Catatan ditahun 2010

Januari 9, 2011 at 9:13 pm 4 komentar


Sebuah perjalanan kehidupan memiliki kisah, banyak kejadian dan peristiwa yang terlewati seiring dengan berjalannya waktu. Terdapat banyak peristiwa dan juga kejutan menghampiri sejalan tambahan detik dan berkurangnya usia. Tidak kusangka waktu cepat berlalu, kini tahun 2010 berganti tahun memasuki tahun 2011. Aku mulai merenungi dan berfikir ternyata waktu begitu cepat 2006 mulai masuk kuliah dan mengenal teknologi, kini sudah 4 tahun dan serasa begitu cepat.

Sebenernya ingin membuat sebuah tulisan yang menceritakan perjalanan sejak 2006 namun banyak yang terlupakan dan tertutup peristiwa lain. Kini akan saya coba untuk menuliskan kejadian di tahun 2010. Tentunya yang masih teringat dibenak dan semoga akan menjadi kenangan dan dapat membuka memori saat membaca tulisan ini lagi….

Awal tahun 2010 mengikuti kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan tanggal 26 Januari – 24 Februari 2010. Mendapatkan keluarga baru di Dusun Kalisari, Margoyoso, Salaman, Magelang. Selengkapnya Baca SINI.

Bulan Februari tanggal 14 Februari membuat even bersama Fan Page Jogja yang bertajuk “Green Culture Valentine”. Dihari kasih sayang banyak pemuda dan pemudi merayakan dengan berliburan dan bersenang-senang. Kini kami membuat even dihari kasih sayang dengan “mencintai lingkungan”. Satu pasang orang menanam satu pohon dikawasan ekowisata gunung api purba. Selengkapnya Baca SINI

Bulan April, tanggal pastinya penulis tidak ingat. membuat even perdana yaitu outbond di Gunung Api Purba dengan bekerjasama dengan Fan Page Facebook WISATA GUNUNG KIDUL, saat itu dihadiri juga oleh bapak Sudodo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul saat itu,ternyata beliau respon ke kegiatan kami sangat baik. Saya sebatas mengabari di kawasan kami ada kegiatan via sms tapi beliau menyempatkan diri bersama pak Birowo (Kepala Bidang Pengembangan pariwisata) dan Pak Yunus. Selengkapnya SINI

Pada bulan april 2010 juga kita menyiapkan even jelajah wisata Gunung Api Purba dengan target 3000 peserta. Selengkapnya SINI

Juni 2010 lebih fokus dalam kegiatan peduli dan cinta lingkungan, selain melakukan penanaman “sejuta pohon” kami bersama pemuda dan pemudi karang taruna membentuk sebuah team ekspedisi penyelamatan flora dan fauna di Desa Nglanggeran. Dan juga ikut seleksi program bayer dan penulispun membuat Cinta Lingkungan “mencari dana” dengan menulis. Selain itu alhamdulillah proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) juga disetujui dan didanai dikti sehingga dapat selanjutnya menyelesaikan Hasil Laporan PKM-M Gunung Api Purba dibulan Juni 2010. Kemudian dibulan ini juga penulis sakit dan opname selama 3 hari di RS PKU Muhammadiyah karena terkena DB. Iya memang waktu itu menjadi hari-hari yang sangat berat, banyak kegiatan dikampus dan dirumah membuat waktu istirahat sangat kecil. Hampir 3 malam berturut-turut tidur hanya 2-3jam. Membuat kondisi lemah dan ternyata harus istirahat di RS selama 3 hari gara-gara digigit nyamuk. Sehari sebelum diopname sempat saya mengajak ibu dan adik untuk rekreasi ke candi prambanan.

Juli menjadi bulan kunjungan tamu-tamu penting ada sedikitnya dua tamu penting yang masih terekam dibenak penulis yaitu Kunjungan DPRD Komisi B Ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan Kunjungan dan study Banding dari Timor Laste kepada karang taruna Bukit Putra Mandiri. Selain itu untuk mempersiapkan acara jelajah wisata kami mengumpulkan data sekolahan se DIY dan ada beberapa sekolahan kita masuki untuk memperkenalkan potensi Gunung Api Purba sekaligus mendaftar peserta yang akan menjadi peserta jelajah wisata. Saat itu Saya dan Aris Budiyono mendapat bagian sebagian kota jogja dan arah klaten. Alhasil program promosi yang kami lakukan berbuah 3-4 bulan berikutnya.

Agustus tepatnya tanggal 1 menjadi even besar bagi kami, hampir 5000 orang memadati dan berduyun-duyun ke Gunung Api Purba.even jelajah wisata diselenggarakan. Selengkapnya SINI

September 2010 melakukan kerja praktek di PT.LEN Industri (persero) selama hampir 2 bulan tinggal bersama keluarga dibandung bersama Bulek Umi dan Om Tono. Banyak peristiwa menarik dan kenangan salah satunya adalah Pengalaman Menarik Kerja Praktek di PT.LEN Indusri – Bandung Bisa disimak dan semoga dapat memberikan manfaat.

Oktober tanggal 27 tahun 2010 seiring dengan bencana merapi di Yogyakarta terdengar berita yang mengejutkan Mbah Maridjan Ditemukan Meninggal Dunia dalam Posisi Sujud di Dapur. Suasana mencekam debu vulkanik memenuhi jalan menuju Jogja, waktu itu saya melakukan perjalanan dari Bandung bersama nenek dan juga tetap berbekal masker. Cuaca hujan dan suara gemuruh merapi membuat suasana dirasakan semakin mencekam. Dan akhirnya sampai dirumah (Jogja) kami membuat sebuah kegiatan aksi merapi Laskar Purba Peduli Merapi.

November merupakan bulan ditahun 2010 yang merupakan tepat terdapat acara ritual tahunan di Desa Nglanggeran, adanya Kirab Budaya Rasulan 2010 Gunung Api Purba yang biasa dilaksanakan pada hari minggu legi atau senin legi jatuh pada hari senin legi 28 November 2010. Banyak masyarakat berbondong –bondong baik lokal maupun luar daerah untuk menyaksikan kirab budaya rasulan. Selain acara besar itu ada juga Desa Nglanggeran kebanjiran wartawan karena berita yang beredar diluar nglanggeran bahwa Gunung Api Purba Aktif lagi. Terkait aktivitas merapi saat itu sehingga Sumber Gas Asap Gunung Purba Diteliti terdengar memang suara gemuruh dan getaran namun sudah kami sampaikan Pengelola Wisata Gunung Nglanggeran: Gemuruh Itu dari Merapi. Dan akhirnya disampaikan bahwa Gunung Api Purba Nglanggeran Kondisi Aman.

Desember 2010 setelah dari Bandung sekitar 2 bulan meninggalkan Desa tempat saya dibesarkan ternyata banyak Pekerjaan yang harus diselesaikan, persiapan rasulan, aksi peduli merapi dan juga pendampingan PKK. Alhamdulillah setelah membuat Proposal ke Dinas Perindagkoptam maka ada pelatihan sehingga dapat terlihat Peningkatan Kinerja PKK Desa Nglanggeran setelah diberikan pelatihan selama 1 minggu dan juga diberi bantuan alat masak dan sablon.

Kejutan diakhir tahun Tepatnya pada hari Ibu 22 Desember 2010 nama saya tersebut dalam salah satu orang yang beruntung dan menang dalam Festival Blog 2010.  Setelah membaca Pengumuman Pemenang Festival Blog 2010 suasana hati yang senang bercampur merasa tidak percaya menjadi satu. Saat itu bersama Mas Triana saya cek ke Warnet patuk yang berjarak 7 KM dari rumah saya. Dan Alhamdulillah benar, sehingga dapat memberikan Hadiah buat Ibuku di Hari Ibu. Dan saya cukup merasa senang bisa memberikan hadiah kebanggaan itu kepada ibu, bapak dan keluarga. (sangat bersyukur)

Tahun 2010 saya isi dengan menyiapkan acara TAHUN ENGGAL NIGHT 2011 dalam rangka promosi dan pengenalan Gunung Api Purba. Kerjasama kami jalin dengan Group FB Jogja, walau disiapkan secara singkat alhamdulillah dapat berjalan lancar. Sehari sebelum kegiatan saya memberanikan diri untuk bertemu kepala Dinas Pariwisata DIY. Pak Tazbir dan menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan kami, alhamdulillah beliau suport baik dan memberikan tropi serta piagam seperti permintaan saya sebagai hadiah fotografi. Saking banyaknya agenda dan kegiatan ditahun baru 2011 maka  Tahun Baru 2011, kuisi bersama Desa dan Gunungku.

Itulah sedikit ketukan jemariku dan sedikit memori yang terekam pada peristiwa, pengalaman dan kegiatan ditahun 2010. Semoga ditahun 2011 ini akan lebih memberikan manfaat lagi bagi keluarga, desa, dan negara. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!!(Sugeng Handoko)

Ditulis di Bandung 9 Januari 2011 selesai 16.30.

Entry filed under: Curhat Handoko. Tags: , , , .

Pengalaman Menarik Kerja Praktek di PT.LEN Indusri – Bandung Ikutan Nongkrong Bareng Onliners yukkk

4 Komentar Add your own

  • 1. Aulia Rahman  |  Januari 11, 2011 pukul 11:36 pm

    Wah.. Selamat ya geng atas prestasinya…
    Semoga terus meningkat dan sukses geng… ^_^

    Balas
  • 2. Aulia Rahman  |  Januari 11, 2011 pukul 11:37 pm

    Wah selamat ya geng atas prestasi gemilangnya…
    Maju terus geng… ^_^

    Balas
    • 3. Sugeng Handoko  |  Januari 12, 2011 pukul 7:13 am

      oke matur suwun mas aulia…Semoga selalu diberikan kemudahan untuk menatap masa depan dan selalu dalam lindungan Allah swt.

      Balas
  • […] This post was mentioned on Twitter by Aisy citty. Aisy citty said: Catatan kegiatan dan peristiwa penting tahun 2010 yang dijalani oleh Admin dan Laskar Purba Karang Taruna Bukit… http://fb.me/QNdf9MCm […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow IG : @GunungApiPurba

Mari Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat

Translate

RSS Berita Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip Tulisan

Informasi Pengunjung

  • 407,398 Pengunjung

Pengunjung Situs Ini

Dari mana saja yang Kesasar

free counters

Website

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya

Cintai Desa Kita Cintai Indonesia Kita

Hubungi YM

Liat Foto2 di FB


%d blogger menyukai ini: