru yang potensial dan Hal yang tidak pernah kami duga dan terlintas dalam benak kami (Karang Taruna Bukit Putra Mandiri termasuk penulis) bisa melakukan diskusi dan melakukan komunikasi dengan Anggota Dewan yang ada di Propinsi DIY. Kejutan sekaligus kehormatan itu terjadi pada hari Kamis, 14 Juli 2010. Berawal dari Hp penulis (081802606050) berdering dan ternyata ditelfon oleh Bpk. Halim dari Dinas Pariwisata DIY. Dan beliaupun mengucap salam kemudian berkata “Mas posisi dimana? Ini mau memberikan informasi nanti jam 10.30 dari Anggota Dewan Komisi B akan ke Nglanggeran” setelah ngobrol dengan pak halim ternyata maksud dan tujuan kunjungannya tersebut adalah untuk melakukan survey dan silaturahmi bahwasanya Kawasan Ekowisata sering menjadi bahan pembicaraan untuk dikembangkan menjadi daerah wisata barunya Jogja.

Foto bareng Anggota DPRD Komisi B

Setelah sampai dilokasi rombongan yang terdiri dari 12 orang beserta dari Dinas DIY tersebut disambut hangat oleh “Laskar purba” pengelola kawasan wisata yang terdiri dari karang taruna dan BPDW Nglanggeran. Rombonganpun menuju pendopo Joglo Kalisong dan menyaksikan foto-foto dipapan informasi sambil menunggu rombongan dari Dinas Budpar Gunungkidul.

Tidak lebih dari 7 menit rombongan dari Budpar Gunungkidul datang dan rangkaian acara dan diskusipun dimulai. Bapak Birowo dari dinas Budpar GK membuka acara sekaligus memberikan kawasan ekowisata gunung api purba secara umum, kemudian perwakilan karang taruna Pak Suranto juga menyampaikan beberapa hal terkait wisata di Nglanggeran. Bapak hartono selaku BPDW juga memberikan informasi gambaran masyarakat dan potensi yang ada dan sangat mendukung adanya Desa Wisata Nglanggeran. Suatu kehormatan juga bagi penulis (Sugeng Handoko) diberikan kesempatan untuk menceritakan dan menyampaikan pengelolaan dan manajemen di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Desa Wisata Nglanggeran.

Diskusi bersama Dewan di Pendopo Kalisong

Diskusi bersama Dewan di Pendopo Kalisong

Presentasi Kawasan Gunung Api Purba di hadapan DPRD Komisi B

Setelah usai penyampaian terkait potensi, manajemen dan dukungan warga masyarakat maka Ketua DPRD Komisi B yaitu bapak H. Setyo Wibowo, SE memberikan beberapa tanggapan disusul oleh anggota dewan yang lain. Dari beberapa masukan dan tanggapan dari ketua dan anggota dewan ada beberapa hal yang ditangkap oleh penulis diantaranya adalah :

  1. Perlu dilakukan adanya promosi yang optimal di Kawasan Gunung Api Purba agar lebih dikenal, pemberian penekanan-penekanan khusus di leaflet yang sudah ada. (tanggapan penulis: terimakasih dan akan diperbaiki lagi, kemarin bikin leafletnya juga swadaya dari karang taruna dan disusun oleh penulis jadi masih ada kekurangan sana-sini.he he he…)
  2. Anggota dewan khususnya dari DPRD Komisi B DIY mendukung dan akan mengupayakan serta memberikan dorongan untuk meningkatkan pariwisata di Jogja, disampaikan juga Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba sangat potensial untuk dikembangkan.
  3. Harus adanya site plan pengembangan yang baik dan dalam jangka pendek atau panjang, hal itu ditanggapi juga oleh bapak Birowo (kepala bidang pengembangan kawasan wisata Gunungkidul) bahwa sudah ada site plan dan tinggal direalisasikan jika mendapatkan akses biayanya.
  4. Adanya keterlibatan dan pelaku wisata dari masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat.
  5. Diperbolehkan melakukan kerjasama dengan pihak swasta/pihak manapun yang penting ada kesepakatan dan tidak meninggalkan masyarakat sebagai pelaku wisata yang aktif tidak hanya menjadi penonon saja.

Demikian beberapa point yang dapat ditangkap oleh penulis saat adanya kunjungan dari DPRD DIY komisi B, harapan kami akan terjalin silaturahmi dan akan ada tindakan tindak lanjut untuk pengembangan. Sayang jika potensi luar biasa yang dimiliki tidak bisa optimal baik dari semangat dan daya dukung masyarakat serta objek wisata yang ada. Banyak kekuranga dan kesalahan penulis dalam mengetukan jarinya saya mohon maaf, jika ada anggota diskusi yang ingin menambahkan hasilnya bisa diposting. Tetap semangat dan Terus berkarya. (Sugeng Handoko)

Entry filed under: Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Tags: , , , .

Visit Jogja Year 2012 Kegiatan Kerjabakti, rutinitas penyelamatan lingkungan

2 Komentar Add your own

  • 1. M. Natsir  |  Juli 14, 2010 pukul 11:13 pm

    Selamat untuk Mas Sugeng Handoko dan teman2 karang Taruna beserta masyarakat Nglanggeran yang selama ini telah setia dan tekun menjaga, memelihara dan melestarikan Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

    Beberapa kali saya main kesana, tapi belum sempat mampir dan berkenalan dengan teman2 disana, maaf dan nyuwun sewu saya sudah trunyukan di tempat panjenengan tanpa kulo nuwun, sekali lagi saya minta maaf….

    Semoga kesempatan lain saya bisa bersilaturahmi dan ngansu kawruh dari panjengan sami babakan sejarah dan cerita seputar Gunung Api Purba. Kita bisaberbagi pengetahuan dan pengalan, kebetulan saya juga punya jaringan dengan lembaga pemerhati dan pelestarian dan pengembangan wisata ekotourisme, namanya Indecon. Teman2 Indecon selama ini telah bekerja sama dengan masyarakat lokal yang mengelola kawasan wisata alam di Indonesia. Karena sudah banyak terjadi di tempat lain, justru masyarakat hanya menjadi obyek, bukan menjadi subyek.

    Sekarang mereka sedang mengadakan pendampingan didaerah Ponjong, untuk wisata gua. Program mereka jangan sampai dalam pengembangan suatu kawasan wisata ekotourisme nantinya justru akan merusak lingkungannya.

    Maka masyarakatlah yang harus menjadi ujung tombak sebagai penjaga kelestarian alam sekitarnya dan sekaligus menjadi aktor, bukan hanya menjadi penonton ketika kawasan itu menjadi tempat wisata.

    Mungkin ini dulu, besok kita sambung lagi tali silaturahmi dan kita bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Sekali lagi Selamat buat saudara-saudaraku semua di Nglanggeran.
    Mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan. matur nuwun.

    Salam Lestari….

    M.Natsir
    Yayasan Kanthil Kotagede.

    Balas
    • 2. Sugeng Handoko  |  Juli 16, 2010 pukul 10:30 am

      Iya Pak Natsir terimakasih atas dukungannya, oke kalo besok kekawasan kami saya juga pingin banyak belajar dengan njenengan, nanti bisa dikabari saya dan bisa ngobrol-ngobrol. kami pinginnya juga masyarakat sebagai Subjeknya maka ada konsep ekowisata dan desa wisata yang baru kita bangun… senang bisa berkenalan dengan bapak, bisa contak saya (081802606050) jika pas di Nglanggeran. Salam Kenal dan Salam Lestari…….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: